Pantai Sawarna
Pantai Sawarna

Kunjungi Wisata Pantai Sawarna di Banten

Posted on

Ada sebuah tempat wisata pantai di daerah banten yang sering di bicarakan dan juga mulai banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Baik wisatawan mancanegara  maupun wisatawan lokal. Paantai tersebut di namakan pantai sawarna. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang bersih berada di satu sisi dan juga karang yang menjulang  di sisi lain. Pantai ini menjadi buah bibir oleh banyak sekali wisatawan karena keindahan awannya yng sangat indah dan juga menawan. Keindahan dari pantai sawarna ini bisa di sejajarkan dengan pantai indah yang berada di luar banten.

Banyak wisatawan yang menyukai berlibur ke Pantai Sawarna ini karena pemandangan pantai yang indah dan masih terbilang alami. Tentu saja keadaan di pantai yang jarang digarap oleh pihak pengelola sehingga menjadikannya terkesan sebagai pantai perawan. Apalagi dengan hamparan pasir putih di kawasan Pantai Sawarna ini yang cocok untuk bermain air pantai bersama dengan keluarga. Bahkan keadaan airnya juga sangat bening yang menambah keindahan pantai.

Pemandangan alami dari wisata Pantai Sawarna ini juga disajikan dengan kokohnya batu karang yang berukuran besar. Keberadaan batu karang itu terletak di pinggir laut ataupun di tengah laut. Tentu saja hal ini sangat menarik perhatian semua wisatawan, sehingga cocok untuk pengambilan gambar dengan background batu dan karang. Di samping itu, para wisatawan juga bisa melakukan berbagai jenis kegiatan menarik di pantai, mulai dari berenang, menjelajah di sekitar pantai, berjemur di bawah terik matahari, dan juga bermain pasir di pinggiran pantai.

Pantai Sawarna
Pantai Sawarna

Pantai ini adalah salah satu tempat wisata adalah yang ada di banten karena keindahanya, dan juga merupakan salah satu pantai yang terindah yang berada di provisi banten. Pantai sawarna ini berjarak kurang lebih 150 km dari rangkasbitung dan juga berada di desa sawarna kecamatan bayah kabupaten lebak provinsi banten. Sawarna itu merupakan nama desa pantai itu berada.

Pantai sawarna merupakan pantai yang menghadap ke arah samudra hindia, Sehingga mempunyai ciri khas dari pantai selatan karena ombaknya yang besar dan juga yang kuat. Letaknya terpencil dan juga akses yang sulit untuk di jangkau yang membuat pantai sawarna ini seperti surga yang tersembunyi. Beberapa tahun yang lalu tidak banyak dari wisatawan yang berkunjung kesana karena sulitnya dan juga cukup buruknya akses pada jalan untuk mencapai Sawarna. Berkat promosi mulut ke mulut dan juga  promosi melalui media online, semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi ke surga yang tersembunyi ini.

Indahnya Pantai Sawarna
Indahnya Pantai Sawarna

Pertama kali untuk sampai ke pantai Sawarna ini, indera pengelihatan anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat bagus. Bukit yang hijau, pantai yang berpasir putih dan juga laut yang biru yang membuat anda akan melupakan sejenak semua kepenatan yang ada di perkotaan. Keuntungan dari tempat wisata yang berada di desa Sawarna ini, tempat wisata satu dan yang lain sangat berdekatan sehingga anda bisa menikmati semuanya tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Ada beberapa objek wisata yang menjadi andalan di desa Sawarna ini yaitu pantai Tanjung Layar, pantai Pulo Manuk, antai Karang Taraje, pantai Ciantir, gua Langir, gua alay dan juga gua Seribu Candi.

Ada kalanya dengan mampir ke kawasan Pantai Manuk yang menyuguhkan panorama pantai sangat inddah dan eksotis. Di sinilah, anda akan melihat pemandangan gunung dan juga birunya air laut. Sebelum sampai ke Pantai Sawarna ini anda juga bisa mendapati pemandangan hutan tanaman yang masih terjaga kelestariannya, sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke sini dapat kembali fresh. Dan juga, anda dapat melihat kehijauan pemandangan di hutan alami dari Pantai Karang Songsong. Cobalah untuk menikmati sajian kuliner khas yaitu  ikan laut bakar di sepanjang jalan pantai.

Beberapa pantai seperti Tanjung Layar dan juga Karang Taraje ini merupakan gugusan karang yang menjulang sehingga tidak dapat berenang disana, tapi pemandangannya yang sangat indah membuat dua tempat ini ramai untuk dikunjungi para wisatawan.
Pantai Sawarna Banten
Pantai Sawarna Banten

Tanjung Layar itu sendiri merupakan dua karang besar yang saling berhimpitan seperti layar kapal. Kurang lengkap rasanya jika ke Sawarna tanpa mengunjungi tempat ini. Sedangkan Karang Taraje ini merupakan tempat yang sangat ideal untuk melihat sunset yang sangat indah. Di tempat ini juga terdapat gugusan karang yang sangat tinggi yang menjulang disepanjang pantai.

 Berbeda dengan Tanjung Layar dan juga Karang Taraje, di pantai Pulo Manuk dan juga di Ciantir anda akan dimanjakan dengan pasir putih yang terhampar luas dengan air laut yang sangat jernih. Di pantai ini anda bisa bermain air ataupun bermain pasir di pinggir pantai. Ombaknya yang besar memungkinkan anda untuk melakukan surfing.
Sawarna Pantai
Sawarna Pantai

Banyak para wisatawan yang melakukan surfing di tempat ini karena ombaknya bagus untuk melakukan surfing. Gua Lalay, Langir dan juga Seribu Candi adalah wisata gua yang berada di Sawarna. Jika anda ingin yang lain dari pada pantai, anda bisa mengunjungi gua ini untuk wisata alam ke dalamnya.

Satu hari itu tidak akan cukup untuk anda mengelilingi Sawarna secara keseluruhan, karena itu ada baiknya jika anda menginap agar dapat menikmati keindahan di Sawarna secara keseluruhan. Anda bisa mendirikan tenda di dekat pinggir pantai, tentunya dengan izin kepada penduduk yang ada di dekat pantai dan juga tidak meninggalkan sampah. Peralatannya juga harus anda bawa sendiri, karena tidak ada tempat penyewaan disana. Jika tidak ingin repot anda bisa saja menginap di homestay atau bisa juga di penginapan yang tersedia disana. Tarif yang ditawarkan kurang lebih antara Rp 100.000 sampai Rp 300.000 per malam dan juga sudah termasuk makannya.
Keindahan Pantai Sawarna
Keindahan Pantai Sawarna

Desa Sawarna ini berjarak kurang lebih 270 Km dari Jakarta dan juga dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 7 Jam ataupun lebih. Untuk menuju ke Sawarna dari Jakarta, anda bisa memilih apakah akan melewati jalur Pelabuhan Ratu ataupun melewati Serang dan juga Pandeglang.

Untuk menuju sawarna ini disarankan untuk menggunakan kendaraan yang bisa melewati jalan yang sulit. Karena jalan di desa Sawarna ini banyak sekali yang memiliki jalur yang sangat sulit dilalui. Periksa juga bahan bakar kendaraan anda serta bawalah uang tunai yang cukup. Karena ATM dan juga POM bensin terdekat itu jaraknya cukup jauh. Persiapkan fisik anda yang kuat karena perjalanan menuju sawarna ini cukup melelahkan, namun semua itu terbayar ketika anda sampai pada desa Sawarna.

Melalui Jalur Serang
Jalur pertama yang bisa di lalui yaitu melalui jalur serang. Dari kota Jakarta langsung saja menuju arah serang timur. Dari serang timur anda langsung saja menuju ke daerah pandeglang banten dan langsung lanjut menuju ke malimping. Dari sini sebentar lagi akan sampai ke pantai sawarna. Dari malimping anda bisa tinggal ikutin jalur untuk menuju ke kecamatan bayah. Kecamatan bayah ini merupakan lokasi dari pantai sawarna. Dari pusat kecamatan bayah, anda bisa ambil arah menuju ke pantai sawarna. Ada banyak sekali petunjuk jalan untuk menuju ke pantai sawarna. Jadi anda tidak perlu takut jika tersesat.
Melalui Jalur Pelabuhan Ratu
Jalur untuk melalui pelabuhan ratu itu jalannya lebih bagus dibandingkan dengan melalui jalur serang. Dari daerah Jakarta, anda bisa langsung menuju ke arah ciawai dan kemudian lanjut ke daerah cibadak. Ketika sampai di daerah cibadak, anda harus melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan ratu. Perjalanan kurang lebih selama 45 menit menuju ke daerah cisolok. Jika sudah sampai pada tempat ini berarti sebentar lagi anda akan sampai di pantai sawarna banten. Jika anda melalui jalur pelabuhan ratu tidak disarankan untuk menggunakan bus. Jalur ini ada banyak belokan yang tajam dan juga tanjakan yang curam.
Melalui Jalur Sukabumi
Rute dan juga lokasi di pantai sawarna ini banten bisa melalui jalur sukabumi. Banyak sekali orang yang melewati jalur sukabumi ini. Dari Jakarta anda langsung saja menuju ke jalan tol jogorawi dan keluar melalui jalan tol ciawi. Nanti anda bisa langsung ambil jalur menuju ke sukabumi, kemudian anda melewati daerah lido, caringin, cicuruk dan juga patung kuda. Di daerah parung kuda ada perempatan. Ambilah jalur yang menuju ke pelabuhan ratu untuk melalui daerah cikidang. Nanti anda bisa langsung menuju ke daerah kecamatan bayah. Melalui gunung batu, setelah bertemu pertigaan atau simpang ciawi. Belok ke kiri untuk menuju ke desa sawarna dan anda akan sampai ke pantai sawarna.
Ke Pantai Sawarna Dengan Angkutan Umum
Anda juga bisa menuju ke pantai sawarna ini dengan memakai angkutan umum. Dari pelabuhan ratu anda naik elef jurusan bayah banten. Nanti anda turun di pertigaan ciawi. Bayarnya sekitar 40 ribu rupiah. Dari simpang ciawi anda bisa naik ojek untuk menuju ke pantai sawarna. Di pertigaan ada pangkalan ojek. Jadi anda tidak perlu khawatir, dan cara yang kedua, dari kota Jakarta anda naik angkutan jurusan serang. Nanti anda dari terminal serang naik damri untuk menuju ke daerah bayah. Dari kecamatan bayah anda naik ojek untuk menuju ke pantai sarwana.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply