Beberapa Danau Terbesar Yang ada di Indonesia

Posted on

Danau merupakan cekungan besar dipermukaan bumi yang digenangi oleh air, danau juga bisa disebut dengan telaga. Danau dibagi menjadi 2 bagian yaitu danau buatan dan danau alami. Danau alami memang sudah terbentuk karena proses alam kalau danau buatan yaitu danau yang memang dibuat oleh manusia. Danau di Indonesia banyak sekali manfaatnya bisa digunakan sebagai sumber mata air atau juga bisa digunakan untuk irigasi, transportasi, pembangkit tenaga listrik dan obyek wisata.

Selain sebagai objek wisata, danau juga mempunyai berbagai macam manfaat dan kegunaan yang penting bagi kehidupan manusia dan danau juga sebagai sumber air untuk manusia, serta selain itu danau juga bisa di fungsikan sebagai berbagai macm kegiatan ekonomi.

Semua orang pasti ingin berkunjung ke tempat wisata, disini ada beberapa wisata danau terbesar di Indonesia. Kalian pasti penasaran kan dengan danau terbesar di Indonesia, yuk intip artikel berikut ini, siapa tau kalian tertarik dengan danau ini dan kalian bisa berkunjung ke sini bareng keluarga atau teman.

Beberapa danau di Indonesia memiliki ukuran yang sangat besar dari pada danau-danau yang lainnnya. Berikut ini beberapa danau terbesar di Indonesia:

Danau Toba

Danau Toba Terbesar Di Indonesia
Danau Toba Terbesar Di Indonesia

Danau toba? Sudak tidak aneh lagi kan dengan nama ini, danau yang sangat terkenal sekali di Indonesia dan juga cerita rakyat yang sering kali diceritakan pada anak-anak. Jadi sudah banyak orang Indonesia yang tau tentang danau toba ini. Danau ini merupakan danau yang paling terkenal dan terbesar di Indonesia. Danau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ukuran luas 1.130 km2 danau ini juga mempunyai ke dalaman 529 m. Danau ini merupakan danau vulkanik, danau yang terbentuk karena aktivitas vulkaniknya atau gunung berapi.

Danau Towuti

Danau Towuti Terbesar Di Sulawesi Selatan
Danau Towuti Terbesar Di Sulawesi Selatan

Danau ini terletak di Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Timur, Kecamatan Towuti. Ukuran luas danau ini adalah 561,1 km2 dengan kedalaman 203 m. Danau ini berada dalam kawasan Taman Wisata Alam, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Selatan yang berada di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

Pemandangan di danau Towuti sangat indah dengan air yang berwarna biru dengan latar perbukitan, kalau kalian mengunjungi danau ini saat matahari terbit sangat mempesona sekali. Di danau ini terdapat 14 jenis ikan tawar endemik Sulawesi. Kalau kalian ingin berkunjung ke sini jangan lupa membawa peralatan mancing. Di tengah danau ini juga ada beberapa pulau, pulau terbesar yaitu bernama Pulau Loeha yang merupakan habitat dari beberapa jenis fauna.

Danau Poso

Danau Poso Terbesar Di Sulawesi Tengah
Danau Poso Terbesar Di Sulawesi Tengah

Danau poso ini merupakan danau terbesar ke-3 di Indonesia, danau ini memiliki panjang sekitar 32 km dan lebar sekitar 16 km. Pantainya mengelilingi perairan danau ini, dengan titik terdalam yaitu sekitar 510 meter dan kedalaman rata-ratanya yaitu sekitar 195 m, danau ini juga dihitung sebagai salah satu danau yang paling dalam di Indonesia. Danau ini merupakan kawasan obyek wisata setempat, dimana yang tersedia banyak fasilitas penunjang untuk wisatawan dari hotel maupun rumah makan.

Jika kalian ingin mengunjungi danau ini, kalian bisa mengunjunginya karena danau ini sangat mempesona, kalian tidak akan menyesal jika berkunjung kesini.

Danau Sentarum

Danau-Sentarum-Kalimantan-Barat
Danau-Sentarum-Kalimantan-Barat

Danau Sentarum adalah sumber dari aliran sungai Kapuas, salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Danau ini berada di Kalimantan Barat, danau ini juga mempunyai Taman Nasional yang memiliki luas 1.320 km2 ini didalamnya juga hidup berjuta flora dan fauna. Danau ini memiliki ukuran luas 275 km2, kedalamannya sekitar 8 m berbeda jauh dengan danau-danau yang sebelumnya. Danau ini termasuk danau Floodplain yaitu danau yang terbentuk akibat sungai-sungai yang banjir dan menutupi daratan yaitu lumpur dan pasir.

Danau Matano

Danau-Matano
Danau-Matano

Danau Matano yang berukuran panjang 28 km dan lebar 8 km ini berada di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung timur Provinsi Sulawesi Selatan, bebatasan dengan Sulawesi Tengah. Danau ini berada sekitar 50 km dari kota Malili (Ibu kota Kabupaten Luwu Timur). Danau ini memiliki kedalaman 590 m. Permukaan air danau ini berada pada ketinggian 382 m diatas permukaan laut sehingga kedalaman air danau dari permukaan laut ini yaitu 208 m. Danau ini danau terdalam di Asia Tenggara dan juga terdalam ke-8 di dunia.

Danau Jempang

Danau-Jempang-Kalimantan-Timur
Danau-Jempang-Kalimantan-Timur

Danau Jempang merupakan danau yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Barat. Danau ini memiliki luas wilayah 15.000 hektar dan juga memiliki kedalaman 7-8 meter. Danau ini merupakan salah satu danau yang terbesar dari 76 danau di daerah aliran sungai Mahakam.

Danau Paniai

Danau Paniai Papua
Danau Paniai Papua

Danau Paniai yaitu sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai Papua Timur. Danau Paniai ini memiliki panorama alam yang alami dan terawat dengan baik. Luas danau paniai ini mencapai 14.500 hektar dan juga cukup untuk memberi ruang pada wisatawan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan keinginannya saat rekreasi ke danau ini. Di danau ini juga terdapat bebatuan dan pasir di tepi danau, dan juga dikelilingi dengan tebing-tebing yang lumayan tinggi dan juga menambah daya tarik obyek wisata andalan Kabupaten Paniai ini.

Danau ini terletak di daerah ketinggian yaitu sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut, danau ini juga menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang.

Danau Rombebai

Danau Rombebai Papua
Danau Rombebai Papua

Danau Rombebai yaitu danau yang terletak di Papua Indonesia, luas danau ini yaitu 13.749 hektar dan merupakan danau terbesar kedua di Papua setelah Danau Sentani. Danau ini terletak di sebelah kanan dari aliran air Sungai Mamberamo berjarak 20 km dari Samudra Pasifik. Kabupaten Sarmi, Danau ini berada 20 km dari lautan tetapi ini juga pernah ditemui ikan hiu di perairan danau air tawar. Danau ini termasuk danau yang terbentuk karena sungai-sungai yang banjir dan menutupi daratan tapi danau ini berbeda dengan danau paniai.

Danau Tempe

danau-tempe-di-sulawesi-selatan
danau-tempe-di-sulawesi-selatan

Nama danau ini seperti nama makanan yang pada umumnya, yang terbuat dari kedelai. Nama tempe dari danau ini belum diketahui dan tidak berhubungan dengan nama salah satu makanan di Indonesia. Danau tempe merupakan danau alami yang terbesar kedua di pulau Sulawesi, Luas yang sekitar 13.ooo hektar ini menjadikan danau ini urutan yang kedelapan di 10 danau terbesar di Indonesia. Danau ini terletak di Sulawesi Selatan dan dikelilingi oleh 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Sidrap, Kabupaten Wajo, dan juga Kabupaten Soppeng. Danau ini memiliki kedalaman yang rendah dari pada danau-danau yang lain, kedalaman danau ini yaitu 5 m.

Danau ini mempunyai kekayaan ikan air tawar yang sangat melimpah, dan memang sejak dulu kalau danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia. Hal ini diperkirakan kareta letak danau ini tepat berada di atas Lempeng Australia dan juga Lempeng Eurasia.

Selain danau ini banyak spesies ikan air tawar, di danau tempe ini kalian bisa menemui keunikan yang lain. Di tengah danau kalian juga bisa menjumpai ratusan rumah yang terapung milik nelayan yang berjejer-jejer dan juga dihiasi dengan bendera yang berwarna-warni.

Danau Semayang

Danau Semayang Kalimantan Timur
Danau Semayang Kalimantan Timur

Danau Semayang yaitu sebuah danau yang alirannya dari sungai Mahakam yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 13.000 hektar. Danau ini berada di sebelah kiri sungai Mahakam dan juga bersebelahan dengan danau melintang yang terletak disebelah kanan Mahakam.

Danau semayang ini merupakan salah satu lingkungan lahan basah terbesar di Kalimantan, keanekaragaman hayati di lingkungan danau ini cukup tinggi. Lingkungan danau semayang ini juga menjadi sumber daya air yang melimpah untuk berbagai macam aktivitas masyarakat yang ada disekitar.

Danau Sentani

Danau-Sentani-Jayapura-Papua
Danau-Sentani-Jayapura-Papua

Danau sentani yaitu danau yang terletak di Papua Indonesia, danau ini berada dibawah lereng pegunungan cagar alam yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau sentani ini merupakan salah satu danau terluas di Papua.

Didanau ini juga ada 21 buah pulau kecil yang menghiasi danau yang indah ini. Arti dari kata sentani yaitu disini kami tingggal dengan damai. Nama ini pertama kali disebut dengan seorang Pendeta Kristen, saat melaksanakan di wilayah danau ini.

Danau ini sudah menjadi wisata, dengan jarak 50 km dari jayapura dan juga mudah di jangkau, sebagai pelengkap danau ini juga terdapat perahu wisata untuk berkeliling di Danau Sentani ini. Di danau ini juga mengadakan festival untuk menarik para wisatawan. Festival danau ini biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni setiap tahunnya. Festival ini juga diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, dengan menampilkan tarian perang khas papua, upacara adat seperti penobatan ondoafi dan juga sajian berbagai kuliner khas papua.

Apabila ada liburan sekolah atau libur kerja, kalian bisa menjadikan beberapa danau di atas menjadi objek wisata yang akan kalian kunjungi saat liburan dengan keluarga maupun teman-teman kalian. Yuk kunjungi beberapa danau di atas!

Incoming search terms:

  • danau kalkote
  • parc national des everglades floride
Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply