Jenis Burung Lovebird
Jenis Burung Lovebird

Beragam Jenis Burung Lovebird yang Indah

Posted on

Lovebird adalah hewan peliharan yang paling banyak diminati oleh para pecinta burung, karena burung ini memiliki yang sangat indah dan menarik. Maka jangan heran jika banyak orang yang ingin memeliharanya dan membudidayakannya, tujuannya hanya ingin mendapatkan warna bulu yang baru semakin langka warna burungnya maka semakin mahal juga harganya, sebenarnya lovebird hanya memiliki 9 jenis saja, tapi dengan berjalannya waktu jenis lovebird berkembang qini disebabakan oleh perkawinan silang antara jenis lovebird yang berbeda, biasanya para pembudidaya burung ini mengawin silangkan lovebird jenis Lovebird Muka Salem, Lovebird Fischer, dan Lovebird Topeng, dengan menyilangkan jenis burung diatas akan mnghasilkan jeniss lovebird yang baru, dan adapun harga lovebird yang terlihat eksotis dan warnanyapun juga indah bisa dijual dengan harga 15-20 juta rupiah perekornya. Dari pada anda penasaran dengan jenis lovebird, maka kami akan menunjukan kepada kalian jenis lovebird terindah lengkap dengan gambarnya.

1.Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)
Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Burun ini sangat gampang ditmukan di selatan Afrika, Angola, dan Namibia, lovebird ini memiliki bentuk tubuh yang sangat menawan. Bagian tubuh yang bawah berwarna hijau kekuningan, bagian mata belakang dan bulu dahi biasanya berwarna merah, sedangkan bagian pipi, leher, dan dada berwarna pink, dan sayapnya berwarna hijau dengan bagian ujungnya berwarna kebiruan.

2.Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

Lovebird Topeng (Agapornis Pers
Lovebird Topeng (Agapornis Pers

Sesuai sekali dengan namanya, lovebird topeng memiliki warna gelap di bagian wajahnya, burung ini baru pertama kali ditemukan di bagian timur laut Tanzania dan pertamakali dibudidayakan di Kenya. Lovebird jenis ini didominasi dengan warna hijau, tapi pada bagian dadanya berwarna kuning. Sayangnya burung ini sangat sulit diketahui mana yang jantan dan yang betinanya, karna keduanya memiliki cirri cirri yang tidak jauh berbeda.

3.Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)

Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)
Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)

Lovebird ini memiliki nama lain yang  biasa disebut oleh para pecinta burung yaitu lovebird lilian. Burung jenis ini juga didominasi dengan warna hijau akan tetapi jika buung ini di kawinsilangkan maka akan memperoleh warna yang unik dan cantik, jika anda tertarik dan ingin memeliharanya anda akan menjumpai banyak burung lovebird Nyasa di kawasan Malawi, Mozambik, Zambia Tenggara, Tanzania, dan Zimbabwe Utara.

4.Lovebird Pipi Hitam

Lovebird Pipi Hitam
Lovebird Pipi Hitam

Kalu dilihat sebentar jnis lovebird pipi hitam hampir sama dengan jenis lovebird jenis topeng, tapi kalu diamati secara detail bagian yang berwarna hitam hanyalah pipinya saja, dan untuk bagian tubuhnya keseluruhannya berwarna hijau kekuningan. Burung jenis ini sangat senang sekali tinggal di daerah yang dekat dengan perairan, hutan gugur, adapun daerah yang memiliki habitat seperti itu adalah di air terjun Victoria, Zimbawe, dan Zambia.

5.Lovebird Fischer

Lovebird Fischer
Lovebird Fischer

Lovebird Fischer pertamakali di temukan oleh seseorang yang berasal dar Negara Jerman yaitu Gustav Fischer, burung ini tampak sedikit lebih cerah karna perpaduan warnanya yaitu merah, kuning, orange dan hija. Lovebird jenis ini sekarang sudah banyak keberadaannya di Indonesia, tapi jika anda ingin menemukannya lebih banyak lagi anda bisa langsung menuju kehabitat aslinya yaitu di baagian timur, utara, selatan, tenggara, tengah daerah Afrika, dan juga di danau Victoria Tanzania utara.

6.Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)
Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Burung jenis ini agak terlihat lebih monoton karna hanya mempunyai sedikit perpaduan warnanya yaitu warna hijau tua dan hitam. Walaupun begitu lovebird ini menjadi lovebird yang terbesar dibandingkan dengan jenis lovebird yang lainnya, tidak hanya itu yang membuat menarik dari lovebird abisinia adalah warna orange kemerahan di bagian dahinya. Habitat asli burung bini yaitu di daerah selatan Eritrea sampai barat daya Negara Ethiopia.

7.Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)

Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)
Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)

Jika lovebird Abisinia terkenal dengan lovebird yang paling besar, tapi kalau lovebird Madagaskar adalah lovebird yang paling kecil, lovebird ini sebenarnya bukan yang paling kecil hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya, berat tubuhnya saja hanya sekitaran 30 gram, selain itu jenis lovebird madagaskar mudah sekali untuk di kenali karna burung ini hanya mempunya 2 pepaduan warna saja yaitu warna hijau dan abu abu. Sayangnya burung ini sangat sulit ditemukan di Indonesia karna habitatnya di pulau madagaskar, Arika.

8.lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)
lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Apakah anda masih ingat dengan lovebird yang dahinnya berwarna merah, kalua yang satu ini berbeda, karna yang merahnya adalah bagian mukanya, mungkin banyak orang yang mengira bahwa burung ini adalah burung pemalu karna warna merah yang ada dimukanya tapi tidak seperti itu kenyataannya warna merah yang ada di muka dan dahinya tersebut itu sudah ada sejak burung tersbut dilahirkan, dan warna tubuhnya itu didominasi dengan warna hijau kekuning kuningan, dan populasi burung ini bisa ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika tengah samapai bagian barat Ethiopia.

9.Lovebird Kerah Hitam

Burung jenis ini tergolong bururng cinta yang langka, burung ini sangat mudah dikenali anda dapat mengetahuinya dengan cara melihat kerahnya yang bewana hitam dan lehernya brwarna kecoklatan. Tapi warna yang paling mendominan dari burung ini adalah warna hijaunya, dan bentuk tubuhnya juga hampir sama dengan jenis lovebird Madagaskar, tapi tetap saja jenis lovebird madagaskar tetap yang paling kecil. Jika ingin bertemu dengan burung jenis ini dengan jumlah yang banyak anda bisa langsung menuju daerah khatulistiwa Negara Afrika.

10.Lovebird Pastel

Lovebird Pastel
Lovebird Pastel

Lovebird pastel banyak sekali diincar oleh para penggemar burung lovebird, karna warna burung jenis ini lebih kalem dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya, yang biasanya bulu lovebird itu berwarna hijau tua dan kuning tua tapi kalau jenis lovebird pastel memiliki warna hijau muda dan kuning muda. Nah lovebird pastel yang umum berada di Indonesia adalah lovebird pastel ijo, lovebird pastel kuning, lovebird pastel biru.

11.Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt
Lovebird Cobalt

Lovebird jenis ini biasa dikenal olh banyak orang dengan lovebird warna biru karna hampir semua bagian tubuhnya didominasi dengan warna biru(telur asin), yang berbeda hanyalah bagian kepala sampai leher yang berwarna abu abu. Namun ada jenis lovebird yang hampir sama dengan lovebird cobalt yaitu lovebird biru violet, lovebird biru violet sama sama mempunyai warna biru yang membuat berbeda dari burung ini adalah bagian kepalanya yang berwarna hitam full dengan dilengkapi kaca mata yang indah, dan bagian dada dan leher lovebird biru violet biasanya berwarna putih.

12.Lovebird Batman

Lovebird Batman
Lovebird Batman

Seprti dengan namanya lovebird batman mempunyai warna yang lumayan gelap yaitu abu abu dan putih, walaupun tidak semuanya berwarana gelap atau hitam, tapi banyak sekali para penggemar burung lovebird menyebutnya dengan lovebird batman, dan ketika telah dewasa maka lovebird batman akan tampak seperti batman asli, karna warna hitam dibagian sayapnya telah menjadi hitam pekat.

13.Lovebird Merah

Lovebird Merah
Lovebird Merah

Lovebird Merah adalah warna mutasi dai lovebird lain, tapi yang sangat disayangkan adalah lovebird merah sangat langka keberadaannya, jika ada itupun warna merahnya sudah dicampuri dengan warna lainnya seperti warna orange, kuning, dan putih. Berhubung jenis ini sangat susah untuk didapatkan maka wajar harganya sangat mahal, lovebird merah yang masih muda harganya bisa mencapai 1 juta rupiah, itu masih harga lovebird merah yang masih bercampur dengan warna lain, mungkin jika warnanya merah polos mungkin harganya bisa lebih mahal lagi.

14.Lovebird Albino

Lovebird Albino
Lovebird Albino

Mungkin beberapa dari anda sudah pernah melihat burung lovebird jenis ini, lovebird jenis ini mempenyai warna yang lumayan unik karna lovebird ini hanya memiliki warna putih polos tanpa ada campuran warna lain, kebanyakan orang memilih burung ini karna telihat bersih, lovebird albino termasuk jenis yang langka di Indonesia, tapi harganya tidak semahal seperti lovebird merah jika lovebird merah harganya bisa mencapi 1 jutaan tapi kalau lovebird albino hanya 700 ribuan saja.

15.Lovebird Olive

Lovebird Olive
Lovebird Olive

Lovbird olive termasuk salah satu dari tiga jenis lovebird bewarna hijau, lovebird warna hijau memiliki tiga jenis warna yaitu hijau standar, hijau tua, dan double dark green bisa disebut juga olive. Jadi jika anda menemukan lovebid berwarna hijau yang sangat tua sudah pasti itu adalah jenis lovebird olive, tapi bagian hijaunya tidak mewarnai seluruh tubuhnya, hanya bagian dada, sayap, punggung, sampai ujung ekor saja, untuk kepalanya bisa menjadi warna pink, kuning, orange.

 

 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply