Cara Beternak Kelinci
Cara Beternak Kelinci

Tips Cara Beternak Budidaya Kelinci Rumahan Atau Kelinci Hias

Posted on

Beternak merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan di rumah kita. Kita bisa beternak apa saja asalkan itu tidak mengganggu aktivitas kita. Beternak juga merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan kapan saja dan juga tentunya dapat memberikan pemasukan bagi kita. Salah satunya adalah beternak kelinci. Kelinci memang adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Karena bentuknya yang menggemaskan dan juga hewan yang satu ini memiliki tingkat adaptasi yang cukup baik, yang membuat  banyak orang gemar memelihara hewan yang lucu satu ini.

Kelinci memang dapat dikonsumsi dagingnya atau hanya sekedar dipelihara. Dan untuk waktu sekarang banyak sekali permintaan pasar mengenai jenis kelinci pedaging, tentunya kelinci ini banyak dimanfaatkan untuk dibuat menjadi olahan masakan yang enak. Walau tampak mudah namun sebenarnya ada beberapa tips cara budidaya kelinci yang harus diperhatikan, jika kalian ingin menjalankan bisnis ini dengan serius.

Dan bagi para penggemar hewan yang satu ini, beternak atau budidaya kelinci akan memberi keuntungan dari berbagai sisi. Salah satunya adalah dapat memberikan pemasukan (keuangan), dan juga dapat menyalurkan hobi dalam memelihara hewan yang kita miliki. Dan itu semua bisa berjalan seiring dengna ketekunan kita dalam mendalami usaha beternak kelinci hias ataupun pedaging.

Cara Beternak Kelinci

Cara Beternak Kelinci
Cara Beternak Kelinci

Kita bisa mengawali usaha budidaya kelinci ini hanya dengan modal kecil, karena kita bisa memeliharanya dengan skala kecil atau skala rumahan saja yang tentunya tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Dan adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tahap budidaya kelinci ini meliputi pembuatan kandang, penempatan kandang, pemeliharaan indukan kelinci, dan jug pemberian pakan.

Berikut adalah tips cara budidaya kelinci dengan modal kecil :

Persiapan Kandang

Beternak kelinci dalam skala besar atau kecil tahapan ini memang sangatlah diperlukan yaitu mempersiapkan kandang untuk kelinci. Dan untuk ukuran kandng sendiri kita bisa sesuaikan dengan jumlah kelinci yang akan kita ternakan. Dan begitu pula dengan jenis kandangnya kita bisa memilih kandang dengan sisitem terbuka ataupun tertutup. Namun jika hanya sebatasa skala rumahan, agar praktis kita bisa membeli kandang untuk kelinci di toko-toko hewan yang tidak terlalu besar. Namun jika nantinya ternak kelincinya sudah berkembang, kita bisa memulai untuk membuatkan kandang sendiri.

Dan adapun untuk tata letak kandang, usahakan kandang berada di tempat yang jauh dari keramaian, berikan ventilasi yang cukup agar kelinci tidak kekurangan pasokan sinar matahari ataupun udara bersih. Dan hal penting lainnya yaitu berikan jarak dengan dapur atau ruang makan kita yang cukup jauh. Agar bulu atau virus tidak masuk ke makanan kita.

Pakan Kelinci

Pakan Kelinci
Pakan Kelinci

Setelah memiliki kandang dan kita sudah mulai mengisi kandang dengan kelinci, langkah berikutnya adalah memberikan pakan untuk kelinci ternak kita. Biasany para peternak kelinci memberikan kombinasi pakan untuk kelinci berupa pakan pelet dan juga sayuran. Namun kebanyakan para peternak lebih sering meggunakan pakan pelet akrena lebih praktis dan juga kandungan gizi yang lebih sempurna. Namun penggunaan pelet yang terus menerus juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena memang harga pelet yang cukup mahal.

Pemberian pakan juga disesuaikan dengan jenis kelinci yang kita budidaya, jika kelinci dari ras mahal bisa kita berikan pakan pelet yang berkualitas namun jika kelinci hanya dari jenis biasa atau kelinci pedaging kita bisa mmeberikan pakan kombinasi pelet dan juga sayuran sisa. Waktu pemberian pakan dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore. Yang harus kita perhatikan adalah,mencampurkan pakan pelet dengan sayuran dalam satu waktu pemberian makan. Pemberian pakan sayuran dan pelet bisa dilakukan secara bergilir.

Pemilihan Bibit dan Calon Indukan yang Cocok

Pemilihan Bibit dan Indukan
Pemilihan Bibit dan Indukan

Pada umumnya syarat untuk beternak kelinci adalah tergantung dari tujuan akhir kita dalam memelihara kelinci. Jika kita ingin memelihara kelinci-kelinci hias yang berbulu panjang seperti kelinci rex, anggora, dn juga american chincilia maka kita harus memilih indukan dari kelinci tersebtu yang juga berkualitas, yang memiliki potensi genetik serta memiliki pertumbuhan bulu yang bagus.

Dan tentunya memilih kelinci yang baik, tidak cacat, tidak penakut, bulu tidak kusam dan juga terawat adalah menjadi prioritas bagi para peternak yang ingin memulai usaha budidaya kelinci hias.

Cara membedakan kelinci jantan dan juga betina

Kelinci jantan memiliki jenis kelamin yang tentunya berbeda dengan kelinci betina. Jadi tidak terlalu sulit untuk membedakan mana kelinci jantan dan mana kelinci betina. Bisa kita lihat pada bagian bawah dekat ekor dan tepat berada di bagian atas anus, terdapat semacam tabung yang tertutup bulu, itu adalah organ penis kelinci jantan.

Dan selain itu kelinci jantan juga sangat aktif dan suka berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan sangat penasaran terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya. Dan juga ukuran berat badan yang lebih kecil daripada kelinci betina.

Kelinci betina, untuk mengetahui kelinci berjenis kelamin betina caranya dengan memperhatikan bagian bawah ekor dan tepat berada di bagian atas anusnya. Jika terdapat gundukan dengan celah maka dapat dipastikan bahwa kelinci itu berjenis kelamin betina. Ciri lain yaitu bentuk kepalanya yang lebih bulat dan juga memiliki bobot yang lebih besar daripada kelinci jantan.

Cara Mengawinkan Kelinci

Jika anda hendak berniat mengawinkan kelinci, anda juga harus memastikan bahwa kelinci tersebut sudah siap kawin (berumur masih muda). Karena jika kita paksakan maka yang terjadi adalah kelinci akan rusak, atau bahkan kelinci jantan tidak dapat tumbuh dan berkembang lagi (menjadi kerdil) dan kelinci betina akan mengalami gagal bunting jika dipaksa. Oleh sebab itu kawinkan kelinci yang sudah berusia 8 bulan lebih atau dirasa sudh ideal dan siap.

Hal lain yang dapat kitalihat jika kelinci telah siap kawin adalah dari tingkah laku dan juga bentuk fisik pada kelaminnya. Bagi kelinci yang telah siap kawin akan bertingkah laku gelisah, sering mendekati lawan jenis, hobi menggosokan dagu dan selainitu juga memiliki bentuk fisik di bagian vulvanya yang berwarna merah jambu.

Setelah dirasa menemukan kelinci yang siap kawin, segeralah masukan kelinc betina ke dalam kandang kelinci jantan, hal ini bertujuan agar kelinci jantan lebih mendominasai lingkungnan sekitar dan membuat kelinci jantan menjadi lebih percaya diri. Lalu biarkan mereka berdua agar bercumbu. Lalu jika anda sudah melihat kelinci jantan berada di atas kelinci betina biarkan sekitar 10 menit, selanjutnya ambil kelinci betina dan biarkan istirahat selama kurang lebih 15 menit dan masukan kembali ke kandang pejantan. Jika kelinci betina sudah tidak mau, maka itu tandanya proses perkawinan sudah selesai. Lali kembalikan kelinci betina ke kandangnya.

Kelinci Hamil

Kelinci yang hamil biasanya akan mengalami peningkatan tingkat nafsu makan, biasanya dua minggu sebelu mkelinci melahirkan, indukan akan banyak mengkonsumsi makan untuk memenuhi nutrisi bayi kelinci.  Dan pada minggu ketiga biasanya ciri fisik sudah mulai terlihat dengan semakin membesarnya perut indukan. Dan jika sisa waktu melahirkan tinggal tersisa tiga atau dua hari lagi biasanya indukan akan mulai membangun sarang. Sang indukan akan  mengumpulakan apa saja untuk dijadikan sarang termasuk bulu sang indukan.

Kelinci Melahirkan

Kelinci Melahirkan
Kelinci Melahirkan

Jika kita telah mengetahui bahwa kelinci kita sedang hamil, maka langkah berikutnya adalah menjamin kesehatan dan keamanan anak kelinci. Berikut ini adalah metode perawatan kelinci yang melahirkan :

  • Pemeriksaan terhadap anak kelinci

Setelah beberapa hari pasca melahirkan, anda harus terus mengecek keadaan anak kelinci kita. Pastikan bahwa anak kelinci dalam keadaan sehat, tidak cacat, ataupun tidak mati. Dan jika ada yang mati segera ambil lalu dikubur, karena itu dapat menyebabkan virus bagi anakan kelinci yang lain.

  • Menjaga keselamtan anak kelinci

Dalam menjaga keselamtan hidup kelinci, berikut yang harus dilakukan :

  1. Menyiapkan sarang yang baik untuk anakan yang baru lahir. Bertujuan agar anak kelinci tetap terjaga dan terlindungi dari panas, dingin, ataupun tiupan angin.
  2. Memastikan bahwa anakan kelinci terhindar dari indukan yang kanibal. Karena terkadang ada indukan yang memakan anaknya sendiri, oleh sebab itu kita harus memperhatikan hal berikut.

Bayi Kelinci yang Terlalu Banyak

Pada umumnya indukan kelinci yang sedang produktif akan dapat melahirkan anakan kelinci sebanyak 8-12 ekor. Dan jika anak kelinci berlebih dan puting susu tidak dapat memenuho semua anakan. Solusinya dengan menitipkan anakan kelinci kepada indukan kelinci lainnya. Karena ada sebagian indukan yang tidak mau menyusui anaknya.

Anakan Kelinci
Anakan Kelinci

Perawatan untuk anakan kelinci berupa penyiapan kandang agar selalu hangat, dengan cara menempatkan baju bekas atau kain ke dalam kandang anak kelinci. Perhatikan juga asupan makanan untuk sang anakan kelinci. Jangan sampai anak kelinci telat untuk dapat makanan. Karena bayi kelinci yang baru lahir sangat rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuh bayi yang belum stabil.

Jangan lupa memperhatikan lingkungan sekitar, jauhkan dari keramaian karena itu akan membuat anak kelinci menjadi stres dan takut karena mendengar kegaduhan atau keramaian lingkungan sekitar. Dan itu juga akan mempengaruhi kesehatan anakan kelinci, saat sedang stress itu dapat membuat berbagai penyakit dapat menyerang anakan kelinci.

Perhatikan juga asupan makanan sang indukan, karena anakan akan mendapat asupan makanan dari sang ibu. Oleh sebab itu pastikan sang ibu mendapat asupan makanan yang sehat dan juga teratur. Itulah sedikit mengenai cara budidaya kelinci yang menguntungkan dan sangat cocok untuk dibudidayakan di lingkungan sekitar rumah anda.

Incoming search terms:

  • gambar peternakan kelinci
Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply