Suparwono-manusia tertinggi di dunia asal Indonesia
Suparwono-manusia tertinggi di dunia asal Indonesia

10 Manusia Tertinggi Di Dunia

Posted on

Setiap manusia di dunia ini pasti mempunyai perbedaan dan keunikan tersendiri dari segi apapun ada yang berkulit putih, hitam, coklat, tinggi, gemuk dan kurus, namun dari keunikan-keunikan di atas terkadang keunikan ini tidak terlihat lazim.

Mungkin sesekali terbayang di benak anda siapa ya manusia tertinggi di Dunia? sehingga pada saat itu juga kita langsung membayangkan seberapa tingginya dan pada akhirnya kita teringat tentang cerita pada zaman nabi Adam yang di kisahkan dulu manusia-manusi di zaman nabi Adam memiliki tinggi badan mencapai 30-40 meter. Bagaimana bisa membayangkan seberapa tinggi kah mereka? apalagi jika membayangkan seberapa besar rumag mereka, seberapa besar pakaian yang mereka kenakan, seberapa besar tempat tidur mereka pastinya tidak akan terbayangkan. Namun sekarang yang akan kita bahas bukan manusia tertinggi di zaman nabi Adam ya, tapi kita akan membahas manusia tertinggi pada zaman ini.

Dan disini kita akan membahas manusia tertinggi di Dunia dan tentunya terbesar di dunia, manusia-manusia raksasa yang akan kita bahas mulai dari abad 18 sampai saat ini, mereka masuk kedalam mausia-manusia tertinggi di Dunia karena kita melihat dari acuan manusia pada umumnya yang menjadikan manusia-manusia bisa terdaftar di manusia tertinggi di dunia.

Semenjak abad 18 ada beberapa manusia yang terlahir dengan ukuran di atas rata-rata manusia pada umumnya sehingga mereka terlihat menonjol, dan mereka pun sering di sebut manusia raksasa mau tidak mau mereka harus terima dengan sebutan itu mengingat ukuran tubuh mereka yang lain dengan manusia pada umumnya. Mau tau siapa saja oranggnya? berikut ini adalah manusia tertinggi di dunia.

1.Robert Pershing Wadlow

Robert Wadlow-manusia tertinggi di dunia
Robert Wadlow-manusia tertinggi di dunia

Robert Wadlow adalah anak pasangan  Addie Johnson dan Harold Wadlow yang lahir di Alton pada tanggal 22 Februari tahun 1918 dan dia merupakan ank tertua dari lima bersaudara, pada usia Robert yang masih 8 tahun tingginya sudah menyaingi ayahnya dan di saat sekolah dasar mereka harus membuat meja dan kursi khusus karena ukuran tubuhnya yang raksasa. Robert juga di kenal dengan nama Alton Giant. Pertumbuhan tinggi badannya itu di karenakan penyakit yang ada pada dirinya, yaitu suatu penyakit yang menyerang pada kelenjar otak atau biasa di sebut Hyperlasia, penyakit inilah yang mengakibatkan pertumbuhannya tidak terkendali akibat hormon pertumbuhannya semakin cepat.

Pada saat dia lulus SMA, tingginya mencapai 8 kaki 4 inci 2,54 cm. Setelah lulus dia terdaftar di Shurtleff CoLLege dengan niatnya yang ingin belajar hukum. Robert meninggal pada usia yang masih muda yakni 22 tahun di karenakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuhnya, keadaan yang semakin parah ini yang mengakibatkan Robert menghembuskan nafas terakhir pada 15 July 1940 yang kemudian di makamkan di Owakwood  Cemetery Illinois.

2.John Willam Rogan

John Rogan-manusia tertinggi di dunia
John Rogan-manusia tertinggi di dunia

John memiliki tinggi 8 kaki 2,44 m dan juga menjadi manusi tertinggi kedua setelah Robert Wadlow. Pertumbuhan Rogan yang tidak biasa membuatnya terkena penyakit Ankylosis sebuah penyakit yang membuat sendi di bagian tubuh menjadi kaku dan sulit untuk di gerakkan.

Pada saat menjelang ajalnya tubuh Rogan tidak berhenti tumbuh samapai pada akhirnya tingginya mencapai 2,67m . Dengan panjang tubuhnya yang tidak biasa ini menjadikannya sebagai manusia tertinggi di Afrika sepanjang sejarah. John meninggal pada 12 September Tahun 1905 di karekan komplikasi dari Ankylosis yang John derita, dan kemudian tubuhnya di makamkan di kuburan khusus hal ini di lakukan agar tubuhnya tidak di gunakan untuk penelitian.

3.Leonid Stepanovich Stadnyk

Leonid Stadnyk-manusia tertinggi di Dunia
Leonid Stadnyk-manusia tertinggi di Dunia

Leonid lahir di Zhytomyr Oblast, Ukraina pada tanggal 5 Agustus 1970, Leonid memiliki tinggi 2,54 m, tinggi badan yang tidak normal ini tidak terjadi ketika dia di lahirkan namun pada usia 14 tahun Leonid menjalani oprasi otak, yang oprasi ini mengakibatkan munculnya tumor di kelenjar otaknya sehingga menghasilkan hormon tubuh yang tidak terkontrol lagi hal tersebutlah yang membuat Leonid menderita penyakit Acromegalic Gigantism.

Walaupun dia menjadi manusia tertinggi di dunia namun dia tidak mau namanya di masukkan di buku rekor Guinnes, hanya rekor ukraina saja yang boleh mencatat namanya menjadi pria tertinggi. Menurut rekor Ukraina tersebut Leonid memiliki tinggi badan 2,57m. Leonid meninggal di Podolyantsi, Ukraina pada tanggal 24 Agustus 2014.

4.Vaino Myllyrinne

Vaino myllyrinne-manusia tertinggi di dunia
Vaino myllyrinne-manusia tertinggi di dunia

Vaino terkenal menjadi manusia tertinggi di dunia pada tahun 1940 sampai dengan 1963. Di umurnya yang 30an  tingginya mencapai angka yang sangat fantastis yakni 2,51 m. Vaino lahir pada tanggal 27 Februari 1909, pria ini menderita Acromegalic Giant namun penyakitnya inilah yang membuatnya terkenal.

Selama hidupnya Vaino pernah mengikuti pelatihan tentara tahun 1929. Pada tahun 1930, dia pergi ke Eropa dengan mencoba karir sebagai pegulat dan pemain sirkus. 1939 dirinya kembali ke Finlandia dan bertugas sebagai pasukan finlandia dan pada tahun 1946 dirinya mulai mencoba mencoba menjadi peternak Jarvenpaa, dan akhirnya Vaino meninggal pada tahun 1963.

5.Edouard Beaupre

Edouard Beaupre-manusia tertinggi di dunia
Edouard Beaupre-manusia tertinggi di dunia

Tidak hanya terkenal sebagai manusia tertinggi di dunia dia juga terkenal sebagai pegulat tertingga dan terkuat di sejarah pada saat itu. Berkat tingginya yang tidak normal dia menjadi sangat terkenal  dan dia bergabung di tim sirkus Barnum and Bailey’s Circus. Dia pun menjadi pusatnya dan menjadi aktor utama di atraksi sirkus tersebut.

Selain itu dia adalah penunggang kuda yang sangat handal hingga pada usia 17 tahun saat dia mencapai ketinggian 2,15 meter atau 7,1 kaki, dan akhirnya dia memutuskan membantu ayahnya untuk berdagang. Edouard menutup usianya pada tanggal 3 July 1904 di sebuah rumah sakit bernama St. Louis. Pada akhir hidupnya tinggi badannya tercatat di buku Guinnes dengan manusi tertinggi di dunia, dan tingginya mencapai 2,52 m.

6.Sultan Kosen

Sultan Kosen-manusia tertinggi di dunia
Sultan Kosen-manusia tertinggi di dunia

Pria yang lahir tanggal 10 Desember 1982 di Mardin, Turki. Dia adalah pria pemegang Guinnes World Record untuk laki-laki tertinggi di dunia yang masih hidup sampai saat ini tingginya mencapai 251 cm atau 8 kaki 3 inci. Dan memegang rekor sebagai manusia yang memiliki ukuran tangan terbesar yaitu 27,5 cm dan juga rekor kaki terbesar dengan ukuran 36,5 cm. Pertumbuhan yang begitu cepat ini di karenakan tumor yang mempengaruhi kelenjar hipofisisnya, karena itulah dia harus menggunakan kruk untuk membantunya berjalan.

Sultan tinggal bersama orang tuanya dan tiga saudara dan saudari, yang semua saudaranya mempunyai ciri khas tinggi, Sultan tidak bisa melanjutkan pendidikannya karena tinggi badannya , sehingga dia bekerja paruh waktu sebagai petani.

7.Vikas Uppal

Vikas Uppal-manusia tertinggi di dunia
Vikas Uppal-manusia tertinggi di dunia

Pria bersal dari India yang lahir pada tahun 1986 dan juga merupakan manusia tertinggi di dunia, selama hidupnya tidak ada orang yang menandingi tinggi Vikas yang di ketahui mencapai 2,51 m. Ketika umurnya mendekati 20, tinggi Vikas bertambah menjadi 2,70 m. Namun masih banyak yang meragukan ketinggian Uppal. Sayangnya Guinness Book Records belum sempat mengukur tinggi asli dari pria asal India ini.

Uppal meninggal pada tanggal 30 Juni 2007 Ketika itu dia meninggal karena penyakit yang di deritanya , dan mengalami kegagalan pada saat operasi tumor otak di Delhi, India.

8.Don Koehler

Don Koehler-manusia tertinggi di dunia
Don Koehler-manusia tertinggi di dunia

Don Koehler lahir pada tanggal 1 September 1925, pria ini tercatat sebagai pria tertinggi di dunia tingginya mencapai 2,49m, penyakit yang dia derita yang mengakibatkan pertumbuhan tinggi badan yang semakin cepat bahkan melebihi manusia pada umumnya, penyakit yang diderita Don adalah Acromegalic Gigantism.

Menjelang akhir hidupnya Don mengalami sakit yang cukup parah yaitu penyakit Kyphosis, Kyphosis adalah penyakit di mana tulang belakang mengalami kelainan sehingga mengakibatkan tubuh menjadi membungkuk. Don tutup usia pada tahun 1981 di Chicago karena kondisi jantungnya yang memburuk . Pada saat meninggal Don mengalami penurunan pada tinggi badan dari 2,49 m menjadi 2,39 m.

9.Bernard Coyne

Bernard Coyne
Bernard Coyne

Menurut kartu registrasi perang dunia pertama pada tanggal 29 Agustus 1918, manusia tertinggi ini terdaftar dengan tinggi badan yang mencapai 2,4 meter. Tinggi badannya itu di karenakan penyakit yang menyerangnya yaitu penyakit gigantisme langka yang bernama Dady LongLegs Syndrome. Pada saat itu ketika Bernard menjadi manusia tertinggi di dunia dia meninggal dunia dengan usia yang sangat muda yaitu 23 tahun pada tanggal 20 Mei 1921. Tinggi terakhir yang di catat ketika dia meninggal 2,49 m, namun kebanyakan orang lebih percaya jika tinggi Bernard 2,54 m.

10.Patrick Cotter O’Brien

Patrick Cotter-manusia tertinggi di dunia
Patrick Cotter-manusia tertinggi di dunia

Orang tertinggi selanjutnya adalah Patrick cotter dia lahir di Kinsale, Irlandia pada tanggal 19 Januari tahun 1760. Patrick terkenal dengan nama Bristol Giant dan Irish Giant, dia merupakan manusia tertinggi asal Irlandia. Di beri nama O’brien ini hasil dari anggota sirkus yang mengadopsinya. Dirinya menjadi orang pertama yang di tetapkan oleh medis dengan tinggi 2,44 m atau lebih dan langsung menjadi manusia tertinggi di dunia.

Manusia tertinggi di Dunia urutan 10 ini meninggal pada 8 September 1806, banyak orang yang beranggapan bahwa meninggalnya Patrick akibat Gigantisme. Cotter memberikan uang sebesar 200 Dolar kepada ibunya dan dia meminta agar tubuhnya di kuburkan di dalam batu berukuran 3,6m dan dia menolak tubunya menjadi bahan pembelajaran.

Di Indonesia juga ada manusia yang sangat tinggi yaitu Suparwono, dia juga telah di lobatan sebagai manusia tertinggi di dunia. Suparwono berasal dari Provinsi Lampung.

Suparwono-manusia tertinggi di dunia asal Indonesia
Suparwono-manusia tertinggi di dunia asal Indonesia

Itulah beberapa manusia tertinggi di dunia, kebanyakan dari manusia ini memiliki tinggi badan di atas rata-rata karena mengalami sakit.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply