bunga anggrek yang cantik
bunga anggrek yang cantik

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Mempunyai Bunga yang Indah

Posted on

Bunga anggrek memang bunga yang sangat indah, bunga anggrek memang bunga hias yang sangat terkenal di indonesia. Banyak orang indonesia mencari bunga anggrek sebagai bunga hias yang indah untuk menjadikan taman dirumah menjadi lebih indah dipandang mata, biasanya orang indonesia banyak meluangkan waktunya untuk menanam bunga anggrek karena bunga anggrek tanaman yang sangat indah jika ditanam di samping-samping rumah dan bunga anggrek juga dapat membuat depan rumah menjadi lebih indah dan cantik, bunga anggrek bisa ditanam di dalam pot dan juga bisa di tempel pada batang pohon.

Bunga anggrek bisa hidup di negara mana saja termasuk negara indonesia karena bunga anggrek bisa hidup di daerah tropika basah, jika anda menanam bunga anggrek dihalaman rumah jangan khawatir karena bungga anggrek bisa hidup di daerah tropika basah, jika anda ingin berbudidaya bunga anggrek, berikut inilah cara menanam dan cara merawat bunga anggrek agar mempunyai bunga yang indah untuk halaman rumah atau kebun bunga anggrek yang akan anda tanam, bunga anggrek juga bisa sebagai bunga hias atau bisa dijadikan tanaman yang bisa anda jual, berikut inilah cara menanam dan merawat bunga anggrek:

  1.  Cara Menanam Bunga Anggrek
bunga anggrek
bunga anggrek

Bunga anggrek memang bunga yang menjadikan atau mewakilkan perasaan seseorang, makanya sekarang toko bunga menjual berbagai jenis potongan bunga anggrek yang dapat anda pilih sebagai bunga untuk mengungkapkan perasaan anda ke seseorang yang akan anda jadikan pasangan anda, sekarang banyak peminat bunga anggrek membuat sebagian besar orang ingin membudidayakan bunga anggrek karena bunga anggrek mempunyai bunga warna-warni yang dapat membuat anda ingin menanam bunga anggrek. Sebagian besar orang indonesia menanam bunga anggrek sebagai tanaman hias yang ada di halaman rumah, demikan itu ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat menanam bunga anggrek agar mempunyai bunga yang indah, maupun menggunakan cara di tanam di dalam pot maupun di tempel di pohon:

  •  Menanam di Dalam Pot
bunga anggrek di dalam pot
bunga anggrek di dalam pot

Tanaman bunga anggrek ini memang sangat ideal untuk dijadikan tanaman dalam pot, sebelum anda menanam bunga anggrek di dalam pot anda haru mengetahui berapa hal yang harus anda perhatikan, pot yang anda gunakan untuk menanam bunga anggrek harus pot yang terbuat dari plastik dan anda juga disarankan menggunakan pot dari tanah liat karena tanah liat mempunyai lubang kecil-kecil, dan adanya lubang-lubang kecil tersebut untuk membantu sirkulasi udara dan juga mempermudah aerasi dan drainase.

Tidak hanya itu, menggunakan pot tanah juga dapat membuat air dapat terserap ke bahan pot apabila terjadi saat penyiraman yang berlebihan, dan dengan cara ini bunga anggrek akan terhindar dari penyakit akar yang membusuk sebab penyiraman air yang terlalu berlebihan, dan tidak hanya itu, kelebihan yang lainnya menggunakan pot tanah juga dapat membuat lembab yang membuat akar tanaman bunga anggrek akan selalu terjaga.

Dalam melakukan cara seperti ini anda mengalami kebingungan, makanya anda juga disarankan untuk mengisi pot dengan menggunakan serabut kelapa, potongan pakis, arang kayu, dan juga menggunakan pecahan batu bata. Setelah cara itu selesai anda harus menyiapkan bibit bunga anggrek yang sudah anda dapatkan dari toko bunga yang berukuran 1 cm,kemudian tanam bunga anggrek kedalam pot yang sudah disiapkan dan yang sudah berisi media tanam. Itulah cara menanam bunga anggrek yang baik dan benar.

  •  Cara Menanam dengan Cara di Tempel di Pohon
bunga anggrek yang ditempel di pohon
bunga anggrek yang ditempel di pohon

Bunga anggrek memiliki tampilan yang lebih menarik dan lebih memiliki kesan yang alami dengan cara ditempel di pohon, menggunakan cara seperti ini memang cara yang asli dari penanaman bunga anggrek ini. Jika anda ingin menanam bunga anggrek di batang pohon anda harus memilih pohon yang memiliki batang yang rindang karena bunga anggrek masih bisa mendapatkan cahaya matahari yang akan diperoleh bunga anggrek dengan takaran yang sedang dan tidak terlalu berlebihan untuk mendapatkan itensitas cahaya matahri.

Bunga anggrek ini juga bisa ditanam di pohon yang mati maupun pohon yang hidup, tidak hanya di pohon saja bunga anggrek juga bisa ditempel di tiang, yang asalkan menempelkannya mempunyai syarat kelembaban yang dapat membuat pertumbuhannya berjalan dengan baik, dan jika anda menggunakan pohon yang mati anda haru memilih yang tahan air dan juga tahan panas cahaya matahari agar batang bunga anggrek tidak mudah melapuk.

Apabila anda memilih pohon yang masih hidup, anda juga harus memilih pohon yang memiliki batang yang cukup tebal agar bunga anggrek tidak mudah terkelupas, dan tidak hanya itu anda juga harus memilih batang yang agak kasar agar menjadikan akar melekat yang lebih baik, jika anda menggunakan pohon yang hidup ada beberapa pohon yang menjadi kriteria untuk dijadikan pohon yang akan ditempelkan bunga anggrek yaitu pohon jambu air, mangga, asam jawa, rambutan, dan pohon nangka.

Jika anda menggunakan bibit yang masih muda, sebelum ditempelkan pada batang pohon, potong sebagian akar bunga anggrek kemudian cuci hingga bersih menggunakan air bersih, selanjutnya bibit tanaman muda dicelupkan kedalam larutan fungisida selama satu atau selama dua menit, kemudian celupkan kedalam larutan pengatur tumbuh dengan waktu yang sama. Pencelupan juga bisa dilakukan pada media tanam tambahan, kemudain setelah pencelupan selesai, lalu tempelkan bunga anggrek pada pohon yang sudah dipilih, dan jangan terlalu tinggi saat menempelkan bunga anggrek agar anda merawat bunga anggrek tidak kerepotan.

  •  Cara Merawat Bunga Anggrek
bunga anggrek yang cantik
bunga anggrek yang cantik

Menanam bunga anggrek harus menggunakan cara merawat yang baik dan benar agar menjadikan tanaman bisa tumbuh baik dan maksimal.

  1.  Penyiraman

Seperti taman yang lainnya, bunga anggrek juga memerlukan penyiraman seperti tanaman yang lainnya agar tidak mati karena kekurangan air, menyiram bunga anggrek bisa menggunakan air sumur atau air hujan jika hujan turun. Jangan menggunakan air yang sudah tercampur dengan bahan kimia dan jangan menggunakan air kali yang kemungkinan mengandung zat hidup yang akan mengganggu pertumbuhan bunga anggrek. Lakua kan penyiraman sesuai dengan cuaca, jika cuacanya panas anda harus menyiramnya dua kali seharu, kalau musim penghujan, jika anda menanam bunga anggrek di laur rumah anda harus memindahkan kedalam rumah agar bunga anggrek tidak terpericik air hujan yang menyebabkan pembusukan pada akar bunga anggrek.

2. Berikan Sinar Matahari

Bunga anggrek juga memerlukan cahaya matahari untuk pertumbuhannya, tapi anda juga bisa menanam bunga anggrek ditempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung, tapi anda harus bisa mengatur seberapa terik matahari yang akan mengenai bunga anggrek, dengan cara seperti itu pasti bunga anggrek tidak akan terkena masalah dalam pertumbuhan maupun masalah hasil yang membuat keindahan.

3. Lampu Ruangan

Dalam menjaga keindahan bunga anggrek, sekarang semua orang lebih memilih cara pemindahan pot ke pot kaca dan menggunakan pot yang bersih, dan biasanya semua orang memindahkan pot ke dalam rumah, tapi masalahnya bunga anggrek memerlukan asupan sinar matahari, sebab karena itulah anda harus bisa menjadikan lampu sebagai penganti sinar matahari, maka anda harus membaelu lampu untuk ruangan yang dapat membuat bunga matahari tetap kelihatan indah.

4. Jaga Kelembaban

Bunga anggrek memang termasuk jenis tanaman yang tropis yang bisa hidup di lingkungan yang lembab, anda harus tetap menjaga tingkat kelembaban yang di butuhkan bunga anggrek agar bunga anggrek bisa selalu tumbuh dengan baik, dan jangan sampai mati hanya lupa untuk menyiram dan juga memberikan cahaya matahari yang di butuhkan oleh bunga anggrek.

cara merawat bunga anggrek
cara merawat bunga anggrek

5. Berikan Pupuk

Dengan cara memberikan pupuk akan menjadikan tanaman bunga anggrek menjadi tanaman yang tetap sehat dan tumbuh secara optimal, jika anda memberikan pupuk pada bunga anggrek anda harus menyesuaikan sesuai dengan kondisi tanaman, jika anda kebingungan dalam memberikan ukuran pupuk untuk tanaman bunga anggrek, anda cukup menanyakan pada penjual pupuk yang menjual pupuk untuk tanaman bunga anggrek. Agar menjadikan bunga anggrek yang indah dan memiliki kecantikan pada bunganya.

Menanam dan merawat bunga anggrek itulah hal yang paling mudah untuk menjadikan hal yang paling mudah dan tidak perlu memerlukan waktu yang banyak untuk belajar menanam dan merawat, bunga anggrek hias ini memang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di depan maupun didalam rumah yang dapat menjadikan rumah dan taman anda lebih cantik dan mempunyai warna yang berbeda setelah bunga anggrek anda jadikan sebagai tanaman hias .Sebagai berikut cara menanam dan cara merawat bunga anggrek agar menjadi bunga yang indah dan menjadi bunga yang paling cantik untuk taman yang ada di depan rumah.

Silahkan anda mencoba untuk menanam bunga anggrek yang indah dan gunakan cara yang baik dengan cara yang telah dicontohkan diatas, jika anda ingin mencoba untuk menanam bunga anggrek caranya tidak terlalu sulit jika anda menggunakan cara yang baik dan benar, Jadikan bunga anggrek sebagai bunga hias di rumah anda.

 

Incoming search terms:

  • cari tau tentang berbagai macam anggrek
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply