Menghilangkan-Jerawat-Dengan-Bawang-Putih

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Posted on

Kalian yang sudah bertambah dewasa pasti mengalami bintik jerawat diwajah, cewek mana sih yang suka kalau diwajahnya timbul jerawat? Pastilah ya nggak suka, menjaga kesehatan kulit wajah agar terbebas dari jerawat memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Disaat kalian sudah rajin menjaga kebersihan dan mengontrol makanan, tapi tetap saja jerawat masih muncul dan juga merusak penampilan. Tapi kalian tenang saja, karena kalian bisa menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih bukan hanya dibuat bumbu masak saja, tapi juga bisa menghilangkan jerawat.

Sebagian orang bisa menghilangkan jerawatnya bisa berhasil hilang dan juga ada yang gagal menghilangkan jerawat. Bahkan ada yang lebih parah, kulit wajah dan jerawat yang sedang diobati malah menjadi melepuh. Pasti kalian tidak mau seperti itu kan? Yuk simak artikel berikut ini dengan ulasan menghilangkan jerawat secara alami dengan bawang putih.

Menghilangkan-Jerawat-Dengan-Bawang-Putih
Menghilangkan-Jerawat-Dengan-Bawang-Putih

Banyak sekali yang menimbulkan tumbuhnya jerawat, mulai dari keturunan, hormon yang berlebihan, ataupun pola hidup yang tidak sehat. Seperti jarang membersihkan muka setelah seharian beraktivitas ataupun bisa juga dengan kalian belum membersihkan make up dari wajah kalian itu juga bisa timbul jerawat.

Ada banyak sekali alternatif yang bisa kalian coba untuk menghilangkan jerawat. Seperti menghilangkan jerawat dengan perawatan tradisional dengan mengunakan bahan-bahan alami, ataupun kalian mengatasi jerawat menggunakan obat-obatan kimia ataupun terapi dengan alat modern di klinik perawatan wajah. Tapi sebaiknya kalian jangan asal coba-coba, karena hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah kalian.

Beberapa Efek Samping  Menggunakan Bawang Putih Untuk Menghilangkan Jerawat

Bawang putih memang memberikan efek efek panas pada kulit. Karena alasan itulah disatu sisi bawang putih bisa menghilangkan jerawat, sedangkan disisi lain juga ada kemungkinan membuat jerawat semakin parah. Kalian penasaran apa saja efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan bawang putih untuk menghilangkan jerawat? Yaitu berikut ini:

Menimbulkan Rasa Panas: Bawang putih memang bisa memberikan efek panas, rasa panas yang timbul seperti panas terbakar dan bahkan juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang berdenyut pada daerah yang berjerawat. Untuk kalian bisa mengantisipasi rasa panas ini kalian bisa memadukannya dengan menggunakan mentimun ataupun lidah buaya biar tidak terlalu panas.

Bawang Putih Dan Lidah Buaya
Bawang Putih Dan Lidah Buaya

Menyebabkan Flek Hitam Pada Kulit: Jerawat yang muncul diwajah memang sering menimbulkan rasa kesal, dan ingin cepat-cepat menghilangkannya. Menggunakan bawang putih bisa membuat jerawat cepat kering, tapi biasanya akan membuat bekasnya menjadi menghitam.

Membuat Kulit Melepuh: Pada kulit yang sensitif, penggunaan bawang putih pada jerawat bisa membuat jerawat dan kulit wajah dan disekitarnya menjadi melepuh. Dengan itu kalian harus berhati-hati sebelum mempraktekkan dengan menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih. Karena siapa tau kulit pada wajah kalian tidak kuat menahan efek panas bawang putih.

Timbul Iritasi: Rasa panas yang disebabkan oleh bawang putih bisa membuat kulit yang sensitif menjadi iritasi. Untuk mengurangi rasa perih, kalian bisa menggunakan mentimun sebagai obatnya.

Muncul Peradangan: Bawang putih yang menimbulkan rasa panas juga bisa membuat jerawat mengalami peradangan. Salah satu tandanya yaitu dengan terjadinya pembengkakan dan rasa nyeri pada daerah wajah yang berjerawat. Lidah buaya  efektif digunakan untuk mengatasi peradangan akibat penggunaan bawang putih.

Menyebabkan Jerawat Terasa Gatal: Selain menimbulkan rasa nyeri ataupun peradangan, rasa panas bawang putih juga bisa membuat jerawat terasal gatal. Sebaiknya kalian hindari untuk menggaruk jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor. Hal ini bisa menyebabkan infeksi pada kulit wajah kalian.

Khasiat-Bawang-Putih
Khasiat-Bawang-Putih

Tips Menghindari Dan Mencegah Efek Samping Dari Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Diatas sudah dijelaskan tentang apa saja efek samping yang mungkin terjadi jika kalian menggunakan bahan alami bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memastikan penggunaan bawang putih yang aman untuk mengatasi jerawat diwajah kalian. Berikut ini cara-caranya:

Jenis Kulit: Sudah kita ketahui bersama bahwa bawang putih bisa menimbulkan rasa panas pada kulit. Dengan itu pastikan bahwa kulit kalian bukan termasuk jenis kulit sensitif, agar kalian lebih yakin kalian dapat pergi ke klinik kecantikan untuk menemui dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai penggunaan bawang putih untuk kulit wajah kalian.

Sari Bawang Putih: Agar penggunaan bawang putih lebih aman dan bisa menekan resiko yang ditimbulkan, sebaiknya kalian hanya menggunakan sari bawang putih.

Testing: Menggunakan bahan seperti bawang putih yang bisa menimbulkan iritasi tentu kalian harus berhati-hati. Sebelum terjadi luka yang serius pada daerah berjerawat, lebih baik kalian melakukan tes kecil pada bagian kulit wajah yang sehat namun letaknya tersembunyi. Pastikan tidak terjadi iritasi sebelum memakai pada daerah yang lebih luas.

Nah, itu tadi sudah dijelaskan di atas tentang bahaya menghilangkan jerawat dengan bawang putih dan juga tips menghindari efek samping dari bawang putih ini. Sekarang saatnya masuk di pembahasan menghilangkan jerawat dengan bawang putih dan juga cara menghilangkan bekas jerawat dengan bawang putih.

Cara Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Pada sebagian orang penggunaan bawang putih benar-benar efektif untuk membuat jerawat cepat kering. Namun saya disini tetap mengingatkan, bahwa bawang putih memiliki sifat yang keras, lebih baik kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk memastikan bahwa bawang putih ini benar-benar aman bagi kulit wajah kalian apa tidak.

Bawang putih disini tidak hanya menghilangkan jerawat saja tapi juga bisa menghilangkan bekas jerawat, kalau kulit wajah kalian cukup kuat dan tidak memiliki alergi dengan bawang putih. Berikut ini caranya:

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih-Diiris dan Ditempelkan.

Bawang putih sebanyak 2 hingga 3 siung dipotong atau diiris lalu digosok-gosokkan ke daerah muka yang ada jerawatnya. Setelah itu harus didiamkan selama 5 atau 10 menit agar minyak dan zat lain yang terkandung dalam bawang putih tersebut meresap ke dalam pori-pori wajah.

Apabila ingin jerawatnya makin cepat sembuh selain digosok dengan irisan bawang putih, kalian juga dapat menempelkan irisan bawang pada luka jerawat. Pada sebagian orang, teknik alami ini mampu menyembuhkan peradangan sehingga jerawat akan mongering dalam waktu yang singkat.

Bawang Putih Diiris
Bawang Putih Diiris

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih-Dibuat Masker

Selain diiris, masih ada cara lain untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang lain yaitu dibuat masker. Sediakan bawang putih sebanyak 4 sampai 5 siung, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan beberapa tetes air bersih. Lalu ramuan ini dimaskerkan pada wajah secara tipis-tipis saja. Kalian harus berhati-hati agar masker bawang putih ini tidak kena mata, kalau kena mata timbul rasa perih.

Maskeran tersebut dilakukan sekitar 20 hingga 30 menit lalu basuh menggunakan air dingin yang bersih. Tapi kalau kalian menginginkan hasil yang lebih bagus dan cepat, sebaiknya lakukan semalam suntuk agar nutrisinya bisa diserap oleh pori-pori kulit secara maksimal. Pada sebagian wanita, cara menghilangkana jerawat dengan bawang putih ini bisa berhasil.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih-Bawang Putih Dicampurkan Dengan Cuka Dapur

Cuka dapur juga mempunyai kemampuan tinggi untuk membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Cara yang pertama yaitu, bawang putih sebanyak 2 sampai 4 siung lalu bersihkan dan haluskan sampai lembutt lalu diberi tambahan cuka putih atau cuka dapur sebanyak ½ sendok makan.

Campurkan bawang putih dan cuka dapur ini lalu oleskan tipis-tipis pada wajah yang kena jerawat selama 5 sampai 10 menit atau tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan sabun muka atau air bersih sampai tidak ada sisa cuka yang menempel. Lakukan ini setiap pagi dan sore hari sampai jerawat kalian kering dan hilang bekas-bekasnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih-Bawang Putih Dicampur Yogurt dan Madu

Cara untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih berikutnya yaitu dicampur yogurt dan madu. Selain jerawat sembuh kulit juga akan menjadi lebih sehat, kenyal dan segar.

Caranya ambil bawang putih sebanyak 5 siung yang sudah dibersihkan dari kulitnya lalu diblender atau diparut. Kemudian campurkan dengan yogurt dan madu masing-masing sebanyak 1 dan 2 sendok the. Setelah itu aduk sampai rata dan dioleskan pada kulit muka yang berjerawat selama 30 menit. Kalau sudah selesai basuh dengan air bersih yang dingin. Ingat, tidak semua cara menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih yang cocok pada semua kulit. Jadi kalian jangan ceroboh ya.

Obat Alami Jerawat
Obat Alami Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Denagn Bawang Putih-Bawang Putih Dicampur Minyak Zaitun dan Jeruk Nipis

Cara membebaskan kulit wajah dari jerawat yaitu memakai bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun dan jeruk nipis. Ramuan alami ini mampu menjaga kulit dari kekeringan dan serangan jerawat yang bandel.

Sediakan bawang putih sebanyak 5 siung lalu bersihkan dan haluskan, setelah itu tambah dengan perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok the dan minyak zaitun ½ sendok saja. Setelah itu aduk rata kemudian oleskan pada muka yang sedang kena jerawat selama kurang lebih 30 menit, lalu basuh dengan air bersih.

Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply