Padang Edelweis-Gunung Papandayan
Padang Edelweis-Gunung Papandayan

10 Tempat Wisata Di Garut Jawa Barat yang Terpopuler

Posted on

Anda ingin berlibur ke Jawa Barat tapi sudah bosan dengan Wisata di Bandung? jangan khawatir banyak sekali tempat-tempat wisata yang ada di Jawa Barat yang mungkin belum anda ketahui, benar jika dari setiap wilayah punya ikon wisata sendiri, termasuk wisata di Jawa Barat wisata di Garut memang sangat lengkap. Tidak hanya tempatnya saja yang indah di Garut juga banyak sekali kuliner yang tak kalah sedap dengan daerah lainnya.

Di Garut sangat banyak sekali tempat wisata melai dari tempat wisata ziarah, tempat wisata keluarga, tempat wisata belanja, tempat wisata edukasi dan kesenian, tempat wisata alam, sampai tempat wisata kuliner. Penduduk di Garut juga begitu ramah tapi juga tidak bisa di anggap remeh ya.

Selain wisata di Garut yang tidak boleh di lewatkan, di Garut juga terkenal dengan kerajinan kulit Sukaregang dan batu akik hijau dari Garut yang sangat mendunia. Masih belum puas? Nih ada salah satu pentas domba yang sangat terkenal yaitu pentas Domba catwalk yaitu peragaan busana domba Garut, adu ketangkasan domba garut, kuliner khas Garut yaitu Cochodot, Dorakdok, dan yang paling populer Dodol garut.

Jika anda Berlibur di Garut jawa Barat maka anda tidak boleh melewatkan wisata yang ada di garut berikut ini adalah 10 tempat wisata di Garut Jawa Barat yang tidak boleh anda lewatkan, dan wajib untuk anda kunjungi, karena tempat wisata ini selain indah juga termasuk tempat yang paling populer di Garut.

1.Pantai Santolo

Pantai Santolo
Pantai Santolo

Wisata yang satu ini memang layak menjadi wisata terpopuler di garut, karena memang benar tempatnya sangat indah, pantai yang selalu ramai dengan pengunjung ini berada di Garut Selatan atau lebih tepatnya di Kecamatan cikelet, Pameungpeuk.

Tempat wisata di Garut ini memang menyimpan pesona tersendiri, jalan untuk menuju pantai Santolo dari arah Garut, Tasik atau Bandung cukup bagus dan lebar namun anda harus berhati-hati karena jalan menuju pantai ini berbelok-belok. Di sekitar pantai ada fasilitas penginapan yang cukup murah. Kegiatan yang di lakukan di pantai ini sangat banyak seperti berenang, bermain banana boat, membakar ikan segar, atau menyebrang ke pulau santolo dan masih banyak yang lainnya. Pantai Santolo menjadi tempat wisata andalan Garut karena selalu di padati pengunjung.

2.Situ Bagendit

Situ Bagendit
Situ Bagendit

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, karena anda bisa menikmati indahnya danau ini sambil piknik di tepinya, danau yang juga terkenal dengan mitosnya yang unik ini menjadi  tempat wisata di Garut yang paling terkenal letaknya yang tak jauh dari terminal Guntur garut sangat ramai di kunjungi, di tempat ini anda bisa menikmati pemandangannya yang sangat indah anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan di sini seperti bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit khas Situ Bagendit, memancing hingga bermain di taman dan berenang di kolam renang. tempat wisata di garut ini menyediakan banyak sekali fasilitas seperti tempat parkir yang luas, wc, Mushola, dan tempat-tempat untuk duduk santai.

3.Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya

pantai yang terkenal karena memiliki ombak yang cukup besar ini menjadi favorit setiap orang yang berkunjung ke Garut, ombak yang cukup besar ini di karenakan pantai Rancabuaya ini berbatasan langsung dengan samudera Hindia, hal ini lah yang membuat pantai ini unk, dan membuat orang penasaran. Tidak hanya itu saja pantai ini menjadi terkenal dan populer karena banyak batu karang dan juga berukuran sangat besar. Karena batu karang yang besar dan banyaklah yang mengakibatkan banyak ikan terperangkap di antara batu-batu karang, cukup menarik dan unik untuk di lihat kan? Ada satu lagi yang membuat pantai ini menjadi unik dan terkenal yaitu adanya air terjun yang menghadap langsung ke arah laut, yang juga mirip dengan pantai di Pacitan.

4.Curug Orok

Curug-Orok
Curug-Orok

curug Orok adalah tempat wisata berupa air terjun yang paling populer, lokasinya berada di Desa Cikandang, yaitu jalur menuju pantai Rancabuaya. Di beri nama Orok karena konon katanya dulu ada seorang ibu yang membuang orok atau bayi dari atas air terjun ini oleh karena itu di beri nama Curug Orok. Dan cerita ini sangat di percaya oleh masyarakat setempat dan masih sering di bicarakan. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter dan banyak di kunjungi oleh wisatawan asal garut, Bandung, Tasik, Bogor, dan juga Jakarta untuk tiket masuk ke Curug Orog ini tidaklah mahal hanya dengan 10.000 per orang anda bisa menikmati keindahan, kesejukkan yang ada di air terjun ini.

5.Gunung Papandayan

Padang Edelweis-Gunung Papandayan
Padang Edelweis-Gunung Papandayan

Gunung api yang satu ini terkenal bagi orang-orang yang ada di Jawa barat, terutama Bandung dan Garut terletak di kecamatan Cisurupan, Gunung papandayan hanya berjarak 70 km dari Bandung sehingga banyak sekali warga Bandung yang berwisata di gunung ini, daya tarik dari Gunung Papandayan adalah kawah dan air panasnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, ada juga yang mendaki gunung ini untuk melihat keindahan matahari pada saat terbit, dan juga pemandangan Padang Edelweis menambah keindahan gunung ini, Gunung papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl jalur pendakian yang sangat landai sangat bersahabat dengan anda sebagai pendaki pemula, gunung papandayan ini tidak pernah sepi pengunjung bila musim libur tiba banyak pendaki yang muncak di gunung yang indah ini, bagi anda yang berkunjung ke Papandayan jangan lupa membawa baju hangat karena udara di puncak ini sangat dingin.

6.Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah

Pantai yang terletak di Desa Sagara termasuk pantai yang indah dan menarik untuk di kunjungi, keunggulan dari pantai ini adalah pantai yang sangat bersih, tidak terlalu banyak pengunjung yang akan membuat anda semakin bebas, alami, air yang jernih, dalam perjalanan menuju pantai Cijeruk Indah anda akan mendapatkan pemandangan kebun karet tertata rapi lengkap dengan warga setempat yang sedang mengembala sapi di sekitar kebun karet. pantai yang satu inii menjadi sangat favorit karena pemandangan yang sangat indah dan juga airnya yang jernih menambah kepopuleran pantai ini.

7.Air Panas Cipanas

Air Panas Ciamis
Air Panas Ciamis

Cipanas adalah nama daerah yang terkenal dengan pemandian air panas alaminya. Air Panas Cipanas terletak sekitar 6 km dari kota Garut dan 50 km dari kota Bandung untuk mencapai Pemandian air panas ini anda akan melewati pegunungan dengan hamparan sawah dan indah, Pemandian air panas banyak di kunjungi wisatawan baik yang ingin menginap maupun yang hanya ingin beristirhat sejenak. Selain air yang ada di Pemandian Air Panas sangat bermanfaat untuk kesehatan fasilitas yang di sediakan juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata.

8.Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje berlokasi di kecamatan Cibalong, Garut, pantai yang satu ini memilki keunikan dengan bertebarannya karang di sepanjang pantai di pantai yang luasnya sekitar 9 hektar ini anda bisa menikmati pemandangan terbenamnya matahari, karena belum tersentuh berbagai jenis pembangunan. Pantai dengan tingkat kebisingan yang rendah, pandangan yang luas,lingkungannya yang masih asri, tidak ada pencemaran dan suasana yang damai dan tenang cocok untuk anda yang ingin mendapatkan sensasi santai bersama keluarga. banyak orang mengatakan pantai yang satu ini sangat mirip dengan pantai tanah lot di Pulau Dewata, Pantai ini sangat pas untuk anda yang menginginkan jauh dari suasana ramai, ini di karenakan pantai ini tidak cukup populer namun tetap menyimpan keindahan dan ciri khas sendiri.

9.Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha

Puncak Guha adalah tempat wisata yang bebas dari keramain para pedagang, Puncak Guha menawarkan keindahan panorama pantai yang di lihat dari atas tebing. Di bawah tebing anda bisa melihat ratusan kelelawar, jika anda ingin berkunjung ke pantai ini bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup karena jarang sekali ada pedagang yang masuk ke Puncak Guha.Pantai ini di sebut guha karena di bawah tebing ada gua untuk bersarang kelelawar dalam bahasa sunda guha berarti gua. Tempat wisata ini berada di pusat kota Garut melalui Cikajang. Lokasi Puncak Guha tidak jauh dari pantai Rancabuaya yang berjarak hanya 3 km dan bisa di tempuh hanya beberapa menit saja, anda bisa melihat sunset dari tebing Puncak Guha ini.

10.Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang

Candi ini berlokasi di Kecamatan Leles, adalah tempat wisata yang sering di kunjungi wisatawan dari Garut, Bogor, Bandung, jakarta hingga cirebon. Candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Sunda Galuh, untuk menggapai candi cangkuang anda harus menaiki rakit untuk menyebrangi danau dengan biyaya yang sangat murah yaitu hanya dengan Rp 2.000 anda sudah bisa menikmati pemandangan yang cukup indah dan anda bisa berlibur sambil belajar. Selain menikmati keindahan Lingkungan di sekitar candi cangkuang anda juga bisa berkunjung ke kampung adat Pulo yang terletak persisi di pinggir Candi Cangkuang.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Garut Jawa Barat, tidak perlu jauh ke luar negeri untuk mendapatkan pemandangan yang indah di Indonesia tepatnya di Garut ada banyak sekali tempat wisata yang indah dan tak kalah populer.

Incoming search terms:

  • tempat wisata garut
Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply