Cara-Mempercepat-Koneksi-Internet
Cara-Mempercepat-Koneksi-Internet

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Internet yang Lelet

Posted on

Pasti sangat menyebalkan sekali jika internet yang kita gunakan itu sangat lelet, Padahal sudah membeli paket yang mahal tapi malah tidak bisa di gunakan untuk mengakses internet ataupun untuk mendownload dan yang lain-lain. Kalau di pikir, apa yang menyebabkan internet bisa lemot dan juga tidak bisa berjalan sama sekali untuk browsing. Jangan langsung menyalahkan pada pihak provider operator yang selalu kita gunakan. Pasti semua sudah tau, kalau kartu operator yang kita gunakan pasti akan selalu memberikan layanan terbaik untuk pelanggan setianya.

Internet Sangat Lemot
Internet Sangat Lemot

Sekarang ini banyak sekali yag mengeluh karena koneksi internet yang mereka gunakan sangat lelet. Karena membeli kartu baru dan konter pulsa juga sangat dekat dengan rumah. Akibatnya, banyak orang yang keluar rumah untuk mencari sinyal dan juga ada yang sampai naik ke atas genteng supaya bisa mendapatkan sinyal untuk mengakses internet cepat.

Semakin mudah jika ingin mempelajari sesuatu lewat search engine seperti google, karena banyak website di google yang menyajikan informasi ilmu pengetahuan dan lain-lain. Di dalam memecahkan suatu masalah atau di saat ingin mempelajari sesuatu, kita dapar mencari solusinya secara online. Komunikasi dengan jarak jauh juga semakin mudah engan adanya aplikasi seperti line, facebook, whatsapp dan lain-lain. Jarang sekali yang menggunakan telepon,sms maupun surat-suratan. Cukup dengan memakai whatsapp, bisa melakukan telepon maupun sms, dan juga bisa video call an hanya dengan membayar kuota internet. Dan kalau ingin menyurat bisa dengan mengirimkan email saja. Kebutuhan semua fasilitas internet ini menjadi salah satu kebutuhan utama.

Penyebab Internet Lelet

Mengatasi Internet yang Lemot
Mengatasi Internet yang Lemot

Pastinya tidak ada yang suka kalau internet yang di gunakan itu lemot, pasti menginginkan internet yang di pakai itu mendapatkan koneksi yang cepat dan lancar. Terutama untuk orang yang setiap hari bekerja menggunakan internet, pasti menginginkan koneksi internetya sangat lancar di dalam menjalankan pekerjaannya. Banyak sekali hal yng dapat menyebabkan koneksi internet sangat lelet, salah satunya adalah karena virus. Virus pada komputer maupun gadget yang di gunakan untuk internet yang biasanya membuat jaringan makin lambat. Virus bisa melakukan download secara otomatis dan tidak wajar yang membuat kuota terasa cepat sekali habis. Di bawah ini akan menjelaskan penyebab internet lelet. Biasanya penggunaan yang paling sering untuk menggunakan internet pada saat sore sampai malam hari. Banyaknya jumlah pada pengguna yang menggunakan akses internet di saat yang bersamaan juga akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Maka, hindarilah menggunakan pada akses internet di saat jam-jam yang padat.

Cara-Mempercepat-Koneksi-Internet
Cara-Mempercepat-Koneksi-Internet

Hardware Kurang Mendukung

Hardware yang berupa modem ataupun PC, itu sangat bmempengaruhi dengan kecepatan jaringan. Jika modem ini tidak dapat menampung kecepatan yang tinggi, tentu modem ini akan mudah sekali panas dan dapat membuat koneksi internet semakin lambat dan juga internet tidak stabil. Sama juga dengan PC, PC ini tidak mampu memproses data yang sudah diterima dari server dengan cepat, maka koneksi akan terasa lebih lelet, walaupun sebenarnya yang lemot itu adalah PC yang sedang digunakan.

Kehabisan FUP

Internet yang lemot dapat terjadi karena kehabisan FUP (Fair Usage Policy). Jika di artikan dalam bahasa indonesia adalah Batas Pemakaian Wajar. Maksudnya adalah kewajaran seseorang di dalam mengakses internet. Jika paket data untuk upload atau download melebihi FUP maka internet yang di gunakan bisa makin lemot. FUP yang terdapat di paket internet unlimited dan juga di indonesia hanya di gunakan untuk pengguna operator CDMA.

Auto Update Berjalan

Ini merupakan salah satu dari penyebab jaringan menjadi lelet. Karena auto upate ini akan melakukan download untuk perbarui software yang ada di PC dengan cara otomati. Auto ini bisa di liht pada program di Tray Icon yang ada di pojok kanan bawah. Windows Update merupakan aplikasi yang melakukan update dengan data besar. Untuk mematikan Auto Update bisa di lakukan di Control Panel. Kalau ingin memeriksa jaringan yang di gunakan, bisa dengan menggunakan Resource Monitor yang dapat di cari di menu start.

Jaringan Sinyal Buruk

Suatu jaringan yang memiliki kekuatang sinyal yang bisa di akses. Modem yang tidak bisa mendapatkan sinyal maksimal maka internet akan menjadi lemot. Jika modem tidak mendapatkan sinyal bagus ketika berada di dalam ruangan, maka bisa dengan menggunakan penguat sinyal atau bisa dengan kabel USB yang dapat di beli di toko modem. Dan jauhkan modem dari sinyal yang lainnya agar tidak dapat merusak jaringan pada modem tersebut. Terlalu lamapemakaian, juga akan membuat modem menjadi panas. Seperti perangkat pada elektronik lainnya, panas yang kan membuat kinerja perangkat bisa semakin menurun. Tapi, hal ini bisa di siasati dengan memakai kipas eksternal. Tetapi, untuk mematikan dan mendinginkan sekaligus mengistirahatkan pada modem yang anda pakai juga bisa saja untuk dilakukan. Jenis koneksi yang anda pakai merupakan faktor yang paling mempengaruhi pada kecepatan internet anda. Mari di tinjau masing-masing dari kecepatan jenis jaringan yang umum digunakan banyak orang.

Virus

Virus bisa menjadi penyebab internet menjadi lelet. Dan juga banyak sekali macam-macam cara kerja dari virus yang membuat internet menjadi lelet, salah satunya yaitu download otomatis. Virus itu bisa mendownload file yang tidak jelas, itu yang membuat koneksi semakin lemot. virus iu dapat mendownload terus-menerus tanpa henti. Maka gunakanlah Anti Virus Internet Security supaya virus tidak berkelanjutan.

Penyebabnya seperti virus atau juga malware yang bisa membuat komputer anda lambat sekali, ini tentunya sangat berpengaruh pada browsing speed anda. Atau karena perangkat anda yang memang sudah tua, dan sudah waktunya untuk ganti perangkat. Jujur saja, komputer dan handphone juga sama halnya dengan mobil. Setelah beberapa tahun performanya itu tidak mungkin sebaik saat masih baru beli dan makin menurun.

Penyebab Koneksi Internet Lelet
Penyebab Koneksi Internet Lelet

Cara Mengatasi dan Juga Mempercepat Internet Lelet

Mempercepat Internet Lelet
Mempercepat Internet Lelet

Internet ini telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang diperlukan di berbagai kalangan. Salah satu hal yang penting sekali untuk menunjang dan juga memenuhi kebutuhan internet yaitu kecepatan dari internet itu sendiri. Kecepatan internet itu sendiri sudah menjadi salah satu masalah utama yang banyak sekali kita hadapi untuk menikmati sebuah akses internet yang sangat mudah.

Pada dasarnya kecepatan internet adalah sebuah perangkat maupun gadget dapat dipengaruhi oleh banyak sekali hal-hal, bacalah halaman yang menyebabkan koneksi internet lelet. Untuk mengatasi hal-hal tersebut maka pada kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik yang dapat di pelajari dan yang dapat anda terapkan untuk memaksimalkan kecepatan internet anda yang terlalu lelet.

1. Mempercepat Koneksi Internet Dengan Menggunakan Alat Penguat Sinyal

Di daerah tertentu terutama di daerah yang terpencil. Salah satu masalahnya adalah yang menyebabkan lamanya koneksi pada sebuah internet yaitu kurangnya sinyal yang di dapatkan pada sebuah provider tersebut. Salah satu solusinya yang hanya digunakan untuk mengatasi leletnya sinyal tersebut adalah dengan menggunakan alat untuk penguat sinyal yang bisat anda beli ataupun bisa buat sendiri seperti wajanbolic dan juga antena untuk penguat sinyal lainnya yang sudah terbukti pengaruhnya.

2. Mempercepat Pada Koneksi Internet Dengan Mengatur Setting

Setting atau batasan di dalam kecepatan internet provider tertentu yang sebenarnya dapat kita akali dan kita juga kita atur. Jika secara default windows kita dapat mengatur besaran setting untuk internet sebesar 20%, dan tugas kita sekarang yaitu dengan mengubahnya menjadi 0% sehingga akan lebih maksimal.

Cara mengatur bandwidth

– Klik pada start
– Ketik ‘Run’ yang ada pada pencarian lalu tekan enter
– Ketik atau isi GPEDIT.MSC pada menu open lalu klik ‘ok’
– Lalu pilih Computer configurationAdministrative templatesNetworkQoS Packet Scheduler
– Lalu Double click pada pilihan Limit reversable bandwidth
– Tandai pada pilihan ‘Enable’ lalu isi pada kolom Bandwidth limit dengan angka 0
– Yang terakhir klik ‘Apply’ lalu hidupkan ulang komputer atau laptop anda

3. Mempercepat Koneksi Internet Dengan Mengganti DNS Server

Untuk mengganti DNS adalah salah satu trik yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kecepatan internet kita. Berikut cara untuk setting DNS di perangkat kita.

– Klik pada menu Start
– Lalu masuk ke menu Control PanelNetwork and InternetNetwork sharing centerLocal Area connection
– Kemudian Klik pada Properti
– Pilihlah internet protocol version 4–propertis
– Ubahlah DNS menjadi prefered DNS Server 208.67.222.222 atau 8.8.8.8 dan juga Alternate DNS Server 208.67.220.220 atau 8.8.4.4
– Yang terakhir klik Ok lalu di simpan

4. Mempercepat Koneksi Pada Internet dengan Aplikasi

Cara terakhir adalah dengan cara menggunakan aplikasi peningkat kecepatan modem ataupun internet. Salah satunya adalah aplikasi yang banyak sekali di gunakan dan juga yang di anjurkan adalah Modem Booster.

5. Mengatur Browser

Kecepatan pada sebuah internet pada saat kita sedang menjelajahi internet melalui sebuah browser tidak hanya dipengaruhi oleh bandwidth, sinyal maupun kecepatan pada koneksi tersebut. Tapi salah satu masalah yang bisa menyebabkan lamanya akses internet yang kita pakai yaitu kecepatan pada sebuah browser. Browser yang sangat berat dan juga lambat bisa disebabkan karena banyak hal seperti plugin dan juga ekstensi yang sangat berlebihan, lalu bagaimana untuk memaksimalkan dan juga mempercepat browser.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply