Bahan Kain Kaos
Bahan Kain Kaos

Macam-Macam Bahan Kain Kaos Berdasarkan Jenisnya

Posted on

Macam-Macam Kain Kaos Berdasarkan Jenisnya – Kain yang akan saya jelaskan ini umumnya di gunakan untuk bahan kain kaos oblong (T-Shirt), untuk kaos yang berkerah biasanya menggunakan jenis kain rajutan cotton pique/lacoste, tetapi kalau bahan kain untuk membuat jumper, jaket, hoodie ataupun cardigan itu menggunakan jenin kain fleece.

Jika kalian mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian, usahakan kalian supaya memilih bahan kain yang benar-benar katun 100 %.

Kalau kalian mau membuat kaos keluarga atau kaos apapun, kalian supaya harus selalu bisa memilah-memilih mana bahan yang cocok untuk di gunakan pakaian tersebut, agar ketika kalian gunakan bisa merasa nyaman dan tidak membuat kalian risih.

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa jenis bahan kain :

  • Katun combed/cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s

Jenis Bahan Kain Kaos Katun Combed
Jenis Bahan Kain Kaos Katun Combed

Bahan katun combed ini terbuat murni 100 % dari serat kapas yang alami, bahan katun combed ini berkarakteristik memiliki tekstur yang dingin, nyaman, halus, dan menyerap keringat. Sehingga sangat nyaman jika di pakai di negara tropis seperti negara Indonesia ini.

Kain combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata, sehingga penampilannya kain ini terlihat lebih halus, rata, dan rapi. Ada beberapa jenis kain katun combed di pasaran, ini di bedakan berdasarkan benang yang di gunakan dan setting gramasinya (gr/m²).

Katun combed pun memiliki beberapa macam jenis, yaitu 20s, 24s, 30s, dan 40s dan apakah kalian tahu apakah arti dari semua jenis tersebut? Kalau belum tahu saya akan menjelaskannya.

Secara umum semakin kecil angkanya maka semakin tebal pula kain tersebut, walaupun seperti demikian tidak ada standar yang pasti di antara produsen kain katun. Sehingga jika ada istilah 20s dari produsen A bisa saja ketebalannya berbeda dengan istilah 20s dari produsen yang B.

Angka 20, 24, 39, dan 40s itu menunjukkan tipe benang yang di gunakan untuk proses perajutan yang akan di jadikan kain.

Perbedaan 20s, 24s, 30s, dan 40s :

  1. Benang 20 di gunakan untuk menghasilkan kain dengan gramasi sekitar antara 180-220 gr/m², untuk jenis rajutannya adalah jarum tunggal.
  2. Benang 24 di gunakan untuk menghasilkan kain dengan gramasi sekitar antara 170-210 gr/m², untuk jenis rajutannya adalah jarum tunggal.
  3. Benang 30 digunakan untuk menghasilkan kain dengan gramasi sekitar antara 140-160 gr/m², untuk jenis rajutannya adalah jarum tunggal dan untuk rajutan dengan jarum ganda, kain yang di hasilkan gramasinya mencapai antara 210-230 gr/m².
  4. Benang 40 di gunakan untuk menghasilkan kain dengan gramasi sekitar antara 110-120 gr/m², untuk jenis rajutannya adalah jarum ganda dan untuk rajutan dengan menggunakan jarum ganda, kain yang di hasilkan gramasinya mencapai antara 180-200 gr/m².

Sedangkan huruf “s” di belakangnya angka menunjukan jenis rajutan untuk bahan kaos, “s” adalah singkatan dari single knit yang artinya rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan seperti ini rapat, kurang lentur, padat dan sebagian besar jenis kain yang di jual di pasaran menggunakan rajutan jarum tunggal.

Berikut ini kelebihan kain katun combed di bandingkan kain lainnya :

  1. Menyerap keringat.
  2. Tidak berbau.
  3. Kainnya nyaman, lembut, tidak kasar.
  4. Tidak panas ketika di pakai.
  5. Mudah di sablon.
  6. Tidak mudah kusut saat di cuci.
  7. Kainnya lebih kuat dan tidak mudah.

Banyak sekali yang menggunakan bahan kain kaos katun combed/cotton combed ini, dengan berbagai jenisnya.

  • Katun karded/katun carded

Jenis Bahan Kain Kaos Katun Karded
Jenis Bahan Kain Kaos Katun Karded

Berbeda dengan kain katun combed, kain katun karded tidak di sisir ketika proses finishing pembuatannya, sehingga masih terdapat serat-serat kapas halus yang tersisa. Tetapi meskipun seperti itu katun karded memiliki keunggulan, yaitu harganya yang lebih murah di bandingkan katun combed.

Katun karded ini kainnya lebih tipis di bandingkan katun combed, jika di bandingkan dengan kain katun combed, kain katun karded ini memiliki serat benang yang kurang halus dari pada kain katun combed.

Karena harganya yang lebih murah di bandingkan kain katun combed, kain katun karded sering di gunakan untuk kaos-kaos target pasar kelas menengah yaitu seragam buruh, kaos pabrik, dan juga seragam olahraga.

Seperti halnya kain katun combed, kain katun karded ini juga memiliki beberapa jenis yaitu 20s, 24s, dan lain sebagainya. Hanya saja serat benang yang di gunakan di katun karded ini kurang halus da kurang rata tidak seperti kain katun combed.

  • Kain lacoste dan pique

Jenis Bahan Kain Kaos Lacoste Dan Pique
Jenis Bahan Kain Kaos Lacoste Dan Pique

Apabila kalian mengetahui kaos Wrangler dan Polo itu merupakan contoh kaos yang menggunakan bahan kain lacpste dan pique, kain dengan jenis ini memiliki serat yang lebih besar.

Sebenarnya kain lacoste dan pique itu memiliki perbedaan serat, kain lacoste memiliki serat yang lebih lebar dan tebal, sedangkan kain pique memiliki serat yang lebih rapat dari pada kain lacoste serta lebih lembut dan lemas jika di pegang.

Kain lacoste dan puque terbuat dari bahan katun, polyester atau campuran dari keduanya itu. Rata-rata jenis kain pique yang terbuat dari bahan katun 100 % itu bisa susut, dan presentase susutnya tidak bisa di prediksi, tapi biasanya susutnya kurang lebih 2 cm dari ukuran yang sebenarnya dan penyusutan kainnya hanya terjadi pada saat pertama kali di cuci.

Kain lacoste dan pique itu terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat, sehingga jika kita pakai akan terasa nyaman, karakteristiknya dingin jika di pakai dan memiliki daya serat air yang tinggi dan maka dari itu cocok jika di pakai di negara tropis seperti Indonesia.

  • Kain PE (Poly Ester)

Jenis Bahan Kain Kaos Polyester
Jenis Bahan Kain Kaos Polyester

Kain PE/Polyester ini tingkatannya di bawah katun, bahan dasarnya ialah benang polyester. Sama dengan kain katun, polyester juga tersedia dalam bentuk kaos oblong, lacoste/adidas, pique.

Untuk kaos yang berbahan dasar polyester ini untuk bentuk dan tekstrurnya hampir sama dengan kain katun (cotton), cara mudah untuk membedakannya yaitu kain polyester jika di bakar seperti plastik yang di bakar, jalan apinya sangat cepat dan akhirnya akan menjadi arang.

Kelebihan dari kain polyester ini adalah harganya murah. Tetapi kelemahan kain polyester ini adalah untuk jenis polyester untuk bahan sweater jika di cuci beberapa kali akan berbulu, untuk bahan kaos kain ini mudah kusut dan luntur jika di cuci.

  • Kain Wol/Light weight wools

Jenis Bahan Kain Kaos Wol
Jenis Bahan Kain Kaos Wol

Di pikiran kalian pasti langsung berpikiran kalau kain ini identik bahan yang berat, sesuai dengan namanya kain ini tergolong kain yang ringan dan mudah di padukan dengan apa saja, jatuhnya di badanpun jika di lihat itu enak dan terlihat bagus.

Kelebihan dari Light weight wools/kain wol ini adalah kain ini tahan banting atau bisa juga di katakan sangat awet tidak mudah rusak atau robek.

  • Katun Denim

Jenis Bahan Kain Katun Denim
Jenis Bahan Kain Katun Denim

Sebenarnya katun denin ialah kain denim yang terbuat dari benang katun atau cotton, meskipun bahan denim tidak di katakan katun denimpun memanglah berbahan dasar katun, dimana kapas di pintal dengan bee=nang katun lalu di anyam menjadi kain denim dengan teknik twill.

Dalam membuat kain denim ini melalui penenunan dengan teknik tenun ada 2 buah jalur benang yang nantinya akan di tenun sampai membentuk sebuah kain, 2 jalur benang ini di kenal dengan sebutan warp dan weft, dimana warp adalah jalur benang yang posisinya itu menjulur memanjang membentuk panjang kain dan sedangkan weft adalah jalur benang yang posisinya melebar ke kanan kiri.

Biasanya hanya benang warplah yang di warnai, sedangkan benang weft di biarkan saja putih polos. Itulah kenapa kain denim luarnya berwarna biru/warna lain tergantung yang di gunakan, sedangkan yang dalamnya berwarna putih polos.

  • Kain jersey

Jenis Bahan Kain Kaos Jersey
Jenis Bahan Kain Kaos Jersey

Bahan jersey ini adalah bahan kain yang di buat dari tekstil rajutan, yang terdiri dari serat katun seluruhnya atu sebagian di campur dengan serat sintetis, ciri-ciri bahan jersey ini merupakan kain katun strech, lebih tebal jika di bandingkan dengan kain spandex rayon, halus serta tidak berbulu.

Bahan kain jersey ini banyak di gunakan karena banyak sekali pilihan warna dari yang gelap sampai yag cerah, terlihat bagus jika di kenakan dan enak karena memang kainnya lembut, hal ini tentu saja sangat cocok untuk di gunakan untuk baju bola atau sering di sebut jersey bola.

Sekarang juga banyak para desaigner yang menggunakan bahan ini untuk di buat gamis muslimah, jadi jika muslimah menggunakannya supaya memilih ukuran yang lebih besar dari biasanya, jika memilih sesuai dengan ukuran biasanya akan terlihat lekuk tubuh karena bahan jersey ini sifatnya jatuh.

Saat ini sudah banyak sekali bahan jersey yang tersebar di pasaran dan banyak sekali namanya dari berbagai jenis jersey tersebut.

Jenis Bahan Jersey ada berbagai macam, antara lain yaitu :

  • Bahan Jersey Hight Twist.
  • Bahan Spandex Jersey.
  • Jersey Stela.
  • Jersey Etiway.
  • Jersey Scarlet dan Jersey Serly.
  • Jersey Serena.

Itulah beberapa macam kain kaos berdasarkan jenisnya, tetapi masih banyak lagi jenis bahan kain kaos lainnya yang perlu kalian tahu.

Incoming search terms:

  • kain jenis serena bee
Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply