Manfaat Air Kelapa Hijau
Manfaat Air Kelapa Hijau

Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Air Kelapa Hijau Untuk Tubuh

Posted on

Kelapa adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah pantai. Kelapa yang memiliki nama latin Cocos Nucifera. Kelapa termasuk tanaman yang masuk ke dalam suku pinang-pinangan (arecaceae). Meski tanaman kelapa banyak tumbuh di daerah pesisir namun buahnya sudah dapat kita temui di mana saja. Karena banyaknya peminat buah kelapa membuat buah kelapa memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Dan itu juga membuat buah kelapa banyak dijual di pasaran dan tidak sulit untuk menemukan bauh kelapa.

Dan semakin banyaknya peminat buah kelapa karena buah kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasita yang dapat kita ambil dari airnya ataupun daging buah yang menempel pada bagian dalam batok kelapanya.

Kelapa Hijau

Air Kelapa Hijau
Air Kelapa Hijau

Saat ini banyak sekali orang yang mencari kelapa hijau, baik diolah menjadi minuman segar ataupun dijual kembali. Dan selain itu juga banyak orang yang mencari kelapa hijau karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam air kelapa hijau ini. Dan jika dibanding dengan harga air kelapa lainnya, air kelapa hijau ini jauh lebih mahal. Air kelapa hijau juga baik diminum oleh anak-anak, remaja, dan juga orang tua, dan bahkan juga bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi.

Dan berikut kami sajikan beberapa manfaat air kelapa hijau yang baik untuk kesehatan tubuh kita :

  1. Kelapa Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan wanita sekarang merasa takut jika memiliki berat badan yang berlebihan. Dan biasanya mereka akan menjaga berat badan mereka dengan sungguh-sungguh. Dan tidak sedikit dari mereka yang juga mengkonsumsi obat-obatan unutk mendapatkan berat badan yang ideal secara instan. Meski sebenarnya  mengkonsumsi obat-obatan pasti memiliki efek samping. Dan juga harga dari obat-obatan penurun berat badan yang tidaklah murah. Lebih baik jika kita mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin, yang bermanfaat dapat menurunkan berat badan.

  1. Air Kelapa Hijau Dapat Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Manfaat lain dari air kelapa hijau adalah dapat mentralisir racun yang ada dalam tubuh.  Sudah menjadi tradisi dari jaman dulu masyarakat mempercayai bahwa air kelapa hijau terbukti ampuh dalam membuang racun yang terdapat dalam tubuh kita. Kandungan Tanim dan Antidotum (anti racun) yang ada dalam air kelapa hijau sangatlah tinggi. Dan air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurangi sifat racun yang ada dalam tubuh.

  1. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa hijau banyak mengandung cairan yang sama yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dan sealin itu juga kandungan elektrolit yang ada dalam air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa yang memiliki kandungan elektrolit sangat tinggi mampu menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh kita karena melakukan aktivitas yang banyak. Air kelapa hijau juga mengandung potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu juga air kelapa hijau sangat mudah diserap oleh tubuh. Dan mungkin itu juga dapat menjadi alasan mengapa air kelapa hijau dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh kita.

  1. Sebagai Anti Penyakit Untuk Ibu Hamil dan Janin

Senyawa asam laurat yang terkandung dalam air kelapa hijau dapat membantu melawan berbagai penyakit. Dan Asam Laurat ini juga di temukan dalam ASI yang juga memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, anti bakteri, dan juga anti virus.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil
Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil :

  • Menjaga kesehatan janin.
  • Membantu mensuburkan janin.
  • Membuat rambut janin menjadi lebih lebat dan kuat.
  • Menghindarkan janin dari penyakit-penyakit ataupun kelainan.
  • Membuat kulit bayi menjadi lebih halus dan juga putih.

Dan itu semua dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin namun dengan takaran yang tepat. agar memperoleh khasiat dari air kelapa hijau.

  1. Menambah Energi di Dalam Tubuh

Mengkonsumsi air kelapa hijau bagi para pekerja atau orang yang memiliki banyak kegiatan mungkin sangatlah sesuai. Karena selain menjadi minuman nergi yang alami, air kelapa hijau juga mempunyai efek normalisasi. Vitamin yang terkandung dalam air kelapa hijau yang banyak dapat menambah energi kita saat sedang beraktifitas. Dan air kelapa hijau ini juga dapat diminum dengan mencampurkan madu.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

bagi kalian yang mengalami kesulitan mengenai sistem pencernaan seperti susah buang air besar, mungkin kalian dapat mencoba air kelapa hijau sebagai obat. Kandungan yang tersapat dalam air kelapa hijau yang dapat mengurangi racun yang ada dalam tubuh, dan dapat juga mengurangi sampah ataupun kotoran yang terdapat dalam tubuh yang nantinya akan keluar melalui proses buang air besar.

  1. Meningkatkan Vitalitas Pada Pria

Pada saat ini banyak pria yang mengkonsumsi rokok secara berlebihan. Tanpa disadari kandungan nikotin yang ada pada rokok ternyata dapat menyebabkan vitalitas pada pria mengalami penurunan. Dan ternyata dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin juga dapat mengurangi kandungan nikotin yang berada dalam tubuh yang dapat menganggu tingkat kesuburan pria.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa air kelapa hijau dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan glukosa, fruktosa, sakarosa, asam amino, mineral, dan sukrosa yang dapat membantu mengatasi rambut rontok akibat ketombe. Cara menggunakan air kelapa hijau sebagai obat mengatasi rambut rontok yaitu dengan mencampurkan garam kedalam ke dalam air kelapa hijau lalu didiamkan semalaman. Setelah itu usapkan pada kepala mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut dan pijat-pijat sebentar. Setelah itu bungkus dengan handuk dan diamkan semalam lalu bilas rambut dengan air hangat pada keesokan harinya.

  1. Membuat Kulit Menjadi Halus

Memanglah kebersihan dan kecantikan kulit sangatlah idam-idaman setiap wanita dan sangat penting bagi kehidupan wanita. Kandungan senyawa yang terdapat dalam air kelapa bermanfaat untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit .

Cara penggunaannya :

Hanya dengan meminum atau dengan mencuci wajah dengan air kelapa hijau secara rutin terbukti dapat membantu menghilangkan jerawat, menghilangkan noda hitam pada wajah, menghilangkan kerutan halus yang ada pada wajah, membantu menjaga kelembaban kulit, dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

  1. Sebagai Obat Untuk Penyakit Demam

Kegunaan Air Kelapa Hijau
Kegunaan Air Kelapa Hijau

Banyaknya kandungan zat yang terdapat pada air kelapa hijau juga dapat membantu mengatasi menurunkan panas dan demam. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat penolong pertama, yaitu dengan mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu ke dalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam. Namun usahakan jangan menggunakan es batu karena itu akan membuat air kelapa lama untuk bereaksi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa hijau juga sangat baik diminum oleh pasien atau orang yang memiliki penyakit jantung ataupun diabetes. Manfaat kalsium yang terkandung dalam air kelapa tidak hanya membantu menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat dan kuat, namun juga membantu merelaksasikan otot, termasuk juga otot jantung. Sehingga bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung. Dan sebuah studi tahun 2006 membuktikan bahwa tikus yang diberi air kelapa mengalami penurunan kesempatan terkena serangan jantung.

Karena air kelapa hijau juga membantu menurunkan kadar kolesterol total trigliserida, dan kolesterol LDL, dan khususnya kolesterol yang ditemukan dalam hati. Dan para ahli percaya bahwa kandungan dalam air kelapa seperti kalium, kalsium, dan magnesium dan juga elektrolit-elektrolit yang ada dalam air kelapa membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengatasi dan Mencegah Infeksi

Air kelapa juga dapat digunakan sebagai “obat alami” yang dapat bermanfaat dalam menyembuhkan infeksi urin. Di negar Asia yang banyak terdapat kelapa juga digunakan sebagai pencegah infeksi saluran kemih. Air kelapa juga dapat menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteriyang ada pada saluran kemih. Minum air kelapa dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi ragi yang mengakibatkan infeksi saluran kemih. Dan jika ada wanita mengalami masalah infeksi pada vagina, maka bisa disarankan untuk sering meminum air kelapa. Karena buah dan air kelapa muda juga dapat membantu menyembuhkan infeksi urine.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Khaasiat Air Kelapa Hijau
Khaasiat Air Kelapa Hijau

Ginjal adalah merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Banyak penelitian menunujukan bahwa meminum air kelapa dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada ginjal manusia. Karena kandungan anti virus, anti bakteri, anti inflamasi, dan antiosidan yang terdapat dalam air kelapa yang dapat mencegah terjadinya penyakit pada ginjal manusia.

Beberapa zat dalam air kelapa juga memiliki fungsi diuretik, yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air kelapa juga membantu ketidak seimbangan elektrolit dan untuk re-hidrasi tubuh. Oleh sebab itu air kelapa banyak digunakan untuk mengobati dehidrasi yang terjadi pada tubuh kita.

  1. Mengobati Penyakit Migran

Kandungan magnesium yang ada dalam air kelapa hijau juga dapat membantu untuk menurunkan gejala penyakit migran. Sehingga dapat membantu agar aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan lancar. Dan dengan mengkonsumsi air kelapa hijau dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, dan mampu mengatasi sakit kepala atau migran.

Manfaat Air Kelapa Hijau
Manfaat Air Kelapa Hijau

Itulah sedikit manfaat yang dapat kita dapat dari mengkonsumsi atau meminum air kelapa hijau. Ternyata air kelapa mengandung banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh. Selamat mencoba untuk mengkonsumsi air kelapa hijau.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply