Pare Gajih
Pare Gajih

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on
Manfaat buah Pare
Manfaat Buah Pare

Pare adalah tanaman yang tumbuh dengan merambat yang berasal dari daerah Asia Tropis, dan pare termasuk dalam golongan labu labuan, nama latin dari tumbuhan pare adalah Momordica Charantina L, dan tanaman ini memiliki banyak fungsi terutama sebagai sayur sayuran dan obat obatan. Dan di Indonesiapun pare memilikim banyak nama, kalua orang jawa barat menyebutnya pare, paria, pare pahit, paparia, dan lain sebagainya, sedangkan di sumatera menyebutnya dengan sebutan paria, kambneh, fori, pepare, dan sedangkan orang Sulawesi menyebutnya poya, palia, pudu, pentu, dan keberadaan tanaman pare ini sudah dikenal sejak 600 tahun yang lalu di darah India.

Ciri Cirri Tanaman Pare

Pare akan tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah, dan pare bisa hidup secara liar ataupun dibudidaya. Tapi pare akan lebih baik jika ditanam ditempat yang tidak terlalu banyak cahayanya supaya tanaman pare dapat tumbuh dengan baik, dan ketika berbuah nanti kualitasnyapun terjamin bagus. Untuk menam pohon pare anda bisa menggunakan biji pare yang sudah mengkuning dan bertumbuhnya buah pare ini bisa secara merambat atau memanjat, tumbuhan pare mempunyai cabang yang banyak sekaligus baunyapun tidak enak, parepun memiliki daun yang berbentuk bulat memanjang, bertangkai dan letaknya  selang seling. Dan pare memiliki bunga yang memiliki 2 kelamin dalam satu pohonnya, dan adapun buahnya berbentuk bulat memanjang dan memiliki 7-10 rusuk yang memanjang yang tidak beraturan.

Buah pare memiliki bintil bintik bintil yang berada di kulit buahnya, dan pare mempunyai ukuran sekitar 8-30 cm, dan cirri khas dari pare ini itu rasanya yang sangat pahit dan berwarna hijau ketika muda dan akan berwarna kuning ketika tua, rasa pahit yang berada dalam buah pare itu dikarnakan pare mengandung zat senyawa cucurbitacins.

Kandungan Nutrisi Pare

Meskipun pare memiliki rasa yang sangat pahit, tapi pare mempunyai banyak nutrisi yang sangat di butuhkan dalam tubuh, nutrisi tersebut adalah energy, zat besi, protei,karbihidrat, vitamin B, vitamin A, vitamin C, dan serat. Jadi jika anda mengonsumsi pare secara rutin dan benar maka akan memberikan efek bagi kesehatan dan kecantikan.

Jenis Jenis Pare

Pare memiliki 3 jenis, berikut ini adalah 3 jenis pare yang perlu anda ketahui.

1.Pare Gajih

Pare Gajih
Pare Gajih

Pare gajih adalah pare yang sering dan banyak dibudidayakan oleh para petani, dan banyak orang juga yang menyukai rasa dari pare ini, pare ini memiliki warna hijau putih atau biasanya orang menyebutnya dengan pare mentega, jenis pare ini memiliki panjang sekitar 30-50 cm, dan beratnya sekitar antar 200 sampai 500 gram/buah.

2.Pare Hijau

Pare Hijau
Pare Hijau

Pare Hijau adalah jenis pare yang berbentuk lonjong dan pastinya sesuai namanya berwarna hijau, dan pare jenis ini memiliki bintil bintil halus yang berwarna hijau yang berada di kulit buah pare. Adapaun ukurannya itu sekityar 15 sampai 20 cm, dan  tumbuhnyapun lumayan mudah. Pare jenis ini dapat tumbuh meski tanpa lanjaran, adapun rasanya sama seperti yang lain yaitu pahit dan dagingnya sedikit lebih tipis.

3.Pare Belut atau Pare Ular

Pare Belut atau Pare Ular
Pare Belut atau Pare Ular

Pare ular atau belut banyak dijadikan sebagai sayuran oleh banyak orang, dengan bentuknya yang bulat dan memanjang dengan ukuran sekitar 70 cm dan permukaan pare jenis ini berwarna hijau dan terdapat garis putih yang mengelilingi permukaan pare tersebut dan rasanya pahit, dan biasanya harganyapun lebih murah dari pada jenis pare gajih.

Tanaman pare tidak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja tapi bagian tumbuhannyapun juga  bisa dimanfaatkan seperti daun, biji biji buah pare, dan akarnya, dan itu semua memiliki bagian yang di butuhkan oleh manusia.

Manfaat untuk Diabetes

Dengan rasa yang pahitnya itu pare juga bisa dijadikan sebagai obat diabetes atau penyakit gula, karena dalam buah pare mengandung kandungan charntin, yaitu patida yang sama dengan insulin dan alkaloid. Kandungan kandungan inilah yang bekerja mengurangi kadar gula dalam darah, seperti yang telah diketahui bahwa penyakit diabetes disebankan karena pancreas tidak mampu untuk menghasilkan insulin dalam jumlah yang baik untuk menetralkan kadar gula yang ada pada darah, dengan mengonsumsi buah pare maka ini akan membantu anda untuk menguran gi kadar gula dalam darah.

Cara untuk Menurunkan Gula Darah dengan Pare

Cara Menurunkan Gula dengan Pare
Cara Menurunkan Gula dengan Pare

Bagi penderita penyakit diabetes jika anda ingin menurunkan kadar gula anda menggunakan bahan yang alami bisa menggunakan buah pare adapun caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan 200 gram buah pare yang sudah dicuci bersih
  2. kemudian potong potong buah pare lalu masukan kedalam blender untuk dihaluskan dan ditambahkan dengan air secukupnya.
  3. Setelah pare halus peraslah pare tersebut sampai seper empat gelas, kemudian dipanaskan selama lima belas samapai tiga puluh menit.
  4. Setelah itu dinginkan perasan pare tersebut yang sudah dipanasakan, lalu minum perasan tersebut secara rutuin agar kandungan yang sama seperti insulin dapat bekerja dengan  baik.
  5. Atau mungkin jika cara itu terlalu susah anda juga bisa menggunakan cara yang lebih simple yaitu potong buah pare yang sudah dicuci bersih kecil kecil setelah itu rebus pare tersebut setelah mendidih saringlah air dengan buah pare tersebut kemudian dinginkan air rebusan tadi dan setelah itu minum air tersebut dengan rutin.

Efek Samping Pare Untuk Diabetes

Meskipun buah pare memiliki khasiat yang baik untuk menurunkan kadar gula darah, tapi buah ini memiliki sifat hipoglikemik. Jadi jika anda ingin mengonsumsinya sebaiknya untuk tidak dicampur dengan obat diabetes atau penurun kadar gula lainnya, karena dapat menyebabkan keadaan gula yang benar benar turun diatas normal, dan hal ini malah membahayakan bagi sipenderita penyakit diabetes. Jumlah kadar gula yang baik dan normal adalah sekitar 110 samapa 120, jika pare dikonsumsi bersamaa dengan obat diabetes maka jadar gula yang akan turun bisa mencapai dibawah seratus, dan hal ini biasanya ditandai dengan tubuh sipenderita diabetes menjadi lemas.

Manfaat Pare untuk Kecantikan

Buah Pare mengan dung banyak serat, kaya akan anti oksidan, dan lendah kalori, inilah yang membuat buah pare dapat dijadikan sebagai obat kecantikan dan hal ini jarang sekali diketahui oleh banyak orang, dan berikut ini adalah beberapa manfaat pare untuk kecantikan:

1.Mampu Menurunkan Berat Badan

Didalam buah pare mengandung banyak sekali sereat yang dapat membantu orang untuk menurunkan berat badan, Jika anda ingin mendapatkan tubuh yang langsing dan menarik untuk dipandang maka anda bisa menjadikan buah pare sebagai makanan anda, selain itu pare juga mengandung kalori yang rendah jadi inin sangat cocok sekali bagi mereka yang sedang menjalankan progam diet mereka, dalam satu gelas cangkir pare hanya mengandung sekitar 16 kalori saja.

2.Buah Pare Mampu Menghilangkan Jerawat

Buah pare dipercaya mengandung zat anti jamur dan anti bakteri, sehingga ini bisa menghilangkat jerawat yang ada dimuka anda, dan ini sangat dianjurkan bagi anda jika ingin menghilangkan jerawat anda dan kulit muka anda terbebas dari jerwat. Karena kandungan Beta-karoten dapat membantu anda dalam mengatasi jerawat pada kulit, selain itu kandungan antioksidan dalam buah pare dapat membantu mencegah kulit anda dari efek radiasi ultraviolet sinar matahari.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Buah Pare

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan buah pare dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Sipakan buah pare yang telah dibersikan dengan bersih setelah itu pisahkan biji bijinya kemudian dipotong potong, setelah itu masukan kedalam belender dan tambahkan sedikit air setelah itu blender sampai halus, setelah itu saring jus buah pare tersebut kemudian minum air yang sudah disaring. Kemudian ampas buah pare tersebut gunakan sebagai masker wajah dan lakukan secara teratur.

Selain menggunakan buahnya anda juga dapat menggunakan bagian daun pare untuk menghilangkan jerawat pada kulit anda, caranya cukup sama haluskan daun pare tersebut kemudian gunakan sebagai masker untuk wajah anda.

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Selain manfaat manfaat diatas buah pare ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, berikiut ini adalah beberapa manfaat buah pare bagi kesehatan:

  1. Mencegah penyakit kanker, karena buah pare mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah penyakit kanker. Antioksidan yang terdapat pada buah pare akan mengikat radikal bebas penyebab terjadinya sel kanker, jadi jika anda ingin terbebas dari penyakit kanker sebaiknya anda mengonsumsi buah pare dengan rutin.
  2. Mengatasi masalah pernapasan, karena buah pare memiliki berbagai kandungan yang senyawa seperti antihistamin, antiinflamasi, ekspektoran, dan sifat antifirus. Oleh karena itu buah pare sangat diyakini bisa mengatasi masalah pernapasan seperti asma, demam, dan bronchitis, bahkan pare dianjurkan dimakan ketika ingin tidur supaya kandungan yang terdapat pada buah pare bisa bekerja lebih tenang.
  3. Meningkatkan system kekebalan tubuh, ini disebabkan karena buah pare mempunyai kandungan antioksidan yang lumayan tinggi, jadi dengan begitulah system kekbalan tubuh anda akan menjadi lebih baik jika anda mengonsumsi pare. Selain itu pare juga mempunyai vitamin C dan kandungan air yang bisa menjaga dan menstabilkan kondisi kesehatan tubuh.
  4. Mencegah tumbuhnya sel kanker dalam pankreas, sebuah penelitian di Amerika Serikat tealah menyatakan bahwa ekstrak buah pare yang digunakan dapat menghambat proses glukosa menjadi energy. Sementara itu sel kanker sendiri membutuhkan sel energy untuk tumbuh dan berkembang, jadi dengan demikian itu sel kanker dapat dicegah.
  5. Detoksifikasikan racun dari dalam tubuh, sama dengan dengan obat herbal yang lainnya, buah pare juga dapat digunakan untuk detoksifikasiakan racun dalam tubuh, dan dapat menyehatkan hati dan bisa membersihkan darah yang ada pada tubuh kita.

 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply