alat musik tradisional indonesia

Mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Posted on

Alat Musik Tradisional Indonesia -Indonesia memang mempunyai beragam budaya, agama, dan indonesia memiliki berbagai macam alat musik yang perlu anda ketahui, indonesia memang terkenal dengan tempat wisatanya tapi indonesia juga terkenal dengan alat musik yang tradisional, alat musik tradisional indonesia. Indonesia terkenal dengan keaneka ragamannya salah satunya yaitu alat musik tradisionalnya, dari berbagai macam jenis musik tradisional indonesia yang memiliki nama dan kegunaan yang berbeda-beda, dari jenis-jenis alat musik tradisional yang akan saya tunjukkan ini memiliki kegunaan dan daerah yang berbeda. Tidak hanya alat musik tradisional yang dimiliki indonesia juga terkenal dengan rumah adat dan tarian adat dari setiap daerahnya. Indonesia memang memiliki kekayaan budaya yang kita miliki, kita sebagai masyarakat indonesia kita harus mengetahui tentang budaya yang ada di indonesia yang berada di 33 provinsi di indonesia.

Indonesia memang mempunyai berbagai macam ragam alat musik dan budaya dan agama yang dapat anda ketahui, jika anda ingin mengetahui alat-alat musik tradisional indonesia anda dapat melihatnya disini, tidak hanya alat musiknya saja, jika anda membacanya anda juga dapat mengetahui daerah asalnya dari mana dan anda juga bisa mengetahui cara memainkannya, jika anda orang indonesia mengetahui alat-alat musik indonesia anda bisa membaca dan melihat, berikut ini saya akan mengajak anda agar anda mengetahui alat-alat musik tradisional indonesia yang dapat anda ketahui dan anda pelajari.

Sebagai berikut nama-nama alat tradisional indonesia dan asal daerahnya:

1. Alat Musik Tradisional Indonesia Serunee Kalee

Serune Kalee Alat Musik Tradisional Aceh
Serune Kalee Alat Musik Tradisional Aceh

Serune kale adalah alat musik tradisional yang berupa terompet yang berasal dari aceh, yang memiliki bentuk seperti klarinet, alat musik ini biasanya dimainkan sebagai instrumen utama sebagai pertunjukkan musik di aceh.Alat musik tradisional ini berasal dari naggroe darusalam aceh, musik ini memiliki bunyi aerofon yang artinya musik ini dapat berbunyi dari hembusan angin, alat ini memang mirip dengan seruling, alat musik tradisional ini digunakan dengan cara ditiup dan menggunakan tangan agar dapat mengatur nada yang berada di lubang serune kale. Alat musik serune kale ini tidak hanya di aceh alat musik ini juga dapat ditemukan di minangkabau, jadi serune kale ini tidak hanya ada di aceh saja.

2. Alat Musik Tradisional Indonesia Aramba

alat musik tradisonal aramba
alat musik tradisonal aramba

Aramba merupakan salah satu alat musik yang terbuat dari tembakau, kuningan suasa dan juga nikel, alat musik ini dapat dimainkan oleh satu orang saja, walaupun alat musik aramba ini merupakan alat musik tradisional nias, tapi alat musik ini tidak juga dibuat oleh masyarakat nias, tapi yang buat alat musik ini dari jawa.Alat musik tradisional ini berasal dari sumatera utara, alat musik tradisional ini memiliki bunyi ideofon yang artinya alat musik ini berbunyi dari bahan dasarnya, cara menggunakan alat ini cukup dipukul menggunakan pukulan seperti stik, alat ini memang memiliki kemiripan dengan alat musik gong cara menggunakannya pun juga sama.

3. Alat Musik Tradisional Indonesia Saluang

alat musik tradisional saluang
alat musik tradisional saluang

Memang mirip dengan suling, tapi berbeda nama, alat musik tradisional ini berasal dari sumatera barat alat musik ini mempunyai bunyi aerofon yang artinya alat musik ini hanya berbunyi dari hembusan angin, alat ini terbuat dari bambu yang sudah dipilih untuk dijadikan salung, cara menggunakannya dengan cara di tiup dan menggunakan jari-jari untuk menutupi lubang-lubang agar dapat mengatur nada dan agar mendapatkan suara yang indah dan bagus.

4. Alat Musik Tradisional Indonesia Gambus

alat musik tradisional gambus
alat musik tradisional gambus

Alat musik tradisional gambus memang mempunyai kesamaan alat musik tradisional petik yaitu mandolin, gambus biasanya digunakan untuk mengiringi senandung lagu-lagu dari timur tengah.Alat musik gambus ini memang mempunyai kemiripan dengan gitar tapi alat musik ini tidak gitar alat musik ini memiliki nama gambus yang berasal dari riau, alat musik gambus ini memiliki bunyi kardofun yang artinya alat ini berbunyi dari dawai atau senar yang dimiliki gambus, gambus ini mempunyai 3 sampai 12 senar, gambus ini biasanya dimainkan dengan diiringi oleh musik tradisional lainnya.

5. Alat Musik Tradisional Indonesia Serangko

Serangko alat musik tradisional jambi
Serangko alat musik tradisional jambi

Serangko merupakan alat musik yang dibuat dari tanduk kerbau dan cara menggunakannya dengan cara ditiup, dibuat dari tanduk kerbau yang disambung dengan bambu yang disambungkan yang sudah dilubangi pada bagian sisinya yang akan membuat suara yang sangat indah.Alat musik tradisional ini berasal dari jambi, serangko ini terbuat dari tanduk kerbau, cara menggunakannya sama dengan menggunakan seruling dengan cara di tiup, alat musik tradisional ini biasanya hanya digunakan untuk memberitahu masyarakat jambi bila ada musibah yang akan menimpa maupun sudah.

6. Alat Musik Tradisional Indonesia Accordion

alat musik tradisional accordion
alat musik tradisional accordion

Alat musik ini memang mirip dengan piano, tapi alat ini dimaikan dengan cara diangkat dan menggunakan kedua tangan agar menjadikan suara yang indah, cara memainkan musik ini anda harus menggunakan posisi tubuh yang benar dan tidak boleh membungkuk jika anda memainkan alat musik ini, jika anda memainkan alat musik ini supaya badan anda tegak dan tidak membungkuk dan anda juga harus mengatur beban saat memainkannya agar saat memainkannya terasa enak dan tidak akan menimbulkan suara yang tidak diinginkan. Accordion ini berasal dari sumatera selatan, alat musik ini memiliki bunyi musik aerofon yang artinya alat musik ini akan bisa berbunyi dari hembusan nafas yang berhembus, alat tradisional ini cara menggunakannya dengan cara di tiup dan menggunakan kedua tangan yang berguna untuk mengatur aluran nada yang akan di mainkan oleh peman accordion.

7. Alat Musik Tradisional Indonesia Doll

alat musik tradisional doll
alat musik tradisional doll

Alat musik ini merupakan alat musik kesenian tradisional bengkulu, yang dikembangkan oleh para senimannya, dool terbuat dari bongkol tempat akar kelapa yang ditutupi kulit lembu dan kerbau, alat musik ini memang sejenis beduk. Hanya dapat berbunyi jika dipukul dengan pukulan yang terbuat dari kayu yang dilapisi kain. Doll juga dapat dibuat dari batang pohon rambutan dan cempedek.Alat musik tradisional doll ini berasal dari bengkulu, alat musik ini memiliki bunyi membranofon yaitu alat musik ini dapat berbunyi jika dipukul, alat musik ini sangatlah mudah jika ingin menggunakan, alat musik ini cara menggunakannya dengan cara dipukul.

8. Alat Musik Tradisional Indonesia Bende

Bende
Bende

Alat musik ini memang mirip dengan alat musik aramba, hal yang membedakan dari keduanya hanyalah ukuran dan warna yang digunakan dalam pembuatannya, jika anda ingin memainkan alat musik ini caranya juga sama dengan aramba dengan cara dipukul, dan pukulan yang dibuat harus dengan cara yang khusus dan agar tidak dapat merusak bende saat dimainkan.Alat musik tradisional ini berasal dari lampung, alat musik ini mempunyai bunyi ideofon yang artinya alat ini berbunyi dari bahan dasar yang digunakan dari pembuatannya, alat musik ini cara menggunakannya cukup mudah dengan cara dipukul dengan menggunakan alat yang khusus untuk memukulnya agar mempunyai bunyi yang indah.

9. Alat Musik Tradisional Indonesia Gendang Melayu

alat musik tradisional gendang melayu
alat musik tradisional gendang melayu

Gendang melayu, sesuai dengan namanya gendang melayu memang hanya dijadikan alat khusus yang dimainkan oleh masyarakat melayu, alat musik ini terbuat dari kulit kerbau, kambing atau kulit lembu, orang melayu mempunyai gendang yang mempunyai nama-nama tersendiri. Gendang melayu ada dua yaitu gendang biasa dan hadrah yang mempunyai kegunaan tersendiri.Gendang melayu ini berasal dari bangka belitung, alat musik gendang melayu ini mempunyai bunyi yang membranafon, alat musik hanya akan mengeluarkan suara yang indah jika menggunkannya dengan cara memukul disekitar bagian yang lunak dengan cara menggunakan telapak tangan agar mendapatkan suara yang indah.

10. Alat Musik Tradisional Indonesia Gendang Panjang

alat musik tradisional gendang panjang
alat musik tradisional gendang panjang

Alat musik tradisional yang mampu memberikan ciri khas tersendiri hingga mempunyai fenomena tersendiri, sekarang saking populernya alat musik tradisional semua orang dapat mencari di pasar, dan sekaran semua orang ingin mempelajari alat musik tradisional karena mempunyai ciri khas yang berbeda dengan alat musik sekarang. Gendang panjang ini juga berasal dari riau, alat musik ini memiliki bunyi membranofon, cara menggunakannya pun tidaklah sulit, cara menggunakannya dengan cara dipukul pada bagian yang lunak agar mempunyai bunyi yang indah jika dipukul sesuai cara.

Indonesia memang memiliki berbagai macam alat musik yang dapat anda jika kita mencari tahu tentang keberadaan alat musik yang ada di indonesia yang dapat kita ketahui, jika anda ingin belajar memainkan alat musik tradisional anda dapat membaca dan mencari tahu tentang alat-alat musik tradisional yang ada di indonesia yang dapat anda ketahui dan jika anda sudah belajar cara menggunakan alat tradisional yang canggih dan unik ini.

Alat musik juga memiliki instrumen agar musik yang dihasilkan menjadi lebih indah dan juga dapat menghasilkan suara yang dapat dimiliki oleh alat musik tersebut, dan juga alat musik dibuat dengan alat dan bahan yang berbeda, pada zaman dahulu alat musik tradisional dibuat dengan bahan dan alat yang ada disekitar kita yaitu menggunakan kerang, kulit binatang dan tanaman yang ada disekitar kita.

Itulah macam-macam alat musik tradisional indonesia yang wajib anda ketahui dan wajib anda pelajari cara memainkannya, jangan sampai anda sebagai warga negara indonesia tidak mengetahui berbagai macam alat-alat musik tradisional yang telah ada di indonesia. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • alat musik daerah bentuk gambar
  • alat musik tradisional
  • contoh lukisan yg ada pada saluang
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply