Manfaat Madu Untuk Kesehatan
Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Dari Mengkonsumsi Madu Untuk Kesehatan

Posted on

Madu, minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Cairan yang berasal dari lebah yang dapat kita dapatkan dengan mengambil sarangnya ini memanglah memiliki banyak sekali kegunaan. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tapi juga bagi kecantikan. Cairan manis yang dapat juga dijadikan sebagai obat tradisional yang terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Madu terdiri dari berbagai maam kandungan seperti : air, karbohidrat, vitamin B, vitamin C, mineral alami seperti kalsium, zat besi, dan juga sodium.

Masyarakat sering menggunakan madu untuk mengobati batuk, alergi, diare, dan juga asma. Dan tidak jarang juga terdapat beberapa orang yang memanfaatkan madu untuk berbagai penyakit di kulit seperti mengatasi jerawat, meredakan gatal, dan menyembuhkan luka. Madu juga dapat menambah stamina tubuh kita. Tak heran jika banyak sekali minuman-minuman penambah stamina yang memberikan tambahan madu meskipun hanya sedikit.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan
Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat madu bagi kesehatan juga sangatlah banyak setidaknya ada lebih dari 10 manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Karena selain memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan, madu juga dapat dijadikan sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun bahan makanan lainnya.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

  1. Menghilangkan Batuk

Sebuah studi dari Penn State Collage of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, telah menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Kandungan Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk anak di saat malam hari dan dapat meningkatkan kualitas tidur mereka. Dan dalam penelitian lain di Pediatrics pada 270 anak, membuktikan bahwa mereka yang mengalami batuk di malam hari yang dikarenakan pilek mengalami penurunan dibandingkan dengan anak yang lain.

  1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Penyakit ini merupakan penyakit yang paling berbahaya di muka bumi ini ternyata dapat kita cegah dengan mengkonsumsi madu. Zat yang terdapat dalam madu mengandung flavonoid, antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari Reuters, 102 wanita yang sudah meanopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu dalam sehari. Dan setelah empat bulan, bagi mereka yang mengkonsumsi madu terbukti dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek.

  1. Sumber Nutrisi yang Lengkap

Madu mengandung banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh temasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, dan juga seng. Dan dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam madu cukup untuk memberikan zat pada tubuh kita yang akan bermanfaat dalam aktivitas kita.

  1. Ampuh Menghilangkan Luka

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa madu sangat efektif dalam mengobati luka. Dan dalam sebuah penelitian di Norwegia, terapi menggunakan madu (Medihoney), yaitu madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus.  Dan juga terbukti dapat membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.

Dan madu juga telah terbukti dapat menghilangkan luka dan borok di kaki hanya dengan mengoleskan madu yang masih murni dan belum diproses. Cara penggunaannya, madu dioleskan secara langsung dan biasa diganti setelah 24 jam. Lalu dibalut dengan kasa steril atau perban.

  1. Membantu Metabolisme Alkohol

NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa meminum madu secara langsung dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk dapat melakukan metabolisme alkohol dalam tubuh. Dan kemampuan ini akan membatasi keracunan dan mampu mengurangi kadar alkohol dalam tubuh semakin cepat.

  1. Menghilangkan Alergi

Banyak orang yang telah menggunakan madu untuk mengurangi gejala alergi musiman. Karena madu memiliki efek anti-inflamasi dan juga dikenal dapat menenangkan batuk. Namun perlu diketahui juga bahwa manfaat madu untuk mengobati alergi ini belum terbukti oleh studi klinis. Akan tetapi beberapa fakta dari para ahli yang menyatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan juga paparan alergen yang mampu bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

  1. Membantu Memerangi Bakteri

Dalam sebuah studi klinis, madu terbukti dapat membunuh patogen penyakit karena makanan seperti bakteri E.coli dan juga Salmonella. Serta methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang esemuanya itu kemungkinan terdapat di rumah sakit ataupun klinik.

  1. Berpotensi Mencegah Rendahnya Jumlah Sel Darah Putih

Salah satu situs kesehatan online mencatat bahwa madu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat yang menjanjikan dan murah untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih.  Namun 40% orang yang diketahui telah berada pada resiko neutropenia atau (jumlah darah sangat rendah) dan setelah mengkonsumsi dua sendok the madu setiap hari selama mengikuti kemoterapi.

  1. Meningkatkan dan Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan yang ada dalam madu dipercaya dapat menjaga metabolisme dalam tubuh. Dan juga madu yang dipercaya sebagai salah satu sumber makanan penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Hal ini karena madu merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi sehat seperti mineral, vitamin, dan berbagai gizi lainnya.

  1. Mampu Meningkatkan Stamina

Sudah banyak yang mengetahui manfaat dari madu unutk menambah stamina. Tidak usah diragukan lagi, sudah terbukti bahwa banyak minuman energi yang memberikan tambahan kandungan madu sebagai bahannya, meskipun hanya sedikt dosisnya. Dan mengkonsumsi madu secara langsung juga dapat menambah stamina saat melakukan suami istri.

  1. Mencegah Diabetes (Pengganti Gula)

Pemanis buatan dan gula memanglah merupakan salah satu sumber dari diabetes. Dan salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi gula secara minim. Dan meski madu mengandung gula, namun gula dalam madu berbeda dengan pemanis buatan dan juga gula pada umumnya. Kandungan yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya dapat membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah. Dan sebagian madu juga memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga membuat madu tidak menyebabkan kenaikan gula darah kita.

  1. Mengobati Asam Urat

Asam urat biasanya menyerang orang-orang yang telah berusia lanjut. Karena tingginya kadar purin dalam tubuh dipercaya dapat menjadi pemicu terjadinya asam urat. Dan dengan mengkonsumsi madu secara rutin minimal 3-4 sendok dalam sehari akan membantu agar purin tidak diubah menjadi asam urat berlebihan.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil
Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil
  1. Menambah tenaga dan memberikan daya tahan selama dalam masa kehamilan.
  2. Madu juga dapat meningkatkan nafsu makan ibu yang sedang hamil.
  3. Dapat memudahkan proses BAB bagi ibu hamil.
  4. Membantu janin dalam kandungan agar tumbuh normal dan sehat.
  5. Dapat membuat janin menjadi lebih kuat.
  6. Kandungan vitamin C pada madu efektif untuk meningkatkan kecerahan dan juga daya tahan tubuh ibu hamil.
  7. Dapat mengurangi rasa ingin mual.
  8. Dapat mencegah terjadinya penyakit hepatitis B pada janin nantinya.
  9. Madu dapat membantu ibu hamil agar terhindar dari berbagai penyakit selama masa kehamilan yang mungkin dapat menganggu janin.
  10. Kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Manfaat Madu Untuk Wajah

Manfaat Madu Untuk Wajah
Manfaat Madu Untuk Wajah
  1. Madu terbukti dapat dipadukan dengan obat herbal lain untuk menghilangkan jerawat.
  2. Madu yang dicampurkan dengan obat herbal lain terbukti dapat menghilangkan jerawat.
  3. Madu juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah.
  4. Dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.
  5. Terbukti dapat mencerahkan jerawat.
  6. Mengecilkan pori di wajah.
  7. Dapat digunakan sebagai masker pada wajah.
  8. Dapat digunakan juga untuk membantu membersihkan kulit wajah dari radikal bebas.
  9. Terbukti dapat memberikan kulit wajah yang lebih mulus.

Madu Untuk Kecantikan

Manfaat madu Untuk Kecantikan
Manfaat madu Untuk Kecantikan

Selain dari kegunaan madu seperti yang di atas, ternyata madu juga dikenal di berbagai kalangan dalam membantu merawat kecantikan. Dan berikut adalah beberapa manfaat dan peran madu dalam membantu kecantikan :

  1. Mencegah penuan dini.
  2. Mendegah kulit keriput.
  3. Mencegah kulit kehitaman saat telah bernajak tua.
  4. Dapat mencegah timbulanya jerawat.
  5. Madu dapat mencegah iritasi pada kulit dan juga alergi.

Untuk Rambut :

  1. Madu juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut.
  2. Madu juga beramanfaat untuk rambut menjadi lebih kuat.
  3. Dapat membantu menghilangkan rambut bercabang.
  4. Madu dapat bermanfaat untuk membasmi “buah rambut”.
  5. Bermanfaat untuk membuat rambut lebih lurus.

Tips Dalam Menggunakan Madu

Tips Menggunakan Madu
Tips Menggunakan Madu

Madu biasanya dimanfaatkan dengan dua cara yang paling umum :

  1. Diminum langsung. Kalian dapat meminum secara langsung madu sesuai dengan takaran yang telah disesuaikan.
  2. Dijadikan sebagai masker. Yang berfungsi untuk perawatan kecantikan. Madu akan digunakan atau dijadikan sebagai masker bersama dengan obat herbal lainnya.

Apakah Mengkonsumsi Madu Itu Aman?

Jika dikonsumsi atau dioleskan ke kulit dengan dosis yang tepat, kemungkinan madu akan aman. Dan anak-anak diatas usia satu tahun juga secara umum diperbolehkan untuk mengkonsumsi madu. Namun usahakan jangan membberikan konsumsi madu untuk anak usia di bawah satu tahun,karena akan berakibat keracunan atau biasa dikenal botulisme, yaitu racun yang diproduksi oleh bakteri dan berakibat fatal.

Namun selain dari apa yang kita ketahui madu itu aman, ternyata ada juga madu yang tidak aman jika dikonsumsi. Madu yang tidak aman karena mengandung zat yang berbahaya, yaitu madu yang berasal dari nektar Rhododendron. Madu jenis ini sangatlah berisiko apabila dikonsumsi, dan akan mengakibatkan darah rendah, nyeri dada, masalah pada jantung. Itu semua disebabkan madu jenis tersebut mengandung racun.

Demikianlah sedikit info mengenai manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita. selau perhatikan juga kualitas madu yang hendak anda konsumsi agar anda juga mendapat hasil yang memuaskan.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply