Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

10 Gunung Terindah layaknya Surga yang Berada di Indonesia

Posted on

Bumi memang telah banyak menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa salah satunya adalah gunung, banyak sekali gunung yang ada didunia ini yang menyimpan keindahan alam yang sangat menawan dan menakjubkan, salah satunya adalah Negara Indonesia yang menyimpan banyak wisata gunung yang sangat memukau mulai dari bentuknya, suasana, keindahan, dan yang lainnya, bahkan Indonesia pun terkenal dengan sebutan “volcano country” karna Indonesia memiliki banyak gunung yang masih aktif statusnya, dan Indonesia juga berada di daerah cincin api yang mana cicin api adalah jalur gunung berapi aktif yang sangat berbahaya didunia. Meskipun terlihat berbahaya, tapi dibalik itu semua gunung gunung yang berada di Indonesia sangatlah memukau dan ini menjadi kelebihan Indonesia yang tidak dimiliki oleh Negara lain, berikut ini adalah gunung terindah yang berada di Indonesia.

1.Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Pulau Lombok yang berda di provinsi Nusa Tenggara Barat, selain memiliki keindahan pantai yang sangat menakjubkan, ternyata disini juga memiliki sebuah gunung yang sudah sangat terkenal terutama bagi para pendaki gunung sejati, gunung tersebut adalah gunung rinjani, dan gunung ini telah menjadi tempat trekking terbaik di Asia Tenggara, selain itu gunung ini menjadi gunung tertinggi di Indonesia karena gunung ini memiliki ketinggian 3.726 meter. Gunung rinjani telah menyediakan banyak sekali pemandangan yang sangat spektakuler, mulai dari padang savana yang telah diramaikan oleh bungan yang sangat cantik yaitu bunga edelweiss, danau segara anak, dan sampai pemandangan sunrise yang sangat memukau yang tidak ada bandingannya, dan untuk menempuh puncak gunung rinjani diperkirakan sekitar 7 sampai 10 jam perjalanan jadi anda harus menyaiapkan peralatan dan fisik yang kuat sebelum mendaki. Jika anda telah berjiwa pendaki maka tidak akan lengkap jika anda belum mendaki gunung rinjani.

2.Gunung Bromo

Gunung Bromo
Gunung Bromo

Gunung bromo bertempat di Provinsi Jawa Timur, dan berlokasi di empat wilyah yang berbeda yaitu kabupaten malang, Pasuruan, Lumajang, dan probolinggo. Letaknya yang sangat strategis menjadikan gunung ini bisa ditempuh dari berbagai wilyah. Gunung bromo sangat terkenal dengan pemandangan sunrisenya yang sangat memukau, keindahan sunrise digunung bromo ini sudah terkenal sampai para pecinta pendaki diseluruh dunia, jadi tidak akan heran jika andamendaki kesana anda akan menemukan banyak pendaki asing yang berasal dari berbagai Negara. Selain melihat pemandangan sunrise yang memukau, anda juga bisa berjalan jalan sambil menikmati keindahan kawah bromo yang meiliki diameter yang cukup luas, dan jika anda ingin mengabadikan diri dengan cara berselfie anda juga bia menuju ke bukit teletubbies dan padang savananya karena disitulah tempt yang paling cocok untuk berselfie dan mengabadikannya, dan jika anda mendaki kesana jangan lupa untuk mengunjungi lautan pasir yang tempat ini menjadi lokasi syuting film pasair berbisik.

3.Gunung Semeru

Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung semeru terletak di 2 tempat yaitu kabupaten Malang dan Lumjang, Jawa Timur. Gunung ini adalah salah satu gunung yang tertinggi di pulau Jawa karena memiliki ketinggian 3.676 meter, sejak jaman dahulu gunung ini sudah terkenal dengan keindahan alamnya terutama bagi para pecinta keindahan alam, dan gunung ini telah terkenal terutama dikalangan anak pemuda Indonesia, setelah menjadi lokasi syuting film layar lebar 5 cm yang menambah populeritas gunung ini, selain memiliki keindahan yang sangat luar biasa gunung ini dilengkapi dengan danau yang menjadi slah satu danau yang terindah di Indonesia yaitu danu Ranau Kumbolo. Danau ini merupakan tempat peristirahatan para pendaki yang ingin melanjutkan perjalanan hingga puncak semeru, dan didepan danau Ranu Kumbolo terdapat tanjakan yang disebut dengan tanjakan cinta, dan mitosnya jika anda berhasil mendaki tanjakan tersebut tanpa menoleh kebelakang sedikitpun maka kisah cintanya akan menjadi abadi, tetapi dengan majunya teknologi jaman sekaraang kita bisa melihat kearah belakang tanpa haruh menolehkan kepala kita. Jadi bagai mana tentang ini apakah cerita cinta kita akan tetap abadi? Itu semua hanyalah tuhan yang mengetahuinya. Dibalik bukit cinta ada akan melihat padang sanvana Oro-oro Ombo yang dipenuhi dengan bunga lavender, dan lerengnya yang di kelilingi dengan pohon pinus layaknya pemandangan di benua Eropa.

4.Gunung Ijen

Gunung Ijen
Gunung Ijen

Gunung ijen bertempat di Jawa Timur lebih tepatnya di antara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, dan letaknyapun bersampingan dengan gunung merapi, ketinggian gunung ijen adalah 2.443 meter, Gunung ijen terkenal dengan keindahan kawahnya yang sangat elok ketika dilihat. Kawah ijen merupakan danau air asam terbesar didunia, rasa capek anda ketika mendai gunung akan terbayar jika anda melihat kawah ijen dengan air yang birunya itu, apalagi jika kalian sampai bermalam disini tentunya momen itu akan menjadi momen yang sangat menakjubkan, karna ketika pukul 02.00 sampai dengan 04.00 anda akan melihat indahnya fenomena blue fire yang mana fenomena ini tidak akan anda jumpai dilain tempat, katanya blue fire yang ada digunung ijen merupakan satu satunya fenomena yang ada didunia.

5.Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu

Gunung Kalimutu adalah gunung yang masih aktif statusnya yang terletak di pulau flores NTT, lebih tepatnya lagi di Des. Pemo, Kec. Kelimutu, Kabupaten Ende. Kelimutu diambil dari kalimat “keli” yang artinya adalah gunung dan “mutu” adalah mendidih, masyarakat disekitar sangat yakin bahwa gunung itu adalah gunung suci yang selalu memberikan kesuburan pada tanah yang ada disekelilingnya, dan gunung  tersebut di kelilingi oleh hutan dengan tumbuhan khas pegunungan tersebut seperti pinus, kayu merah, dan casuarinas. Dipuncak gunung tersebut anda akan melihat tiga danau yang dikenal dengan Danau tiga warna, betul sekali sesuai dengan namanya tiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda beda nama tiga danau tersebut adalah Tiwu Ata Mbupu dengan air yang berwarna putih, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dengan air yang berwarna biru, dan yang terakhir adalah Tiwu Ata Polo dengan air yang berwarna merah.

6.Puncak Jaya

Puncak Jaya
Puncak Jaya

Meskipun puncak gunung puncak jaya terletak dikawasan iklim tropis, puncak jaya adalah pegunungan yang diselimuti dengan salju. Gunung puncak jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia, karena memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter. Meskipun gunung ini adalah satu satunya gunung di Indonesia yang di selimuti dengan salju, diperkirakan salju itu tidak akan selalu menyelimuti gunung tersebut karna salju itu diperkirakan akan menipis bahkan mengering. Hal ini telah dinyatakan oleh para peneliti yang mengatakan bahwa endapan es atau salju yang ada di puncak jaya dari tahun ke tahun megalami penipisan dikarnakan pemanasan global. Puncak jaya memiliki nama lain yaitu Carstenz Pyremide yang diambil dari nama seseorang yang pertama kali menemukan gunung bersalju di daerah tropis yang berasal dari Negara Belanda yang bernama Jan Carstenz.

7.Gunung Gede

Gunung Gede
Gunung Gede

Gunung Gede adalah gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, gunung gede terletak di kawasan nasional gede pangrango, kota Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Gunung gede memiliki banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi, diantaranya Telaga Biru, Air terjun Cibeureum, Kandang Batu, dan Kandang Bada, Puncak Gunung Gede, dan Alun alun Suryakencana, dan salau satu tempat yang menjadi tempat terfaaforit yang dikunjungi adalah alun alun suryakencana yang menampilkan padang savanna seluas 50 hektar yang teretak pada ketinggian 2.750 meter yang dihiasi dengan tumbuhan bunga Edelweiss.

8.Gunung Tambora

Gunung Tambora
Gunung Tambora

Letusan gunung tambora yang terjadi pada tahun 1815 telah menghancurkan gunung yang indah tersebut, akibat letusan gunung tersebut terbentuklah kaaldera yang paling besar dan paling indah di Indonesia dan ditengah tengah kaldera tersebut ada sebuah danau yang dilengkapi bunga edelweiss, jadi tidak diragukan lagi oleh para pendaki bahwa gunung tambora adalah gunung yang terindah di Indonesia.

9.Gunung Prau

Gunung Prau
Gunung Prau

Gunung ini terletak di pulau Jawa, dan gunung ini adalah salah satu gunung paling indah di Indonesia, dengan keindahan gunung ini maka menjadiakan tujuan terfaforit bagi para pendaki gunung, puncak gunung tersebut merupakan spot terbaik se-Asia Tenggara untuk melihat keindahannya sunrise, jadi wajar saja kalau puncak gunung prau menjadi tempat terfaforit para pendaki, gunung ini masuk dalam golongan kawasan dataran tinggi dieng dan bertempat pada ketinggian 2.565 meter. Puncaknya yang lumayan pendek dan gampang untuk ditempuh maka gunung Prau ini sangat cocok untuk para pendaki pemula.

10.Gunung Kerinci

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

Gunung kerinci berada di kota Jambi provinsi Sumatera , gunung ini termasuk gunung merapi dan gunung ini menjadi gunung tertinggi yang berada di Sematera,selain itu gunung kerinci menjadi gunung merapi yang tertinggi di Indonesia. Gunung kerinci merupakan tempat habitatnya harimau dan badak Sumatera yang telah dilindungi oleh pemerintah. Dipuncak gunung kerinci yang berada pada ketinggian 3.805 meter anda dapat menikmati pemandangan seluruh kota Jambi, Bengkulu, dan Padang dengan dilengkapi birunya Samudera Hindia. Sama seperti dengan gunung Ijen, gunung ini juga memiliki kawah yang lumayan luas dengan diindahi air yang berwarna hajau kebiruan yang sangat indah jika kita memandangnya.

Nah, diatas tadi adalah 10 gunung yang terindah di Indonesia yang telah kami rangkum, jika anda para pendaki gunung sejati maka tidak akan seru dan lengkap jika anda mendaki 10 gunung yang ada di atas tadi.

 

 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply