menstruasi, cobalah makanan ini
makanan saat menstruasi

Letih Saat Haid? Cobalah Mengkonsumsi Makanan Berikut!

Posted on

Pada saat wanita mengalami haid atau menstruasi , dia akan kehilangan pasokan darah yang mengandung hemoglobin. Hemoglogin merupakan protein darah yang mengandung zat besi serta berperan dalam transportasi oksigen. Kehilangan zat besi pada saat haid ini menyebabkan perempuan mengalami lelah, lemas, letih, lesu, tidak bertenaga, pusing, dan sebagainya.

Penelitian mengatakan bahwa , siklus menstruasi setiap bulannya menjadikan perempuan membutuhkan zat besi yang lebih banyak di bandingkan dengan pria. Kehilangan zat besi di luar bats normal meningkatkan resiko terkena anemia.Wanita yang haid bisa mengalami prubahan emosi secara drastic, moodnya akan mudah berubah. Dan juga akan terlihat lesu. apa saja makanan yang perlu dikonsumsisaat haid?

makanan saat haid
makanan tinggi serat

Berikut Makanan yang dapat anda konsumsi yang dapat membantu mengatasi rasa lesu saat menstruasi :

  1. Mengkonsumsi kedelalai.

Kalsium yang terkandung dalam susu kedelai ini lebih baik di bandingkan mengkonsumsi susu full cream, selain sehat susu kedelai ini tidak bikin gemuk.makanan kaya kalsium akan member tambahan saat wanita mengalami haid.

 

  1. Sayur dan gandum.

Di anjurkan untuk mengkonsumsi  gandum utuh, sayuran segar dan nasi merah, makanan ini kaya serat yang akan membuat perut anda terasa kenyang lebih lama. Di samping itu, karbohidrat kompleks dapat mengurangi penumpukan aair yang berlebi paada tubuh kita.

 

  1. Perbanyak minum air putih.

Saat menstruasi, tubuh akan kehilanga banyak cairan. Dengana banyak mengkonsumsi air putih dapatmencegah terjadi nya kram pada perut. Minumlah air putih minimal 8 gelas/ hari.

 

  1. Protein

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein akan memberikan anda energy yang cukup untuk melakukan aktivitas saat haid. Protein ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan seperti telur rebus, susu rendah lemak dan dada ayam tanpa lemak

 

  1. Buah dan biji-bijian

konsumsi buah yang kaya akan mineral seperti buah jeruk,stoberi,  mangga, nanas, dan pisang. Konsumsi juga makanan yang mengandung magnesium yang terdapat pada biji-bijian ini berfungsi untuk mengurangi tubuh yang terasa bengkak.

  1. Gingseng

Anti oksidan kuat yang terkandung pada gingseng akan memberikan anda  energy yang cukup. Gingseng ini memiliki sifat menenangkan serta dapat meredakan syaraf anda. anda dapat mengkonsumsi ini, caranya : potong akar gingseng dengan irisan tipis. Kemudian rebus 8 – 10 irisan gingseng dalam 3 gelas air. Dengan api sedang selama 15 menit. Kemudian saring larutan,

bisa di tambahkan sedikit madu. Minum lah 1 samapi 3 cangkir the gingseng setiap hari. Minuman ini tidak di anjurkan bagi orang yang memiliki penyakit darh tinggi.

  1. Bawang putih

Bawang putih ini memiliki sifat zat dan anti inflamasi yang memperbaiki sisitem kekebalan tubuh yang lemah. Jika anda merasa lelah anda dapat mengkonsumsi bawang putih mentah 3 siung setiap harinya.

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya rasa lesu :

  1. tidur yang cukup (setidaknya 6 sampai 8 jam)
  2. istirahat yang cukup
  3. mandi dengan air hangat setelah melakukan aktivitas akan membuat anda merasa lebih segar.
  4. Sarapan adalah makanan yang paling penting sebagai penambah energy ketika akan melakukan aktivitas.
  5. Hindari mengkonsumsi kafein, alcohol, dan obat obatan terlarang
  6. Hindari lingkungan yang panas.
  7. Biasakan untuk melakukan pergerakan fisik seperti olah raga, minimal jalan

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • konsumsi bawang putih saat haid
  • makan bawang putih saat haid
  • saat haid boleh makan bawang putih
  • Makan bawang putih mentah saat haid
  • mengkonsumsi bawang putih saat haid
  • lagi mens makan bawang putih mentah
  • makan bawang saat haid bolehkah
  • manfaat makan bawang merah mentah saat menstruasi
  • Manfaat mengkonsumsi bawang putih saat haid
  • manfaat minum air hangat dan bawang putih saat haid
Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply