Linux Ubuntu
Linux Ubuntu

Keuntungan Menggunakan Ubuntu Yang Tidak Anda Dapatkan Pada Windows

Posted on

Keuntungan Menggunakan OS Ubuntu Dibandingkan Dengan Windows

Linux Ubuntu
Linux Ubuntu

Tentunya bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan komputer/laptop pasti sudah mengerti apa itu yang dimaksud dengan OS (Operating System). OS merupakan software utama yang harus ada pada sebuah komputer, karena OS ini berperan sebagai pengatur jalannya pemrograman sehingga pengguna dapat memasukan perintah, mulai dari mengetikan huruf pada keyboard yang kemudian akan ditampilkan dimonitor, multitasking, sampai penghubung antara hardware dengan software komputer. Pada saat ini OS yang paling banyak digunakan tentunya adalah Windows, dari Windows7, Windows8, hingga Windows10. Selain Windows ada juga OS yang dapat anda gunakan secara gratis tanpa harus membayar lisensinya, OS tersebut adalah Linux Ubuntu. Namun OS ini tidak banyak digunakan karena cara penggunaannya dirasa terlalu rumit. Padahal jika anda menggunakan OS Ubuntu anda bisa mendapat keuntungan yang belum tentu akan anda dapat pada Windows.

 

Keuntungan Menggunakan Linux Ubuntu, antara lain :

 

1.Gratis Digunakan

Keuntungan yang utamna adalah anda bisa menggunakan Ubuntu ini secara gratis, karena OS ini bersifat open source. Selain itu pengguna dapat mengotak – atik OS tersebut sesuai dengan keinginan. Namun jika anda menggunakan Windows, anda harus membayarnya cukup mahal.

2.Membuat User Lebih Kreatif

Seperti hal-nya yang sudah dibahas diawal, Linux Ubuntu bersifat open source sehingga user dapat dengan senang hati mengotak – atiknya. Jika user bosan dengan tampilan desktop yang biasa – biasa saja, user dapat mencoba sesuatu yang berbeda seperti XFCE/KDE yang bersifat fleksibel dan memeiliki banyak efek visual menarik yang tidak akan anda dapat pada Windows. Sehingga akan lebih menarik jika bermain – main dengan menu.

3.Proses StartUp dan Akses Internet Lebih Cepat

Ubuntu akan lebih cepat dalam hal mengakses internet, karena ubuntu tidak membuka cukup banyak seperti hal-nya yang ada pada Windows.

4.Tidak Ada Virus

Dengan adanya sistem Linux Ubuntu yang cukup rumit dan juga bisa di otak – atik kapan saja, hal itu dapat membuat tidak ada orang yang membuat virus bagi Ubuntu. Dengan adanya sistem seperti itu Ubuntu merupakan tempat paling aman yang dapat anda gunakan untuk menyimpan File/data penting anda. Beda hal-nya dengan Windows yang merupakan sarang bagi virus komputer.

5.Dukungan Komunitas Ubuntu Yang Luas

Ada banyak orang yang menggunakan Ubuntu, dan pastinya orang – orang tersebut sangat ahli didalam bahasa pemrograman. Apabila ada pengguna yang tidak mengetahui tentang pemrograman Ubuntu tersebut, maka bisa ditanyakan. Dan hal ini pula yang membuat Ubuntu menciptakan versi baru.

6.Lupakan Masalah Driver

Menginstal driver merupakan kegiatan yang sangat membuat kita tidak sabaran karena sering kali saat menginstal driver membutuhkan waktu yang cukup lama, dan ribetnya lagi jika komputer tersebut tidak dilengkapi dengan adanya DVD Drive sehinga kita harus mencari sendiri driver dari setiap perangkat yang terdapat pada komputer kita tersebut. Namun jika anda mau menggunakan Ubuntu, maka anda tidak usah lagi berurusan dengan driver karena Ubuntu sudah support dengan beberapa peripheral komputer.

7.Dapat Menjalankan Aplikasi Windows Di Ubuntu

Ini salah satu yang keren dari Ubuntu, OS ini dapat menjalankan software aplikasi yang ada pada Windows melaui aplikasi Wine. Walaupun begitu, aplikasi yang dijalankan pada Wine tidak akan bisa maksimal saat digunakan.

8.Security

Untuk masalah keamanan Ubuntu adalah yang nomer satu. Hal ini terbukti bahwa Ubuntu beresiko sangat kecil terkena virus, walaupun ada orang yang menciptakan virus bagi Linux.

9.Aplikasi Bawaan Cukup Lengkap

Dengan adanya Libre Office pada Ubuntu, membuat beberapa aplikasi bawaan Ubuntu yang dapat langsung anda jalankan dan aplikasi tersebut juga berstandart Office. Beberapa aplikasi bawaan dari Ubuntu, diantaranya ada Browser Mozilla Firefox dan yang lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply