jahe yang kaya akan manfaat
jahe yang kaya akan manfaat

Beberapa Manfaat Jahe yang Belum Banyak Diketahui

Posted on
jahe yang mengandung banyak manfaat
                                                               jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang mengandung banyak khasiat. Khusunya bagi masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan olahan jahe sebagai obat herbal atau olahan minuman penghangat tubuh. Selain dua manfaat jahe di atas, saya akan menyebutkan manfaat jahe yang belum banyak diketahui yaitu:

1.Pencegahan Timbulnya Kanker

Ekstrak jahe dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker di dalam tubuh, seperti mencegah penyebaraan gejala kanker pankreas, kanker kulit, kanker ginjal, dan gejala kanker paru-paru.

2.Mengatasi Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan yang umum terjadi adalah batuk dan pilek, jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi untuk melegakan system pernafasan, dengan memecah dan menghilangkan serta menghilangkan dahak, maka batuk dan pilek akan segera sembuh dengan sering mengkonsumsi wedang jahe atau olahan jahe yang lain.

3.Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat pukulan benda tumpul yang diterima oleh tubuh. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan penyakit rematik.

4.Melancarkan Pencernaan

Bukan hanya buah-buahan dan sayuran yang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan, ternyata jahe juga dapat digunakan untuk melancarkan pembuangan sisa makanan dalam tubuh. Jahe dapat membantu penyerapan makan dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan sakit perut karna sifatnya yang mengurangi peradangan.

5.Melancarkan Peredaran darah

Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

6.Mengobati Migrain

Jahe dapat menghentikan prostaglandin, prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Maka dari itu, jahe dapat mengurangi rasa sakit kepala atau migrain.

7.Mengobati Sakit Gigi

Meminum air jahe ternyata dapat mencegah nyeri gusi dan sakit gigi, hal ini dikarenakan jahe bersifat antijamur dan antibakteri.

8.Sebagai Antialergi

Jahe yang dicampur dengan ekstrak biji anggur dapat digunakan untuk mengurangi demam dan gejala lain akibat alergi.

9.Mengatasi Kulit Berminyak

Mineral alami pada jahe dipercaya ampuh untuk mengurangi minyak pada kulit.

Caranya adalah: campur jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis, dan pala bubuk. Haluskan baha-bahan tersebut dengan ditambah sedikit air. Oleskan campuran jahe pada wajah yang menghasilkan banyak minyak.

10.Menghilangkan Ketombe

Sari jahe dapat digunakan untuk mengurangi ketombe pada rambut. Cukup dengan cuci rambut dengan sari jahe dengan teratur, ketombe pada rambut anda lama kelamaan akan menghilang. Sari jahe juga dapat digunakan untuk mengurangi rambut rontok.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply