Air Terjun Indah di Dunia

Ini nih Air Terjun Terindah di Dunia yang Harus Anda Kunjungi

Posted on
Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Terindah di Dunia

Air terjun bukan hanya menyalurkan air di tepi tebing, tetapi juga menampakkan keindahan alam dan pesona yang sangat menakjubkan.

Apalagi, sesuatu yang mungil misalnya air mempunyai kekuatan untuk membasmi sesuatu sekuat batu.

Bukan hanya itu, beberapa air terjun bentukan alam terkadang memberikan aura magis yang membuai sampai – sampai pengunjungnya merasa betah berlama – lama berada di sana untuk menikmati keindahan pesona alam dan deburan air yang dimilikinya.

Keindahan dari air terjun bisa dinilai dari beberapa aspek, misalnya ketinggian, luas wilayah, volume air, letak geografis, dan berbagai kriteria lainnya yang membantu.

Inilah beberapa air terjun terindah yang ada di dunia, yang mempunyai pesona alam yang indah dan keunikan – keunikannya :

1. Air Terjun Plitvice – Kroasia

Air Terjun Plitvice, Kroasia - Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Plitvice, Kroasia – Air Terjun Terindah di Dunia

Air terjun Plitvice merupakan kumpulan danau dan air terjun bertingkat, serta air terjun Plitvice ini merupakan bagian dari Taman Nasional Plitvice Lakes yang berada di Kroasia. Taman ini merupakan Taman Nasional tertua di Eropa Tenggara, dan merupakan Taman Nasional terbesar di Kroasia. Plitvice Lakes National Park dinyatakan sebagai salah satu keajaiban alam terbesar yang ada di dunia, dan dinyatakan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Kroasia.

Plitvice ini populer karena memiliki pemandangan danau yang begitu jernih dan indah sewarna dengan batu turqoise (pirus) yang dialiri dengan serangkaian air terjun kecil.

Kalau kita melihat dari permukaan, sebenarnya danaunya sendiri terdiri dari 16 buah danau yang seperti bersatu. Danau – danau ini adalah pertemuan dari beberapa sungai kecil dan sungai – sungai bawah tanah. 16 danau tersebut dipisahkan oleh seperti bendungan yang terbentuk dengan alami dari endapan bakteri, ganggang, dan tanaman mati.

Taman Nasional tersebut dibangun pada tahun 1949 dan berada di pegunungan karst yang menandai perbatasan Bosnia-Herzegovina dan Kroasia. Kawasan di sekitar Plitvice difungsikan untuk kawasan lindung yang terbentang dan memiliki luas kira – kira 73.350 hektar. Di dalamnya terdapat luak, rusa, babi hutan, rubah, kelinci, serigala, dan beruang. Di sana juga terdapat lebih dari 120 spesies burung yang juga mengandalkan kelangsungan hidup pada Ekosistem Taman Nasional Danau Plitvice. Itulah sebabnya, mengapa pemerintah memberikan peraturan yang ketat untuk para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan, merusak, atau mengambil situs taman nasional.

Kawasan di sekitar taman nasional sekarang berkembang menjadi tempat pariwisata. Banyak sekali hotel yang siap menampung para wisatawan asing ataupun lokal. Namun wilayah taman  nasional, yang mana danau Plitvice berada, masih dibiarkan dalam keadaan aslinya. Walaupun infrastruktur bagian dalam taman belum terlalu memadai (mengigat karena pemerintah berusaha menjaga keaslian situs tersebut), namun tempat ini telah berhasil menarik 1.200.000 lebih wisatawan tiap tahunnya. Taman Nasional yang mendapatkan gelar sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1979 ini bahkan sangat populer di seluruh dunia.

2. Air Terjun Golden – Gullfoss Iceland

Air Terjun Golden, Gullfoss Iceland - Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Golden, Gullfoss Iceland – Air Terjun Terindah di Dunia

Gullfoss merupakan air terjun bertingkat, dengan ketinggian mencapai 105 kaki (32 meter). Gullfoss berada di Sungai Putih (Hvita) di Islandia selatan-tengah. Terdapat celah tersembunyi dari pandangan jarak yang dekat, sehingga seperti sungai masuk ke dalam bumi. Namanya memiliki arti Air Terjun Emas. Aliran sungai karena hujan berkala dan luncuran – luncuran gletser, apalagi ketika musim panas, menjadikan Gullfoss merupakan air terjun bervolume terbesar di Eropa.

Gullfoss merupakan salah stu penampakan yang sengat menakjubkan di bumi ini. Gullfoss juga merupakan keajaiban dunia alami yang ada di dunia. Sungai Putih atau Hvita yang luas mengalir ke arah selatan. Kira – kira 1 kilometer di atas air terjun sungai itu berbelok curam ke arah kiri dan mengalir turun 3 kali dengan belokan yang lumayan lebar, setelah itu tiba – tiba turun pada ketinggian 105 kaki atau 35 meter. Luas retakan aliran ini turun kira – kira mencapai 60 kaki atau 20 meter, dan panjang mencapai 2,5 kilometer. Berada di sebelah sudut kanan ke aliran sungai. Rata – rata air yang menuruni air terjun ini kira – kira – 180 m³/s ketika musim panas dan 50 – 110 m³/s ketika musim dingin tiba. Aliran tertinggi yang dapat terukur 2000 m³/s.

Terdapat cerita yang sangat populer tentang seorang gadis yang sedang berjalan tanpa menggunakan alas kaki dari Reykjavic ke Gullfoss hanya untuk membantah penggunaan air terjun untuk tujuan menghasilkan energi listrik tenaga air. Setelah itu, di dekat air terjun dibangunlah patung untuk menghormatinya.

3.  Air Terjun Nohkalikai, India

Air Terjun Nohkalikai, India - Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Nohkalikai, India – Air Terjun Terindah di Dunia

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 1.115 kaki. karena ketinggiannya, menjadikan air terjun sebagai air terjun tertinggi yang ada di India. Namun, bukan hanya tinggi, Air Terjun Nohkalikai ini mempunyai air jernih yang tenang dan pemandangan alam yang sangat mempesona untuk dilihat. Air terjun ini juga disebut sebagai air terjun murung.

Karena, ada kisah tentang seorang wanita yang bernama Likai melakukan aksi bunuh diri di sini. Sebabnya, wanita ini menemukan suami keduanya yang tega membunuh anaknya dengan cara dimasak hidup – hidup.

4. Air Terjun Yosemite, California, AS

Air Terjun Yosemite, California, AS - Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Yosemite, California, AS – Air Terjun Terindah di Dunia

Setiap bulan Februari, air terjun ini tidak pernah sepi dari turis, mereka pasti pergi ke Yosemite National Park di AS hanya agar dapat melihat air terjun api. Sebenarnya, ini bukan api sungguhan sih, hanya air terjun yang terkena pantulan sinar cahaya matahari. Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 2425 kaki, dan berbentuk mirip buntut kuda. Air terjun juga merupakan air terjun tertinggi yang ada di Amerika Serikat, dan pernah mendapat peringkat ke-7 sebagai air terjun tertinggi yang ada di dunia.

‘Horsetail Firefall’, inilah nama unik untuk fenomena tersebut. Cairan yang berwarna oranye-merah tampak seperti lahar yang mengalir dari puncak bukit batu di Yosemite National Park, California, AS.

Tapi ini bukan lahar ataupun api. Horsetail Firefall merupakan aliran air terjun yang terkena pantulan cahaya matahari.

Sayangnya, kejadian ini hanya terjadi ketika bulan Februari. Fenomena ini dapat kita lihat dari area El Capitan, ini adalah tempat piknik di Taman Nasional tersebut.

Saat akhir bulan Februari, banyak sekali pengunjung yang berdatangan untuk melihat Horsetail Firefall. Waktu yang tepat untuk melihat kejadian alam ini adalah saat menjelang sunset, ketika cahaya matahari tepat terpantul di air terjun itu.

Ketika di air terjun ini, pengunjung bisa melihat dan menikmati pemandangan air terjun dari banyak lokasi di sekitar taman atau merka bisa juga mendaki salah satu dari bebrapa jalan agar bisa memperoleh sudut pandang yang jauh lebih baik lagi.

5. Air Terjun Iguazu Argentina – Brazil

Air Terjun Iguazu Argentina, Brazil - Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Iguazu Argentina, Brazil – Air Terjun Terindah di Dunia

Air terjun Iguazu merupakan nama air terjun yang bertempat di Sungai Iguazu di perbatasan negara bagian Parana di Brasil (20%) dan provinsi Misiones di Argentina (80%). Air terjun Iguazu membagi sungai menjadi bagian atas dan juga bagian bawah.

Terdapat cerita di air terjun ini, yaitu menyebutkan kalau seorang dewa ingin mempersunting seorang wanita yang bernama Naipi, tapi kemudian wanita ini malah pergi dengan kekasihnya Taroba menggunakan kano. Hal ini membuat dewa menjadi sangat marah dan akhirnya membelah sungai sehingga jadilah air terjun dan mereka berdua akhirnya jatuh ke dalamnya.

Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh orang Eropa yang merupakan penjelajah Spanyol yang bernama Conquistador Alvar Nunez Cabeza de Vaca ketika tahun 1541, yang kemudian diabadikan untuk nama bagian air terjun di sisi Argentina. Air terjun ini kemudian ditemukan lagi oleh Boselli pada akhir abad ke-19, dan salah satu nama air terjun yang lainnya di sisi Argentina diambil dari namanya.

Air terjun ini dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1984. Air terjun ini mendapat banyak pujian dari para pengunjung sebagai air terjun yang menakjubkan di dunia.

Iguaza Falls dengan 275 air terjunnya memiliki lebar yang sangat mendalam dan begitu mengesankan, mempunyai iklim tropis yang bermacam – macam, sudah tidak akan diragukan lagi kalau air terjun ini merupakan harta yang sangat spektakuler di alam dunia ini.

6. Air Terjun Cipendok – Indonesia

Air Terjun Cipendok, Indonesia - Air Terjun Terindah di Dunia
Air Terjun Cipendok, Indonesia – Air Terjun Terindah di Dunia

Air terjun Curug Cipendok ini terletak di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, kira – kira 25 kilometer dari Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia.

Air Terjun Curug Cipendok ini memiliki ketinggian sekitar 92 meter. Curug Cipendok ini mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan di sini masih sangat alami. Kesunyian di tempat ini sungguh sangat terasa, karena belum banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam ini. Hawanya juga masih sangat sejuk, dan ketika melakukan perjalanan kita akan melihat area perkebunan. Di sekitar lokasi ini ada bumi perkemahan dan sebuah telaga yang disebut Telaga Pucung.

Telaga Pucung ini merupakan sumber mata air Pucung yang terdapat di Kampung Panginyongan. Suasana di sini juga masih sangat hening dan begitu asri, sangat cocok untuk menenangkan pikiran anda.

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • air terjun iguazu antara brazil dan argentina
  • pemandangan air terjun indah di dunia
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply