Manfaat Susu Kedelai
Manfaat Susu Kedelai

Beberapa Manfaat Susu Kedelai dan Cara Pembuatannya

Posted on
Manfaat Susu Kedelai
Manfaat Susu Kedelai

`Kedelai memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya bagi tubuh kita, karna steadHealty telah menyatakan bahwa satu gelas susu kedelai yang tidak dicampur atau masih murni mengandung sekitar 7 gram protein, 4,5 gram lemak, 4 gram karbohidrat , dan tidak mengandung kolestelorz, dan susu kedelai yang telah dijual dipasaran sudah mengandung kalsium, Vitamin E, B12, D, dan nutrisi lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari susu kedelai.

1.Menurukan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol
Menurunkan Kolesterol

Berbeda dengan susu sapi yang mengandung banyak lemak jenuh, sebagian besar lemak yang terkandung dalam susu kedelai tidak jenuh dan tidak berkolesterol, dan asam lemak tak jenuh tunggang dan tak jenuh ganda yang terdapat pada susu kedelai dapat membantu menghambat pengangkutan kolesterol ka aliran darah. Para peneliti telah menyatakan bahwa m,engonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam darah.

2.Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan

Satu gelas susu kedelai hanya mengandung 7 gram gula, sedangkan satu gelas susu sapi mengandung 12 gram gula, inilah yang menyebabkan mengapa satu gelas susu kedelai lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi. Tidak hanya itu asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai bisa menghambat penyerapan lemak di usus, dan minum susu kedelai akan membuat perut anda terasa kenyang lebih lama.

3.Mencegah Kanker Postrat

 Susu kedelai banyak mengandung phytoestrogen, hormone tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testoteron yang berkurang dengan baik dipercaya bisa mengurangi resiko kanker postrat. Para peneliti telah menyatakan bahwa bagi pria yang mengonsumsi susu kedelai dapat mengurangi kanker prostrate.

4.Menopause Lebih Nyaman

Selama mnegalami menopause, wanita akan mengalami pengurangan dalam memproduksi hormon esterogen, pengurangan yang sangat banyak dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi wanita seperti penyakit obesitas, jantung, diabetes. Dan kebanyakan dari wanita yang mengalami ini akan mudah untuk depresi, mudah marah, dan gangguan psikologis lainnya, dengan mongonsumsi susu kedelai yang banyak mengandung phytoestrogen secara rutin maka dapat menggantikan hormon esterogen dan dapat membuat membuat wanita merasa nyaman dan sehat ketika dalam keadaan menopause.

5.Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya susu sapi  yang dapat mengurangi osteoporosis, karna kedelai juga dapat mengurangi osteoporosis, kandungan fitoestrogen yang terdapat pada kedelai dapat membantu tunuh anda untuk menyerap kalsium dan mencegah hilangnya massa tulang, dan untuk memperoleh hasil yang sempurna supaya membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

6.Sumber Protein

Susu kedelai merupakan susu yang mengandung banyak protein yang hampir sama dengan susu sapi, dan yang lebih menakjubkan lagi susu kedelai mengandung minyak nabati yang dapat membantu mencegah kerapuhan tulang belakang. Dam anda bisa mengonsumsi susu kedelai secara rutin tanpa mengkhawatirkan ancaman osteoporosis.

7.Ramah untuk Hati

Susu kedelai mengandung asam jenuh yang kecil terutama lemak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, sealain itu susu kedelai tidak mengandung kolesterol jadi bisa dikonsumsi untuk orang yang menderita penyakit koroner.

8.Tidak Mengandung Laktosa

Menurut para ahli, laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat  yang bisa dibentu sederhana lagi menjadi galaktosa dan glukosa maka dari itu kalian dapat menjadikan susu kedelai menjadi penggantinya susu sapi jika anda intoleransi terhadap laktosa.

9.Sebagai Alternatif Bayi yang Menderita Galaktosemia

Ternyata susu kedelai juga dapat menjadi susu alternative bagi bayi yang sedang  menderita gangguan galaktosemia, penyakit ini merupakan kelainan yang mana kadar kandungan glaktosa terlalu tinggi di dalam darah. Gangguan ini biasanya ditandai dengan beberapa kendala seperti diare, kembung ginjal yang parah,kejang perut.

10.Tidak menyebabkan Alergi

Selain menjadi minuman yang sangat enak dan segar, selain itu susu kedelai tidak menyebabkan alergi bagi anda yang meminumnya, karna susu kedelai terbebas dari kasein, kacang, guten, dan MSG. Jadi jangan khawatir jika anda ingin meminumnya setiap hari malah itu bisa sangat bermanfaat bagi tubuh anda.

11.Baik untuk Jantung

Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung karna susu kedelai mengandung lemak jenuh yang sedikit, karna lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol, serta dapat menyebabkan resiko pada jantung,

12.Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes terjadi akibnat kekurangan insulin yang menyebabkan perbedaan pada metabolisme karbohidrat, lemak, air, protein, dan elektrolit. Didalam susu kedelai juga terdapat asam amino glisin dan asam amino arginin yang dapat membantu menjaga keseimbangan insulin, Tidak hanya itu protein yang terdapat pada susu kedelai lebih mudah untuk diterima oleh organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani. Oleh karena itu susu kedelai sangat baik sekali dan sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang menderita penyakit diabetes Melitus.

13.Minuman untuk Penderita Autisme

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang terjadi ketika masa kanak anak, sehingga membuat seseorang tidak dapat berkomunikasi dengan teman yang lainnya layaknya dia hanya hidup sendiri didunia ini. Autisme yang terjadi pada anak anak biasanya di sebut dengan Autisme infatil, biar lebih baik penderita autisme tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kasein, dan glutein. Karena selain susah untuk dicerna oleh tubuh makanan yang mengandung protein tersebut bisa mengganggu pada fungsi otak, dengan itu parapenderita dapat meggantikan susu sapi dengan susu kedelai, dengan seperti itu para penderita autisme tetap memperoleh masukan protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Jadi bisa kita simpulkan bahwa susu kedelai tidak memiliki kasein dan glutein.

14.Minuman untuk Vegetarian

Vegetarian adalah orang yang senang dangan sayuran dan sangat pantang untuk memakan daging, dan makanan yang berasal dari hewan seperti susu, telur dan yang lainnya. Tapi pada kenyataannya semua vegetarian memerlukan asupan sumber gizi hewani yang menjadi gizi bagi tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Bagi anda yang termasuk vegetarian anda bisa mengonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi, karena selain lezat dan nilai gizinyapun tidak berbeda  dengan susu sapi, dan susu kedelai adalah minuman sumber vitamin seperti B1, B2, B6, dan provitamin A), sumber mineral, sumber karbohidrat, sumber lemak, dan sumber protein.

15.Mencegah Migraine

Migraine yang sangat dikenal dengan sakit kepala sebelah yang berulang ulang yang tidak diketahui apa penyebabnya, dan bersifat kambuhan. Dan biasanya penyakit ini sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki laki, dan adapun factor utama yang menyebabkan penyakit ini timbul adalah adanya siklus hormonal pada wanita, dengan sifatnya yang idiopatik, migraine ada hubungannya dengan perubahan biokimiawi. Dengan menjadikan susu kedelai sebagai minuman sehari hari dapat mencegah anda terkena migraine lebih utama lagi yang disebabkan oleh deffisiensi zat gizi, karena susu kedelai adalah sumber vitamin B kecuali B12, mineral, dan asam amino.

16.Minuman Anti Kanker

 Sebelum itu saya akan bertanya pada anda apakah pernah mendengar atau melihat iklan susu yang mampu mencegah kanker? Jika anda pernah mendengarnya susu tersebut adalah susu soymilk atau susu kedelai, kenapa? Karna susu kedelai termasuk salah satu minuman kesehatan yang mengandung banyak mineral, vitamin E, isoflavon, selenium, yang dapat mengatasi pemicu terjadiinya penyakit. Kanker membutuhkan zat yang berfungsi sebagai anti oksida. Selain itu anti oksida yang terdapat susu kedelai adalah vitamin E dan genistein yang mapu menghalau terjadinya penyakit kanker.

17.mencegah Penuaan Dini

Setiap orang pasti menadi tua namun itu semua ada waktunya namun ada banyak orang yang terliahat sudah tua tapi umurnya masih muda, dan sekarang hal itu tidak perlu ditakutkan lagi karna cara yang sangat mampu untuk mencegah penuaan sejak dini adalah dengan mengandalkan anti oksidan yang terkandung dalam dalam makanan dan minuman, mengonsumsi makanan dan minuman merupakan hal yang paling baik dan tepat untuk mengatasi penuaan diusia dini. Pada umumnya anti oksidan berasal dari vitamin dan mineral.

Nah setelah mengetahui manfaat susu kedelai, berikut ini adalah cara membuat susu kedelai sendiri dirumah:

1.Pertama siapkan peralatan yang akan digunakan

2.Pilihlah kedelai yang bagus kualitasnya, setelah itu bersihkan kedelai dari kotoran.

3.Setelah bersih, rebus kedelai selama 15 menit kemudian rendam selama 12 jam.

4.Setelah direndam kemudian kedelai dicuci lagi dengan air bersih sambil diremas remas supaya kulitnya terkupas. Stelah kulit kedelai bersih kemudian kedelai ditumbuk sampai halus, setelah itu tambah air sedikit demi sedikit.

5.Setelah kedelai halus tambahkan air panas secukupnya dan diaduk sampai rata, lalu disaring dengan kain untuk memperoleh fitratnya.

6.Setelah mendapatkan filtratnya tambahkan sedikit bahan kimia NaPO4, gula pasir, dan perasa, setelah itu disaring dan dipanaskan lagi, tapi ingat jangan sampai mendidih selama direbus filtrate harus diaduk supaya filtrate tidak mendidih dan meratakan gula.

7.Setelah dirasakan kemudian ciumlah filtrate sebut jika bau kedelai sudah hilang maka susu kedelai dapat dimasukan kedalam botol yang sudah diseterilkan . setelah filtrate dimasukan kedalam botol maka masukan botol botol tersebut kedalam air mendidih kurang leb ih selama sepuluh sampai lima belas menit, sehingga suhu botol tyersebut menjadi tuju puluh sampai delapan puluh derajat selsius, seteah itu tutup botol dengan penutupnya.

8.Setelah itu botol dimasukan kembali kedalm air yang mendidih selama lima belas menit dan botol harus terendam semuanya, kemudian botol diangkat dan didinginkan pada ruangan pendingin dan susu kedelai siap diminum.

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply