Suara Ayam Ketawa
Suara Ayam Ketawa

Tips Cara Beternak Ayam Ketawa dan Keunikan Berbagai Jenis Ayam Ketawa

Posted on

Beternak merupakan sebuah kegiatan yang dapat kita lakukan dengan mudah tanpa harus membuang waktu-waktu penting kita dalam bekerja. Beternak ayam misalnya, kita bisa memelihara banyak ayam tanpa harus mengurusinya setiap waktu. Dan beternak ayam merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghasilkan uang juga. Salah satunya dengan  beternak ayam ketawa. Pasti sebagian dari kita sudah mengenal ayam jenis satu ini. Ayam ketawa yang sering disebut ayam jantan dari timur ini memang sudah banyak dipelihara oleh banyak kalangan masyarakat.

Tips Cara Beternak Ayam Ketawa dan Keunikan Jenis Ayam Ketawa
Tips Cara Beternak Ayam Ketawa dan Keunikan Jenis Ayam Ketawa

beternak Ayam Ketawa

Selain ayam ketawa ini memiliki bentuk tubuh yang bagus, ayam ini juga memiliki suara yang unik saat berkokok. Pada awal saat berkokok memang terdengar seperti suara ayam jago biasa namun pada akhirnya terdengar suara seperti orang tertawa. Dan taukah anda? Bahwa ayam ketawa ini terbagi menjadi beberapa jenis, yang penamaan jenis ayam ketawa ini berdasarkan warnanya. Yang bertujuan untuk mempermudah penamaan jenis dan identifikasi pemanggilan ayam. Ayam ketawa ini sebenarnya sama saja dengan ayam-ayam jenis lainnya, hanya saja satu-satunya yang membedakan ayam jenis ini dengan ayam jenis lainnya yaitu suara kokoknya.

Ayam ketawa jantan biasa disebut Lai, dan ayam ketawa betina biasa disebut Birang. Dan berikut beberapa jenis ayam ketawa yang dapat anda ketahui :

Jenis Ayam Ketawa Dari Warna
Jenis Ayam Ketawa Dari Warna

Jenis- jenis Ayam Ketawa Berdasarkan Warnanya

Ayam Ketawa Jenis Korro

Ayam ini memiliki ciri warna dasar bulunya hitam. Dan warna hitam ini biasanya dihiasi dengan warna bulu kuning, hijau, atau warna putih yang sedikit mengkilap pada bagian bulu di leher dan di sekitar ekor. Dan kaki ayam jenis ini biasanya berwarna hitam atau kuning.

Ayam Jenis Bakka

Ayam ketawa jenis ini memiliki warna pituh yang dominan pada tubuhnya. Dan bulu di sekitar leher dan ekor biasanya berwarna hitam, merah, orange. Dan warna pada kakinya biasanya hitam ataupun  putih.

Ayam Ketawa jenis Bori Tase’

Ayam ketawa jenis Bori Tase’ adalah jenis ayam ketawa yang mempunyai warna merah yang dominan dan dihiasi bulu leher dan di sekitar ekor yang berwarna kuning keemasan. Dan untuk ekornya biasanya berwarna kuning keemasan. Ekor ayam ketawa jenis ini biasanya berwarna hitam dengan kaki yang berwarna hitam juga.

Ayam Ketawa Jenis Ceppaga

Ayam Ketawa Ceppaga yang identik dengan kaki hitam dan warna bulu yang juga dominan hitam. Warna ayam ceppaga ini lebih mudah dikenali oleh banyak orang, karena memiliki ciri unik yaitu banyak bintik-bintik disekujur tubuhnya. Atau yang sering disebut “blorok”.

Ayam Ketawa Jenis Lappung

Ayam Ketawa Lappung atau Lapping mempunyai warna dasar bulu yang hitam dengan merah hati dan juga putih. Dan jika kita lihat sekilas ayam jenis ini memang hampir mirip dengan ayam jago lokal pada umumnya.

Jenis Ayam Ketawa Berdasarkan Jenis Suaranya

Suara Ayam Ketawa
Suara Ayam Ketawa

Selain kita bisa mengetahui jenis ayam ketawa berdasarkan suaranya. Karena tidak semua ayam ketawa memiliki kokok yang sama. Dan dalam pembagiannya, ada tiga tipe suara dari ayam ketawa ini :

  1. Gretek, adalah suara kokokan ayam ketawa dengan interval yang sangat cepat.
  2. Gaga, adalah suara kokokan ayam ketawa dengan interval yang cukup lambat.
  3. Dodo, adalah suara kokokan ayam ketawa yang mendayu-dayu.

Harga Ayam Ketawa

Di setiap pasar hewan atau tempat-tempat penjualan ayam ketawa pasti memiliki harga yang berbeda-beda. Namun kami akan memberikan sedikit info mengenai harga pasaran atau harga patokan dari ayam ketawa ini. Dan biasanya ayam ketawa ini diberi harga 150-200 per ekor untuk ayam yang berusia satu bulan. Jika ayam telah dewasa dan sudah mulai berkokok biasanya harganya akan meningkat, dapat mencapai sekitar 500 ribu ke atas. Apalagi jika suara kokok ayam juga bagus, pasti akan diberi harga 1 juta atau mungkin lebih. Itu juga tergantung dengan jenis dan suara ayam, namun harga rata-rata dari ayam ketawa memang jauh lebih mahal dari jenis ayam lainnya.

Cara Melatih dan Merawat Ayam Ketawa

 

Merawat Kandang Ayam Ketawa
Merawat Kandang Ayam Ketawa

Sudah kita ketahui bahwa ayam ketawa ini merupakan salah satu jenis ayam hias ysng memiliki kelompok atau peminat tersendiri. Karena memang ayam ketawa yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Selain memiliki warna yang cukup indah, ayam ini juga memiliki suara yang merdu dan berbeda dengan suara ayam pada umumnya.

Pada era seperti ini, banyak sekali orang yang memelihara ayam ketawa, dan menjadikannya sebagai hobi, hiasan, ataupun hiburan di rumahnya. Namun kebanyakan dari para peternak membudidayakan ayam ketawa ini untuk dijadikan sebagai mata pencaharian, karena memang harganya yang mahal dibanding dengan harga ayam jenis lainnya. Dan juga bagi pemilik ayam ketawa yang memiliki suara bagus akan diikut sertakan ke kontes perlombaan kokok ayam. Karena saat ini sedang banyak diadakan kontes seperti ini. Dan di daerah Yogyakarta sering diadakan kontes seperti ini, misalnya kontes ayam yang biasa diadakan di PASTY.

Merupakan sebuah Pusat Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. Di tempat tersebut banyak sekali transaksi hewan-hewan terutama ayam hias. Dan bahkan belum lama ini di PASTY yang terletak di jalan Bantul Utara Ringroad Selatan baru saja diadakan Kontes Seni Suara Ayam ketawa Tingkat Nasional 2015. Dan seiring dengan seringnya diadakan kontes ayam ketawa akan membuat ayam ketawa menjadi semakin digemari oleh banyak orang dan akan membuat harga ayam ini menjadi  semakin mahal dan menjadi ladng usaha bagi banyak orang.

Dan untuk mengahasilkan ayam ketawa yang baik, sehat dan juga memiliki suara yang bagus tentu ada beberapa tips dan cara merawat ayam ketawa agar menghasilkan suara yang bagus dan merdu. Dan berikut kami berikan beberapa tips cara merawat ayam ketawa dan melatih ayam ketawa :

  1. Bersihkanlah kandang ayam ketawa secara rutin. Kita harus memperhatikan kebersihan kandang, hal ini sangat penting karena kebersihan kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam ketawa. Jika kandang ayam ketawa kita kotor maka ayam ketawa kita akan sangat rentan terkena penyakit. Dan selain itu jika kadang bersih dan terawat akan membuat nafsu makan ayam menjadi meningkat.
  2. Diusahakan untuk memandikan ayam ketawa paling tidak dalam sehari tiga kali, dengan cara menggunakan semprotan. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh ayam ketawa agar tetap bersih dan segar. Dan hal ini juga akan membuat ayam ketawa menjadi lebih sehat dan tidak banyak bakteri yang akan bersarang di tubuh ayam ketawa milik kita. Setelah memandikan ayam ketawa, jemurlah ayam ketawa kurang lebih 30 menit. Ini bertujuan agar ayam mendapat vitamin D yang cukup.
  3. Diusahakan ayam ketawa memiliki tempat bertengger. Hal ini dikarenakan sifat alamiah ayam yang suka naik ke atas atau mencari tempat bertengger. Ini juga bermaksud agar ayam mulai terbiasa dan cepat berkokok. Dan dengan mengkondisikan lingkungan sekitar ayam ketawa dengan baik, akan membuat pertumbuhan ayam ketawa menjadi baik dan tidak akan mudah terserang penyakit.
  4. Dan unutk melaith atau memacu ayam ketawa agar mau berkokok adalah dengan sering memperdengarkan suara kokokan ayam ketawa yang lain. Kita juga dapat menggunakan rekaman yang ada di hP kita. Pilih audio suara ayam ketawa yang bersuara bagus, kemudian dekatkan dengan ayam ketawa milik kita. Dengan melakukannya secara rutin akan membuat ayam ketawa milik kita menjadi terpacu untuk ikut berusara. Meski tidak semerdu dengan suara yang ada dalam rekaman, ini dapat membantu ayam ketawa kita menjadi lebih berani untuk berkokok.
  5. Jangan lupa memberi pakan yang kaya akan nutrisi. Yang bertujuan agar ayam ketawa dapat tumbuh dengan baik dan mulai berani berkokok. Berbeda dengan ayam ketawa yang dibiarkan mencari makan sendiri. Biasanya ayam akan mengalami kelambatan dalam berkembang dan juga akan memakan waktu yang lama untuk bisa berkokok.

Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa

Fakta Ayam Ketawa
Fakta Ayam Ketawa
  1. Ayam Bangsawan

Ayam ini pada zaman dulu hanya dimiliki oleh para bangsawan suku Bugis. Dan juga ayam ini bisa menjadi simbol tentang sukses atau tidaknya seseorang.

  1. Ayam sidrap

Pada tahun 2005, pemerintahan daerah kabupaten Sidrap atau lebih tepatnya Sindreng Rappang yang berada di sebelah utara kota Makassar yang berinisiatif melestarikan ayam jenis ini.

Lalu Pemerintah memberikan penyuluhan, memberikan beberapa motivasi dan berbagai lomba untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pelestarian ayam ketawa.

  1. Mirip Ayam Kampung

Memang jika dilihat secara sekilas, ayam ini sangatlah mirip dengan ayam kampung biasa. Dari bentuk fisikny seperti bulu ataupun ukurannya. Namun ketika anda mendengar suaranya pastilah sangat berbeda. Karena ciri khas yang dimiliki oleh ayam ketawa, yang mampu bersuara layaknya seorang manusia yang sedang tertawa.

  1. Jenis Suara

Dari jenis suaranya ayam ketawa juga memiliki perbedaan yang sangar jelas dengan ayam jenis lainnya. Dan bisa dibilang jika kita mendengar suara ayam ini kita langsung dapat menyimpulkan bahwa itu adalah suara ayam ketawa.

Itulah sedikit informasi mengenai berbagai jenis ayam ketawa dan cara perawatannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin beternak ayam ketawa yang satu ini.

Incoming search terms:

  • ciri jenger ayam ketawa
  • Jenis gambar ayam ketawa
Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply