cara mengetahui berita hoax
cara mengetahui berita hoax

Tips Mengetahui Berita “Hoax” Di Internet

Posted on

Seiring perkembangan jaman seperti sekarang banyak sekali pertumbuhan smartphone dan media sosial namun tidak di imbangi dengan literasi digital hal tersebut menyebabkan berkeliaran berita palsu dan hoex yang siap di baca.  Biasanya berita hoax tersebut masuk dan beredar di jalur digital yaitu situs situs online dan pesan chatting. Jadi kalau kita tidak berhati hati kta bisa terhasut dan akan merugikan orang terkena fitnah. Namun hoax ini juga bisa berupa penipuan yang ujung ujungnya minta uang. Jadi bagi anda yang bekerja berhubungan dengan internet untuk berhati hati jika membaca berita berita di internet. Dan berikut saya akan menyajikan beberapa cara  mengetahui berita hoax di internet di antaranya:

cara mengetahui berita hoax
cara mengetahui berita hoax

Cara Mengedintifikasi  Berita Hoax Di Internet

  1. Hati Hati Dengan Judul Provokatif

Bagi anda yang menemukan berita di sosial media atau hanya sekedar iklan saat anda sedang berada browsing browsing, lalu anda menemui sekilas berita dengan yang cukup mencengangkan jangan langsung percaya berita tersebut. Biasanya berita berita seperti itu hanya palsu atau hoax, tujuan si penulis membuat judul profokatif biasanya agar orang orang tertarik dan ingin membaca berita tersebut.

  1. Cermati Alamat Situs

cara mengetahui berita hoax
cara mengetahui berita hoax

Jika anda mendapat sebuah informasi yang tersebut mencantumkan link atau website, coba kita periksa alamat URL dari berita tersebut. Jika berita tersebut dari situs dari yang berlum terverifikasi seperti url masih mengunakan domain blog, maka informasi tersebut harus di pertanyakan. Karena di indonesia banyak situs situs sekitar 43.000 dan mengklaim sebagai berita portal, dan yang sudah terverifikasi hanya selitar 300 an. Jadi kalau kita mendapat informasi yang belum tentu benarnya jangan langsung di telan mentah mentah.

  1. Cek Keaslian Foto

Di jaman modern seperti sekarang bukan hanya teks saja yang bisa di manupulasi namun foto bahkan vidio bisa di edit oleh si pembuat berita hoax, hal tersebut untuk memprovokasi lalu agar pembaca semakin percaya berita tersebut. Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara menegecek keaslian foto, mesin pencarian terbesar di dunia yaitu Google menyediakan fitur Drag-And-Drop.  Cara nya download foto dari berita yang anda ragukan lalu seret foto ke mesin pencarian google image. Nanti akan muncul beberapa foto yang dapat anda bandingkan.

  1. Jangan asal share

Biasana dengan judul yang profokatif  kita langsung kebawa alur dan kaget sehingga kita emosi dan ingin menyebakan atau share . jadi kalau kita mendapat informasi lebih bai kita cross chek  atau browsing browsing lagi di google agar kita tahu apakah infor masi itu asli atau hoax.

  1. Ketahui Siapa Penulis Berita

cara mengetahui berita hoax
cara mengetahui berita hoax

Untuk selanjutnya kita cobak kita lihat penulis berita tersebut siapa, karena sekarang banyak orang menulis informasi berita hoax agar menjadi viral dan kebanjiran uang karena website atau blognya di kunjungi banyak orang.  Karena itu banyak orang yang yang menyebarkan berita bohong  karena demi sepeser uang

Jadi kalau kita mendapat informasi entah itu sebuah iklan di sosial media ataupun maktu kita browsing browsing langsung muncul suatu cobak kita cari informasi dari website yang lain agar kita tidak tertipu oleh informasi yang hoax sekian dari saya semoga anda tidak tertipu dengan informasi informasi yang ada di sosial media dan semoga bermanfaat.

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply