Mode - Mode Access Point
Mode - Mode Access Point

Macam – Macam Mode Access Point

Posted on

Macam – Macam Mode Access Point

Apa yang anda ketahui tentang Access Point ? apa sih Access Point itu ?. Bagi anda yang tidak pernah mempelajari pelajaran tentang TIK tentu anda tidak akan tau apa itu Access Point. Tetapi tenang saja, disini saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai Access Point. Perlu anda ketahui bahwa Access Point merupakan perangkat jaringan semacam router nirkabel atau wireless yang memungkinkan anda untuk dapat tersambung ke jaringan Wifi atau yang lainnya dengan menggunakan jaringan Wirelless. Access Point memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Berperan sebagai Hub atau Switch yang berfungsi untuk menghubungkan jarngan wireless dengan jaringan local.
  2. Setting agar Access Point berfungsi sebagai DHCP server.
  3. Sebagai pemancar koneksi data atau internet yang disebarkan melalui gelombang radio.

 

Selain berfungsi sebagai penghubung dan pemancar koneksi data atau jaringan, Access Point juga bertugas dalam berbagai Mode. Di antarannya yaitu :

 

1.Access Point Mode

Access Point Mode
Access Point Mode

Umumnya Access Point lebih digunakan sebagai media penghubung antara kabel dengan nirkabel atau wireless. Dalam AP Mode, Access Point sendiri berperan seperti Switch. Jika anda berada di perkantoran pasti yang anda lihat adalah jaringan kabel yang tersedia. Dan jika anda membutuhkan jaringan wireless, maka anda bisa menggunakan AP Mode.

2.Wireless Router Mode

Wireless Router Mode
Wireless Router Mode

Dalam Wireless Router Mode, maka kita hanya dapat berbagi satu koneksi internet dengan menggunakan kabel ke beberapa client. Mode ini juga mendukung beberapa jenis koneksi, seperti L2TP/PPTP/Dinamis IP/Static IP. Jika akses internet DSL hanya menyediakan kabel untuk satu user, dan ada pengguna lain yang ingin tersambung, maka sebaiknya anda menggunakan Mode Router.

3.Repeater Mode

Repeater Mode
Repeater Mode

Mode ini digunakan untuk menambah jarak jangkauan wireless dengan SSID dan keamanan yang sama. Jika anda sudah memiliki jaringan wireless, namun ada beberapa tempat yang tidak dapat terjangkau oleh sinyal wireless tersebut. Maka anda bisa menggunakan Mode Repeater untuk dapat memperluas jangkauan sinyal wireless anda, dan tentunya anda hanya memiliki satu SSID.

4.Bridge Mode

Bridge Mode
Bridge Mode

Bridge Mode merupakan jaringan wireless yang telah tersedia broadcast namun menggunakan SSID dan keamanan yang berbeda. Dalam mode ini dapat membangun dua jaringan sendiri untuk dua kelompok user berbagi satu koneksi. Mode ini juga cocok digunakan dalam layanan yang disediakan di restaurant kecil, rumah, kantor, dan lainnya.

5.Client Mode

Client Mode
Client Mode

Mode ini digunakan memberikan layanan internet pada Smart TV, Media Player, dan juga perangkat lainnya yang tentunya memiliki port Ethernet.

6.AP Client Router Mode

AP Client Router Mode
AP Client Router Mode

Dengan menggunakan Mode ini, anda dapat terhubung ke jaringan wireless, dan anda juga dapat membagi layanan koneksi tersebut ke Client. Jika anda menginginkan hanya beberapa Client saja yang dapat terhubung dengan meminta username dan password, maka AP Client Router Mode adalah pilihan yang tepat.

Incoming search terms:

  • macam macam mode pada access point
  • Jenis jenis access
  • mode paada acces point
  • mempelajari macam² mode accsess point
  • macam macam mode access
  • macam macam access point dan fungsinya
  • macam macam access point
  • macam maam access point dan penjelasan
  • jenis jenis access point dan penjelasannya
  • mode pada acces point

Leave a Reply