Penang Bridge di malam hari
Penang Bridge di malam hari

7 Tempat Wisata Di Penang Malaysia yang Menarik Untuk Dikunjungi

Posted on

Ketika anda berkunjung ke suatu Negara pasti yang ingin anda kunjungi adalah tempat wisatanya, tentunya tidak mencari tempat yang biasa saja kan? Nah jika kamu berkunjung di Negeri Malaysia banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk kamu kunjungi, Negeri yang terkenal dengan kartun Upin dan Ipin ini ternyata menyimpan banyak sekali tempat-tempat wisata. Jika anda berkunjung ke Negeri Jiran ini tidak hanya KLCC nya saja yang menarik untuk di kunjungi, memang benar jika kawasan itu adalah kawasan ibu kota dan sekaligus sentra perkembangan ekonomi yang secara tidak langsung akn mempengaruhi infrastruktur maupun fasilitas umum yang lebih canggih dan modern yang akan memudahkan para pengunjung, namun tidak semua wisatawan menginginkan berlibur di tempat yang gemerlap dan juga mewah akn lebih menarik jika berlibur di tempat yang tidak terlalu modern namun tetap menyenangkan dan tentunya tempatnya indah.

Pemandangan alam di malaysia juga tidak kalah dengan gemerlapnya ibu kota, dan terkadang wisata di alam dan wisata sejarah juga memiliki daya tarik sendiri, Penang adalah sebuah pulau yang berada di barat laut Malaysia dan merupakan pulau yang ternyata banyak sekali menyimpan lokasi berwisata, dari sekian banyaknya wisata di Malaysia inilah 7 tempat wisata di Penang Malaysia yang menarik, yang wajib anda kunjungi dijamin anda akan mendapatkan keindahan serta kepuasan yang tidak ada bandingannya.

1.Penang Hill

Penang Hill
Penang Hill

Inilah salah satu lokasi wisata yang menjadi favorit setiap orang yang berkunjung ke Malaysia, ya tempat ini terkenal dengan nama Penang Hill, selain keunggulannya adalah tempatnya yang sejuk juga anda bisa masuk ke museum Owl dan bukan hanya itu saja anda bisa berada di Bukit Bendera, itu adalah salah satu tempat yang membuat pengunjung penasaran keunukan lain yang bisa anda dapatkan adalah perjalanan yang sangat mengesankan ketika anda menuju Penang Hill sebab untuk menuju Penang Hill ini anda harus menggunakan alat transportasi Penang Hill Railway yang membuat liburan anda semakin berkesan karena sepanjang jalan anda akan menyaksikan indahya alam sekitar perbukitan Penang dengan sangat jelas, Nah menaiki fasilitas ini anda harus membayar 30 Ringgit Malaysia, kereta ini mulai beroprasi pukul 09:00 sampai 23:00 waktu setempat. Kendaraan yang satu ini bisa anda jadikan sebagai alternatif yang bisa anda pilih untuk sampai ke lokasi Penang Hill yaitu taxi, lakukan kesepakatan harga dulu sebelum menggunakan taxi ini, ada baiknya jika anda mencari informasi tentang harga yang sewajarnya untuk menaiki tlansportasi ini. Anda bisa menanyakannya pada petugas hotel karena taxi yang ada di sekitar situ tidak menggunakan argo.

2.Penang Bridge

Penang Bridge di malam hari
Penang Bridge di malam hari

Bagi kalian yang ingin melihat sensasi menakjubkan dari sebuah jembatan mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan, jembatan yang megah ini memiliki panjang 13.5 m dan berada di atas lautan, dengan adanya jembatan ini akan membuat sektor wisata anda semakin menarik perhatian para wisatawan. Selain itu fungsi dari jembatan ini juga sudah terwujud sehingga ekonomi, sosial dan budaya semakin berkembang pesat. Jembatan ini juga berfungsi untuk menghubungkan wilayah daratan Malaysia dengan pulau Penang dan resmi di buka untuk fasilitas umum pada tahun 1985, bagi para wisatawan yang melewati jembatan ini tidak menyia-nyiakan kesempatan kebanyakan dari mereka pasti menyempatkan waktunya untuk berfoto-foto sebagai kenang-kenangan karena sudah berkunjung ke Penang Bridge yang juga merupakan salah satu ikon wisata di negeri Jiran ini.

3.Fort Cornwallis

Fort Cornwallis
Fort Cornwallis

Malaysia adalah salah satu negara yang pernahh di jajah oleh Inggris, dan tentunya meninggalkan benda-benda yang bersejarah yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Salah satu peninggalan Inggris adalah Fort Cornwallis yang pada masa penjajahan itu menjadi benteng pelindung dan pertahanan Inggris dalam menjaga terotorialnya. Tempat ini di prediksikan berdiri pada tahun 1786, menjadi waktu yang cukup lama untuk membuat benda-benda yang tidak mudah lapuk dan sangat kuat. Di Fort Cornwallis terdapat beberapa peninggalan seperti meriam, lampu kuno, dan bangunan yang di gunakan untuk penjara yang sampai sekarang tetap kokoh dan kuat, karean merupakan tempat yang sangat bersejarah dan merupakan tempat yang di jaga kelestariannya, yang sampai sekarang menjadi tempat favorit para pengunjung.

4.Sri Mahamariamman Temple

Sri Mahariamman Temple
Sri Mahariamman Temple

Sebuah kuil Hindu yang memiliki arsitektur bergaya India, tempat ini menjadi lokasi Peribadatan umat Hindu. Tidak harus ke India jika ingin melihat bangunan yang seperti ini. Sri Mahamariamman ini sangat menarik untuk di kunjungi. Setiap hari tempat ini tidak sepi oleh pengunjung, tempat ini menjadi salah satu sasaran para wisatawan asing maupun lokal. Yang lebih unik lagi jika anda berkunjung di tempat yang berornament religius ini tidak akan di pungut biaya sedikit pun jadi anda bisa menikmati keindahannya gratis. Bahkan yang lebih keren lagi anda bisa mengabadikan setiap sudut dari kuil ini, terkecuali di bagian altar. Meskipun tidak berkunjung di tempat ini tidak memungut biaya tetap saja aja aturan jam kunjung. Pada sesi pertama di buka pada pukul 06:30 sampai 12:00 dan pada sesi kedua di buka pukul 16:30 sampai dengan 21:00 waktu setempat. Karena ini merupakan tempat untuk Peribadatan jadi di sarankan ketika anda mengunjungi kuil Sri Mahamariamman Temple ini dengan menggunakan busana yang rapi dan juga sopan.

5.Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple
Kek Lok Si Temple

Jika and berada di Penang hal yang wajib anda datangi adalah Kek Lok Si Temple, Sebab kuil ini merupakan kuil Budha terbesar di lingkup Asia Tenggara, dan sudah berusia lebih dari 1 abad. Hal yang paling mengherankan adalah usia kuil yang sudah tua namun kuil ini tetap terelihara hingga pada saat ini. Kuil ini masih terlihat keasliannya. Kuil yang berada di lokasi Air Itam wilayah perbukitan membuat suasana di kuil ini menjadi sangat segar dan tentunya menjadi tempat yang damai karena memang tempat ini sebagai tempat untuk beribadah yang sangat kental spiritualnya. Arsitektur kuil ini sangat mirip dengan kuil-kuil yang berada di Thailand. Namun uniknya di kuil ini terdapat beberapa ornament yang sangat kental dengan China yang semakin meningkatkan estetika kuil tersebut.

6.Penang Toy Museum

Penang Toy Museum
Penang Toy Museum

Museum ini terinspirasi dari keceriaan anak-anak pada saat melihat tokoh kartu kesayangan mereka dari layar kaca, Museum Penang Toy menghadirkan tokoh kartun dan permainan dari seluruh dunia, yang di jamin anak-anak anda tidak akan merasa bosan dan pastinya ceria sepanjang anda berkunjung di museum ini. Bagi anda yang ingin melihat buah hati tersenyum lebar dengan melihat tokoh kartun yang di senanginya tempat ini sangat pas dan tepat untuk anda kunjungi. Dan juga tempat ini akan membuat liburan anda terasa nyaman. Untuk harga tiket masuk masih terjangkau yakni 30 ringgit Malaysia atau jika di hitung dengan mata uang Indonesia senilai Rp 120.000. Jangan lupa untuk mengisi batrai kamera penuh karena di jamin anda tidak akan berhenti berfoto-foto ketika berada di dalam museum ini.

7.Queensbay Mall

Queensbay mall
Queensbay mall

Ingin berlibur di tempat yang modern dan juga bisa memuaskan keinginan berbelanja anda, tenang di Pulau Penang juga terdapat Mall yang merupakan surganya berbelanja, Mall ini berada di pusat kota dan tidak jauh dari Bandara Penang akan membuat anda semakin mudah ketika ingin menuju tempat tersebut anda boleh mengunjungi mall ini ketika hendak ke Pulau Penang taupun pada saat pulang untuk membeli oleh-oleh. Queensbay Mall adalah mall terbesar di Penang, yang bisa dipastikan anda akan mendapatkan barang apa saja yang anda inginkan, karena kelengkapannya yang tidak di ragukan lagi,  Anda bisa mendapatkan barang seperti baju, parfum, tas sepatu perhiasan kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak lagi, Mall ini juga salah satu yang menyediakan oleh-oleh khas Malaysia dan anda tidak perlu meragukan kualitasnya. Keunggulan Mall ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan pantai. Jadi selain anda bisa berbelanja puas, anda juga bisa menikmati keindahan pantai yang berdekatan dengan Mall ini, anda bisa melihat pemandangan pantai sambil menikmati hidangan yang disediakan di Queensbay Mall ini. Tentunya akan banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi Mall yang satu ini.

Berlibur di Negeri Jiran tidak akan menyulitkan anda dalam segi bahasa, meskipun masih di butuhkan kemampuan untuk bisa berbahasa Inggris pasif walaupun sedikit. Karena hampir penunjuk jalan di Negeri ini menggunakan Bahasa Inggris. Namun jangan khawatir bahasa yang sering di gunakan orang Malaysia tidak jauh beda dengan baha Indonesia kok, sedikit-sedikit anda akan mengerti dengan bahasa Malaysia. Anda bisa mendapatkan beberapa keseruan ketika berlibur di Negeri Jiran ini selain tempatnya yang sangat mengasyikkan tempat-tempat yang memiliki sejarah pun bisa membuat anda bahagia karena bisa belajar sambil berlibur.

Selain yang di sebutkan di atas ternyata masih banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa anda kunjungi seperti Pinang Peranakan Mension, Plaza Gurney, Cheong Fatt Tze Mansion. Semoga Refrensi liburan dari saya bisa menjadi alternative untuk anda dan keluarga.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply