Wisata-Bahari-Lamongan
Wisata-Bahari-Lamongan

Tempat-tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Mendengar kata Lamongan ini, mungkin hal pertama kali yang akan muncul yaitu soto Lamongan. Memang soto khas di daerah Lamongan ini sangat cukup terkenal dan banyak sekali yang menyukainya karena kelezatannya. Mungkin jika anda bisa menyantap soto khas lamongan ini tanpa harus langsung datang ke kota Lamongan. Tapi, jika anda ingin berwisata ke Kota Lamongan, tentu hal utama yang harus anda lakukan ialah berkunjung ke kota yang satu ini yaitu lamongan. Pada saat ini, ada banyak sekali wisata di Lamongan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk kunjungi ke salah satu kota di Jawa Timur ini. Jadi, bukan hanya makanannya saja yang dapat diminati, tapi wisata yang ada di Lamongan juga mulai dilirik oleh banyak wisatawan.

Lamongan sebenarnya di kenal dengan pantainya yang indah. Namanya juga sangat terkenal di mana-mana. Tapi ada sedikit rahasia di kota lamongan yang dianggap sebagai tempat orang-orang yang supranatural. Sekarang orang lamongan yang memiliki ilmu kejawen  bukan rahasia lagi.

Banyak orang yang setuju bahwa kota lamongan ini surganya para wisatawan, apalagi degan kulinernya yang masyhur di dunia seperti soto lamongan yang nikmat sekali, bumbunnya sangat meresap, di tambah dengan tahu campurnya yang enak.

Disini ada beberapa daftar tempat wisata di lamongan di mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner. Berbagai macam dari tempat wisata dan kuliner yang membuat Lamongan masuk ke dalam daftar wisata kota di Jawa Timur dan juga jangan sampai dilewatkan sebagai tujuan liburan anda. Hal ini yang disebabkan adanya berbagai macam tempat wisata di amongan yang bisa anda kunjungi disini. Bukan itu saja, makanan khas Lamongan juga menjadi alasan lain kenapa anda harus datang di kota lamongan ini. Oleh karena itu, anda sebaiknya berwisatalah sambil mencicipi kuliner khas yang ada di kota lamongan ini. Kemudian, apa saja dan dimana saja tempat wisata Kota Lamongan ini.

1. Wisata Bahari Lamongan

Wisata-Bahari-Lamongan
Wisata-Bahari-Lamongan

Wisata ini di kelola oleh PT bumi lamongan sejati. WBL ini sangat cepat berkembang karena ada dukungan dari pemerintah setempat. Jadi jangan heran jika di dalam jangka waktu beberapa tahun banyak sekali di bangun fasilitas dan wahana baru. Dulu WBL ini di kenal dan lebih populer dengan nama pantai tanjung kodok. Lalu seiring perkembangannya kemudian di rubah menjadi WBL. Menu wusatanya juga semakin bertambah supaya bisa memberikan banyak pilihan yang di butuhkan.

2. Goa Maharani Zoo

Goa Maharani Zoo
Goa Maharani Zoo

Di lamongan ada goa yang cantik, kecantikannya mengalahi goa gong yang berada di pacitan, jawa timur. Lokasi goa ini dekan denga WBL. Tinggal nak saja ke jembatan yang menghubungkan dua tempat itu, sebelumnya anda bisa berbelanja di bawh tangga tersebut. Goa ini di temukan tanggal 6 agustus 1992, dan kedalamannya 25 meter dari permukaan tanah. Luasnya kurang lebih 2500 meter persegi, di dalamnya banyak sekali batu-batu yang kinclong dan menawan. Sebelum memasuki goa ini, akan menemukan lokasi yang penuh dengan binatang, mulai dari yang buas sampai dengan yang jinak. Nah disitu tempat kebun binatang mini yang dapat menghibur anda. Jika ingin berkunjung ke goa maharani ini yang bertempat di tepi jalan gresik-tuban, anda harus datang pada jam 07.30 sampai 12.00 dan juga jam 13.00 sampai 17.00 WIB. Karena selain jam segitu akan di tutup.

3. Wisata Religi Makam Sunan Drajat

Wisata Religi Makam Sunan Drajat
Wisata Religi Makam Sunan Drajat

Sebagai orang muslim, harus mengetahui sejarahnya penyebaran agama islam yang ada di pulau jawa, yang melalui para wali atau biasa disebut walisongo. Saalah satu dari wali yang berjumlah 9 ini yaitu sunan drajat, beliau menyebarkan agama islam di wilayah lamongan. Sunan drajat juga mempunyai nama kecil yaitu raden qasim, yang kemudian saat dewasa di kenal dengan panggilan yaitu raden syarifuddin, karena beliau ini merupakan salah satu dari putra sunan ampel. keduanya membangun pesantren dalem duwur yan berada di desa drajat. Untuk sampau ke makam ini cukup menempuh jrak 30 menit saja dari lamongan, jika berangkat dari surabaya. Pemerintah setempat ingin merenovasi bagian yang sudah rapuh. Museun sunan drajat  juga di bangun atass dukungan dari masyarakat setempat dan gubernur jawa timur pada waktu itu adalah basofi sudirman.

4. Waduk Gondang

Waduk Gondang
Waduk Gondang

Waduk ini menjadi kebanggaan warga lamongan. Tempat ini menjadi andalan untuk piknik atau sekedar untuk menghabiskan waktu. Lokasinya kurang lebih 19 km dari arah barat lamongan. Jika dari kota lamongan bisa di tempuh memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Waduk yang besar dan pemandangannya yang sangat indah sudah di resmikan pada zaman orde baru. Luasny waduk ini mencapai 6,60 hektar dengan kedalaman airnya kurang lebih 29 meter, sangat dalam dan cukup buat kepentingan masyarakat. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung kesini karena pemandangannya yang sangat indah dan juga dekat dengan situs-situs yang bersejarah.

5. Monumen Van Der Wijck

Monumen Van Der Wijck
Monumen Van Der Wijck

Jika anda pernah mendengar kapal van der wijck, pasti anda juga kenal dengan karya dari ulama Buya Hamka, di dalam karyanya tenggelam kapal van der wijck. Lalu buya menulis cerita terinspirasi dari kisah tenggelamnya kapal pada tanggal 28 oktober 1936. Kapal ini bisa di bilang sebagai Titanic nya indonesia. Kisahnya di tulis oleh buya dengan sangat ciamik, kemudian di bikinlah monumen kapal van der wijck untuk mengenang peristiwa itu.

6. Makam Sunan Sendang Duwur

Makan Sunan Sendang Duwur
Makam Sunan Sendang Duwur

Selain dari makam sunan drajat, di lamongan juga ada makam ulama’, termasuk juga raden noer rahmad yng sering di sebut sunan sendang duwur. Sunan ini di kenal masyarakat pernah memindahi masjid dalam jangka waktu semalam. Di pindah dari mantingan sampai ke bukit amitunon yang di kenal sebagai masjid sendang duwur. Arsitektur masjidnya sangat unik dengan perpaduan islam dan hindu.

7. Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu
Makam Dewi Sekardadu

Wisata Makam Dewi Sekardadu di Lamongan ini adalah salah satu tempat wisata ziarah yang berada di  kabupaten lamongan, provinsi jawa timur. Wisata Ziarah Makam Dewi Sekardadu Lamongan ini adalah Tempat wisata yang ramai sekali di kunjungi wisatawan pada hari-hari biasa maupun pada weekand ataupun hari libur.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan suasana yang sangat menghibur kejenuhan dari aktivitas yang kita lakukan sehari hari. Harga tiket masuk ke Wisata Ziarah Makam Dewi Sekardadu Lamongan ini terbilang sangat murah, tapi jangan salah untuk menilai pesona dari keindahan yang di hidangkan oleh Wisata Ziarah Makam Dewi Sekardadu Lamongan ini, bukanlah hal yang murahan. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota lamongan tapi tidak menggunjungi wisata ziarah yang mempunyai pesona keindahan yang tidak ada duanya.

Wisata Ziarah Makam Dewi Sekardadu Lamongan ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi pada saat liburan panjang seperti libur nasional ataupun Hari libur Lebaran. Keindahan dari Wisata Ziarah Makam Dewi Sekardadu Lamongan ini sangatlah cocok bagi anda yang berada di didekat ataupun yang berada di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat Wisata Ziarah Makam Dewi Sekardadu di kota lamongan ini.

Makam ini dekat dengan waduk gondang yang terdapat salah satu tokoh sejarah lamongan yaitu makam dewi sekardadu.

8. Pantai Brondong

Pantai Brondong
Pantai Brondong

Gimana perasaan anda jiga anda mendengar kata brondong. Mungkin anda pikir adalah seorang laki-laki muda yang ganteng, keren dan jomblo. Tapi brondong disini bukan seperti itu tapi sebuah pantai yang ada di lamongan. Di sini anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah, dan tempat ini termasuk tempat pelelangan ikan para nelayan. Jika ingin mencari ikan yang segar, anda bisa membelinya jika berkunjung kesini. Berbagai macam jenis hasil laut yang di jual merupakan yang terbaik kualitasnya. Ikannya segar dan juga harganya murah.

9. Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun Kota Lamongan
Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun di zaman dulu biasanya di gunaka oleh para raja mengadakan acara bersama rrakyatnya, kalau sekarang di gunakan untuk acara rakyat. Tempatnya juga di solek sedemikian rupa sehingga terasa betah. Alun-alun lamongan di renofasi tahun 2011. anyak dari masyarakat yang meluangkan waktunya di akhir pekan untuk berkunjung ke alun-alun ini bersama dengan keluarga. Tidak sedikit dari komunitas yang mengadakan acara di sini. Tempatnya yang sangat indah dan juga di kelilingi dengan tumbuhan yang rindang. Jika anda berkunjung kesini tapi tidak membawa bekal, anda jangan khawatir karena disini banyak sekali orang yang berjualan jajanan yang bisa membantu pengunjung.

10. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas

Di lamongan juga ada pemandian air panas brumbun, suasananya sangat nyaman, dan bisa di kujungi siapa saja yang ingin merasakan air ini. Tempatnya memang jauh dari keramaian kota lamongan, yang membuat tempat ini kuno. Zaman duu tempat ini di pakai oleh sunan drajat sebagai tempat bertapanya dan juga menyebarkan agama islam.

Di kabupaten Lamongan ini tidak hanya menawarkan objek wisata laut, tapi di Kota Soto ini juga memiliki potensi wisata alam yang menawarkan petualangan yang sangat berbeda.

Wisata tersebut merupakan pemandian air panas Brumbung. Memang namanya ini tidak setenar dengan Goa Maharani ataupun Wisata Bahari Lamongan. Tapi nuansa alami karena lokasinya yang berada di tengah hutan dan sejarah panjangnya layak menjadi destinasi wisata di Lamongan.

11. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat
Museum Sunan Drajat

Museum ini dekat dengan makam sunan drajat yang memberikan informasi bagi anda yang ingin mengetahui perkembangan islam pada zaman dulu. Sangat banyak peninggalan beliau seperti kitab dan banyak yang lainnya juga.

12. Stadion Surajaya Lamongan

Stadion Surajaya Lamongan
Stadion Surajaya Lamongan

Lapangan ini sudah sangat dekat dengan pecinta sepak bola tanah air, tempat inni sebagai markasnya laskar jaya tingki. Stadion ini terus berbenah, dibawa oleh PT. Persela Jaya. Stadion ini menjelma menjadi yang terbaik di inndonesia pada saat ini, dan juga di legkapi denga pemancar berteknologi tinggi, rumput yang berkualitas dunia, dan pengelola yang baik.

Incoming search terms:

  • surajaya jaman dulu
Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply