Mengatasi Insomnia bagi Ibu Hamil
Mengatasi Insomnia bagi Ibu Hamil

Tips Ampuh Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Posted on
Mengatasi Ibu Hamil yang Insomnia
Mengatasi Ibu Hamil yang Insomnia

Susah tidur sangat sering terjadi saat masa kehamilan. Ini dikarenakan perubahan hormon yang besar dalam tubuh dapat mengganggu siklus tidur, lebih sering terkena stres, dan dapat membuat semua ketidaknyamanan normal sebab masa kehamilan. Mencari tahu sebab susah tidur merupakan hal yang sangat penting, agar bisa membantu anda menghilangkan susah tidur saat masa kehamilan anda. Apa saja penyebab anda susah tidur?, tidak merasa bahagia?, tidak merasa lelah?, atau anda tidak merasa nyaman? Setiap penyakit pasti ada obatnya, anda hanya perlu mencari tahu masalah yang ada dalam diri anda sendiri. Inilah beberapa tips untuk ibu hamil agar bisa menghilangkan susah tidur yang sedang dialami :

1. Perhatikan Posisi Anda Saat Tidur

Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil
Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Posisi tidur pada saat masa kehamilan sangatlah penting. Posisi kehamilan terbaik yang sudah dianjurkan yaitu tidur miring dengan menekuk lututnya. Anda harus menyesuaikan posisi sampai benar – benar terasa nyaman. Untuk sementara waktu, ketika ibu yang sedang hamil tua mengalami rasa panas di bagian dada, anda bisa tidur dengan posisi setengah duduk dan punggung bersandar di tumpukan bantal.

2. Mandi Menggunakan Air Hangat

Mengatasi Insomnia Ibu Hamil
Mengatasi Insomnia Ibu Hamil

Anda harus membasuh tubuh menggunakan air hangat, tapi jangan terlalu panas, menggunakan sabun berbau harum dan rasa segar dapat membantu anda agar cepat untuk tidur.

3. Berhentilah Minum Ketika Lebih dari Jam 5 Sore

Mengatasi Insomnia pada Ibu saat Hamil
Mengatasi Insomnia pada Ibu saat Hamil

Anda harus berhenti minum setelah jam 5 sore. Anda harus meminta saran, berapa seharusnya jumlah asupan cairan tubuh anda sehari sebelum waktu sore hari, jadi anda tidak harus bolak – balik bangun saat malam hari hanya karena anda ingin pergi ke kamar mandi.

4. Manfaatkanlah Bantal Tambahan

Menghilangkan Insomnia pada Ibu Hamil
Menghilangkan Insomnia pada Ibu Hamil

Bantal ini sangat berguna sekali untuk ibu hamil, karena bantal bisa memberikan rasa nyaman ketika sedang tidur bagi ibu yang sedang hamil tua. Bukan hanya untuk menyangga tubuh pada saat posisi sedang bersandar, ibu yang sedang hamil tua juga bisa menggunakan bantal untuk menahan bagian perut tau ditempatkan di antara kaki ketika sedang berbaring satu sisi. Sekarang ini banyak sekali jenis bantal yang khusus untuk ibu hamil, dan sudah banyak tersedia di pasaran.

5. Aturlah Suhu Menjadi Lebih Dingin

Mengatasi Insomnia ketika sedang Hamil
Mengatasi Insomnia ketika sedang Hamil

Anda harus mengatur suhu menjadi lebih dingin. Mungkin saja anda tidak bisa tidur karena tubuh anda merasa panas setiap malam hari. Hidupkanlah AC anda dengan pengaturan suhu yang sedikit lebih dingin daripada biasanya sebelum anda tidur, sehingga anda tidak akan bangun – bangun karena tubuh anda merasa kepanasan.

6. Hindari Makan Terlalu Banyak Ketika Mau Tidur

Mengatasi Insomnia Ibu yang Hamil
Mengatasi Insomnia Ibu yang Hamil

Ketika anda sedang hamil, pasti anda akan merasa ingin makan sesuau ketika malam hari, tapi, anda harus berhati – hati, karena kalau keinginan anda itu muncul ketika malam hari, hal ini bisa mempengaruhi tidur malam anda.

Anda harus bisa menghindari makan banyak atau terlalu kekenyangan ketika mau menjelang tidur. Anda bisa menggantinya dengan segelas susu hangat atau makanan ringan lainnya. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit di ulu hati atau bagian perut anda, karena ini juga bisa mempengaruhi ketika anda sedang tidur malam.

7. Dengarkanlah Musik

Mengatasi Insomnia Ibu Ketika Hamil
Mengatasi Insomnia Ibu Ketika Hamil

Cobalah untuk mendengarkan musik, karena musik bisa memberikan ketenangan dan rasa rilek pda tubuh anda. Anda harus memilih musik yang bisa membuat diri anda tenang. Dengan rasa tenang dan rileks dapat memudahkan anda agar anda cepat tidur dan merasa lebih nyaman.

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply