Tips Agar Anak Betah di Rumah

Posted on

Bagaimana caranya agar anak bisa betah di rumah? Ketika anak mulai mulai sekolah pertamanya yaitu paud atau playgroup atau TK. Ketika anak sudah mulai sekolah ia sudah mulai berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Komunikasi dan interasksi sangat penting bagi anak untuk perkembangan dan pertumbuhan, namun keseimbanagan interaksi juga harus di control agar anak tidak terlalu sering main atau ke luar rumah. Interaksi mengjajarkan anak untuk belajar nilai kehidupan yang secara langsung, belajar untuk mempelajari orang lain, dan belajar mengenai sebuah aturan dan lain sebagainya.

Anak sangat suka dengan hal-hal dan sensai yang baru. Saat itu lah pada akhirnya anak tidak betah di rumah dan akan sering main ke luar rumah. Tanggup jawab adalah memberi pemahaman bahwa hidup itu memerlukan etika, norma dan sebuah aturan. Hal yang terpenting lainnya adalah menciptakan suasana rumah yang harmonis dan hangat antara orangtua dan anak, sehingga anak akan betah tinggal di rumah.

anak-kecil
Buatlah Mereka Nyaman di Dalam Rumah

Berikut ini adalah cara agar anak bisa betah di rumah.

Ciptakanlah suasana rumah yang bersih dan nyaman

Slogan “Rumahku adalah Surgaku” kalimat itu sangat berperan dalam membuat anak betah di rumah. Ciptakanlah rumah yang baik, rapid an bersih. Dengan suasana yang seperti itu secara tidak langsung anak merasa nyaman ketika berada di dalam rumah.

Ajarkan anak agar disiplin

Ajarkan anak unuk mengerti waktu mandi, makan, tidur dan yang terpenting yaitu waktu sholat. Agar ketika sudah dewasa akan menjadi kebiasaan yang baik. Jika sejak kecil anak tidak memiliki jadwal waktu, maka ia akan menggunakan waktu dengan sembarangan. Jadilah orang tua yang aktif, agar ia terbiasa dan menggerti dengan tanggung jawabnya.

Buatlah kegiatan yang menarik untuk anak

Coba kenali bakat yang dimiliki anak, jika sudah mengerti dengan hobi anak maka hobi itu bisa dilakukan sebagai kegiatan anak di rumah. Orangtua juga harus jeli dalam melihat dan juga mengarahkan bakat atau minat yang dimiliki anak. Kegiatan yang terarah akan bermanafaat untuk anak dan minatnya akan tersalurkan dengan tepat.

Berikan fasilitas yang sewajarnya

Pada masa tumbuh dan berkembang anak membutuhkan permainan dan hiburan. sebagai orangtua harus seoptimal mungkin bisa memberikan permainan dan hiburan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Belikan ia mainan yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhannya, sehingga anak bisa menggunakannya dengan optimal. Yang terpenting adalah berilah anak kamar pribadi agar ia bisa menghabiskan waktu atau berekpresi.

Ciptakan komunikasi dan keharmonisan

Anak bisa nyaman, jika kehidupan keluarga harmonis dan selalu memperhatikan. Ketika anak sudah mulai nyaman, maka ia akan merasa betah di rumah dan menghargai orangtua. Ciptakanlah komunikasi yang baik dengan anak. Lakukan pendekatan dengan anak, ajaklah ia berbicara. Jadilah teman yang baik, teman untuk berbagi cerita bagi anak. Jangan sampai menjadi orangtua yang otoriter dan dictator.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply