daun sirih
daun sirih

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Daun sirih memang memiliki manfaat yang berguna bagi kehidupan kita, daun sirih mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat, daun sirih ini mudah sekali untuk ditemukan di lingkungan sekitar kita dan daun sirih ini sangat mudah sekali untuk ditanam. Daun sirih ini memiliki manfaat sebagai obat maupun sebagai kecantikan yang bisa membuat anda dan keluarga anda menjadi lebih sehat.

Daun sirih bisa dikatan sebagai obat karena daun sirih mengandung minyak astiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, juga minyak terbang atau betlephenol. Disini saya akan menjelaskan tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan bagi kehidupan:

  1. Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan:
daun sirih
daun sirih

Daun sirih mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan cara menggunakannya yaitu:

  •  Mengobati Penyakit Asma

Daun sirih ini bisa mengobati penyakit asma, cara menggunakannya dengan cara siapkan 4-5 daun sirih, kemudian rebus daun sirih tersebut dengan 2 gelas air sampai tersisa satu saja, untuk dijadikan sebagai obat, jika sudah menjadi satu gelas anda cukup meminumnya secara rutin 2-3 gelas sehari.

  • Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Cara menggunakannya dengan cara rebus daun sirih 4-5 daun sirih dengan 2 gelas air tunggu hingga airnya sisa sedikit, kemudian munum secara rutin rebusan air daun sirih kira-kira 2-3 gelas sehari.

  • Mengobati Batuk

Daun sirih juga bisa mengobati batuk dengan cara seperti berikut, rebuslah daun sirih 5 daun sirih saja dalam 300 ml air, kemudian minumlah air rebusannya minimal 2 kali sehari agar cepat sembuh.

  • Mengobati Luka Bakar Ringan

Daun sirih juga bisa mengobati luka abakar juga lho, dengan cara tumbuk daun sirih 3-5 lembar dengan campurkan madu 2 sendok teh saja, kemudian jika sudah lembut oleskan pada bagian yang terkena luka oleskan 2 kali sehari agar cepat mengering lukanya.

  •  menyembuhkan Iritasi dan Sakit Mata

Daun sirih memang juga bisa menyembuhkan iritasi dan juga bisa menyembuhkan penyakit mata, cukup sederhana caranya daun sirih cukup 1-2 lembar saja dalam 1 gelas air, kemudian tunggu rebusan daun sirih sampai dingin kemudian gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk mengompres atau untuk obat tetes.

2. Manfaat Untuk Kecantikan

manfaat daun sirih untuk kecantikan
manfaat daun sirih untuk kecantikan

Jika daun sirih biasanya digunakan sebagai obat untuk kesehatan, tapi tidak hanya untuk itu daun sirih juga bisa digunakan sebagai kecantkan lho, berikut ini cara sebagai kecantikan:

  •  Menghaluskan Kulit Muka

Anda ingin kulit anda halus cukup dengan cara haluskan 3-5 lembar daun sirih yang telah dicampur dengan air panas dan gunakan sebagai masker saat masih hangat, lakukan seperti itu minimal 1 minggu sekali. Agar hasilnya lebih halus.

  • Menghilangkan Jerawat

Ingin menghilangkan jerawat gunakan daun sirih sebagai penghilang jerawat caranya daun sirih 10 lembar kemudian rebus daun sirih hingga berwarna coklat dan kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres wajah lakukan hal ini setiap hari agar cepat hilang.\

  •  Mencegah Munculnya Jerawat

Jika anda tidak ingin jerawat muncul dengan tiba-tiba anda bisa mencegahnya dengan menggunakan daun sirih dengan cara siapkan 10 lembar daun sirih, setelah itu rebus daun sirih dengan menggunakan 200 ml air, kemudian setelah dingin lalu saringlah rebusan daun sirih dan cara menggunakannya cukup digunakan sebagai cuci muka.

Demikian itulah manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan, jika anda bigung untuk mencari obat secara alami anda cukup menggunakan daun sirih ini sebagai obat alami. Dan tanamlah daun sirih disekitar rumah anda, gunakan daun ini sebagai obat.

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply