Budidaya Ikan Koi
Budidaya Ikan Koi

Cara Praktis Budidaya Ikan Koi

Posted on
Budidaya Ikan Koi
Budidaya Ikan Koi

Budidaya ikan koi adalah hal yang sangat menyenangkan bagi para petani ikan, ikan koi tersmasuk jenis ikan hias yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dan dengan harga yang tinggi tersebut manarik perhatian banyak petani ikan untuk membudidayakan ikan koi. Banyak dari petani yang telah membudidayakan ikan koi mendapakan hasil yang cukup memuaskan dikarnakan budidaya ikan koi sangatlah mudah. Untuk lebih memahami lagi cara budidaya ikan koi disini kami ankan membahas beberapahal yang harus dilakukan untuk dalam budidaya ikan koi.

1.Meilih Indukan yang Sehat

Induk Ikan Koi
Induk Ikan Koi

Untuk memilih indukan ikan koi anda harus benar benar memerhatikan jenis kelaminnya, carilah jenis kelaminnya yang sudah benar matang, maksudnya yang benar benar matang adalah kalau jantan berarti sudah bisa menghasilkan sperma, kalau betina sudah dapat menghasilkan telur yang matang.

2.Perhatikan Fisik Ikan

Ikan Koi
Ikan Koi

Fisik yang dimiliki oleh induk ikan harus bagus, Maksudnya sirip dan sisiknya harus lengkap tidak ada yang boleh cacat, dan gerakannyapun harus seimbang dan gesit. Agar anda tidak terlalu bingung anda bisa memilih ikan yang sudah berumuran sekitar dua sampai tiga tahun. Adapun cirri cirri dari indukan betina itu memiliki perut yang lebih besar dari pada ikan jantan, dan ukuran badannya pun juga lebih besar dari pada indukan jantan, adapun indukan yang jantan memiliki perut yang lebih ramping dan siripnya berwarna bintik bintik putih.

3.Pemisahan Indukan

Pemisahan Ikan Koi
Pemisahan Ikan Koi

Untuk membudidayakan ikan koi indukannya harus disendirikan dari ikan ikan yang lainnya umumnya indukan ikan koi hanya dipasangkan dengan dua sampai tiga indukan yang jantan. Untuk bisa menghasilkan bibit ikan yang bagus, sebaiknya anda memilih indukan yang biasa saja tapi tetap memiliki warna yang mencolok, setelah indukan menghasilkan bibi ikan koi, pilihlah anakan ikan koi yang bagus.

Jenis Ikan Koi

Adapun ikan koi itu memiliki banyak jenis, dan beberapa jenis koi telah kita rangkum dibawah ini.

1.Gosanke

Ikan Koi Jenis Gonsake
Ikan Koi Jenis Gonsake

Jenis ikan koi Gonsake adalah memiliki warna hitam, merah, dan putih, adapun ikan koi yangtermasuk Gonsake adalah Kohaku, Sanke, dan Showa.

  • Ikan koi berkategorikan Kohaku memiliki cirri khas pada warnanya, warna ikan pada kategori ini merah dan putih, meskipun ikan ini memiliki banyak pola namun kohaku yang baik memiliki cirri pada warnanya yang tidak lebih turun melewati, mata ikan memiliki kombinasi yang seimbang.
  • Ikan koi bekategorikan Sanke memiliki pola yang hampir mirip dengan Kohaku, Adapun ciri dari ikan koi Sanke garis hitam yang terdapat pada sepanjang punggung ikan, adapun ikan koi ini hasil dari persilangan dari ikan jenis Kohaku dengan shiro Bekho.
  • Dan adapun jenis kategori yang terakhir adalah Showa, Showa memiliki warna hitam, merah, putih, dan ini adalah hasil persilangan dari jenis Kohaku dengan Shiro Utsuri.

2.Bekho

Ikan Koi Jenis Bekho
Ikan Koi Jenis Bekho
Pemisahan Ikan Koi
Pemisahan Ikan Koi

Ada beberapa macam jenis ikan yang termasuk Bekho yaitu ikan koi Shiro Bekho, Ki Bekho, dan Aka Bekho, Shiro Bekho merupakan jenis ikan yang memiliki warna putih dan bintik hitaam yang kecil, tapi warna hitamnya berwarna hitam tajam. Ki Bekho memiliki warna kuning dan hitam, dan warna kuning dan hitamnya berwarna tajam dan seimbang, dan warna inipun lebih jarang dari pada Shiro Bekho. Sedangkan Aka Bekho Mempunyai warna yang sangat menarik yaitu merah dan hitam, warna merah lebih banyak dari pada warna hitamnya tapi warna hitamnya membentuk spot sehingga menarik perhatian ketika dilihat.

3.Utsurinomo

Ikan Koi Jenis Utsurinomo
Ikan Koi Jenis Utsurinomo

Ikan koi yang termasuk Jenis Utsurunimo adalah Shiro Utsuri, Ki Utsuri, Hi Utsuri. Shiro utsuri mempunyai warna yang enak untuk dilihat warnanya adalah putih dan hitam, tapi warna putihnya lebih mendominasi dan bagian kepalanya berwarna putih, dan hitam. Warna yang harus dimiliki dari ikan jenis ini harus dua yaitu hitam dan putih. Jenis Ikan Ki Utsiri memiliki warna yang hampir sama dengan Shiro Utsuri hanya saja Ki Utsuri mempunyai warna kuning dan hitam, dan yang terakhir adalah Hi Utsuri yang mempunyai warna merah dan hitam, dan adapun warna hitamnya lebih mendominasi dari pada warna merahnya jadi lebih terlihat seperti unik.

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply