Trik hemat listrik
Trik hemat listrik

Nih Trik Cerdik Menghemat Listrik

Posted on

Rencana untuk penghapusan subsidi bagi pelanggan PT PLN. Kalau selama ini pencabutan subsidi hanya berlaku bagi para pelanggan yang golongan 1.300 VA ke atas, sekarang di perluas sampai ke golongan 900 VA. Sudah di rencanakan bahwa kenaikan tarif  listrik bagi golongan ke 900 VA dilakukan dengan cara bertahap selama 3 kali, mulai dari januari, maret dan mei tahun 2017.

trik menghemat listrik
trik menghemat listrik

Masing-masing memiliki kenaikan sebesar 32 persen. Pada bulan januari 2017, tarif listrik untuk golongan ini akan naik pada posisi saat ini Rp 585 /kwh menjadi Rp 774 /kwh /januari. Lalu tarif meningkat lagi menjadi Rp 1.023 /kwh pada bulan maret dan Rp 1.352 /kwh pada bulan mei. Ataupun mengalami kenaikan kurang lebih 131 persen pada bulan mei pada saat ini.

Nih Trik Hemat Dalam Menggunakan Listrik

Trik hemat listrik
Trik hemat listrik

1. Menggunakan Lampu LED

Mengganti lampu di rumah dengan lampu LED bisa menghemat tagihan listrik anda. Selain untuk lebih hemat, lampu LED ini juga lebih terang dan juga lebih tahan lama. Lampu ini sangat hemat karena watt nya yang di gunakan lebih rendah sampai 80 persen dari lampu yang biasa. Tapi cahaya yang di hasilkan dari lampu LED ini sangat terang, setara dengan lampu yang watt nya lebih besar. Jika anda memakai lampu biasa yang 60 watt, tapi lampu LED ini hanya memakai 5 sampai 8 watt.

2. Hemat Listrik Pada Saat Malam Hari

Ubah kebiasaan anda dengan penggunaan listrik yang berlebihan paada malam hari. Apabila sebelumnya semua lampu yang ada di rumah anda di hidupkan pada saat anda dan keluarga anda sudah terlelap tidur. Sekarang cobalah sebelum tidur mematikan dulu sebagian lampu yang tidak di perlukan. Contohnya seperti di ruang tamu, kamar mandi ataupun di tempat lainnya. Ataupun jika di garasi anda ada dua lampu, anda bisa mematikan dari salah satu lampu tersebut. Jadi anda cukup menggunakan sati lampu saja. Dengan cara ini bisa menghemat tagihan listrik bulanan. Dan juga bisa membantu menjaga supaya lampu bisa bertahan lebih lama.

3. Ganti Prabayar

Banyak yang beralasan kenapa kita perlu beralih pada sistem prabayar. Salah satunya adalah, sistem prabayar supaya mempermudah untuk mengontrol pemakaian listrik. Selain dari itu, anda juga tidak di kenakan biaya abodemen di setiap bulannya. Biaya ini masih di kenakan bagi penggunan lisrik yang masih menggunakan sistem paska bayar. Pada umumnya biaya abodemen untuk tagihan listrik paska bayar kurang lebih Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu per bulannya, itu tergantung dari golongan tarif. Jika anda ingin mengganti ke sistem prabayar menggunkan sister pulsa listrik, anda bisa menghemat biaya abodemen anda.

4. Hemat Memakai AC

Mesin ini mengambil listrik lebih banyak dari peralatan elektronik lainnya. Ketika anda sering menggunakan AC di kamar ataupun di ruang tamu, gunakan AC ini dengan posisi di atas 25 derajat celcius. Dan juga gunakanlah tirai supaya mengurangi cahaya matahari agar mesin AC tidak bekerja terlalu keras.

5. Melakukan Penghematan dari Hal Kecil

Menghemat untuk mengkonsumsi listrik harus di lakukan setiap saat. Misalkan, jika anda bepergian keluar rumah dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya anda memastikan untuk mematikan semua lampu di rumah anda jika tidak diperlukan.

Penghematan yang lainnya adalah mencabut steker dari colokan jika tidak digunakan lagi. Dan juga selalu menghidupkan steker ini sudah menjadi kebiasaan yang buruk dari banyak orang.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply