Manusia-purba
Manusia-purba

3 Jenis Manusia Purba yang Ditemukan Di Indonesia

Posted on
Manusia-purba
Manusia-purba

Mempelajari tentang manusia purba memang menarik, manusia purba adalah manusia yang hidup di zaman purbakala atu biasa di sebut zaman batu, akn lebih menyenangkan jika kita mempelajari manusia purba terlebih jika purbakala ini terkait dengan negeri kita ini, kali ini saya akan membahas tentang jenis manusia purba yang pernah di temukan di Indonesia. Jika anda masih ingat di sekolah umum juga mempelajari tentang purbakala. Masih sama seperti manusia sekarang manusia purba juga mempunyai jenis yang berbeda-beda, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia itu memiliki keunikan masing-masing.

Kita bisa mengetahui keberadaan manusia purba dengan melihat temuan-temuan fosil, dan di Indonesia pun ada beberapa temuan fosil manusia purba.

Pengertian Manusia Purba

Manusia purba juga di sebut manusia prasejarah atau dalam bahasa ilmiahnya Prehistoric People, jenis manusia yang hidup jauh sebelum mengenal tulisan, para pakar sejarah mengemukakan bahwa manusia purba hidup mendiami bumi 4 juta tahun yang lalu. Karena sudah habis di makan waktu manusia purba sekarang ini sudah menjadi fosil atau batu sehingga manusia purba di sebut sebagai manusia fosil. Manusia yang hidup pada zaman Pleistosen dengan ciri-ciri yang sangat sederhana baik dari fisik, kecerdasan maupun tingkat peradabannya.

Sejarah Manusia Purba

Manusia Purba di zaman dahulu sangat sederhana belum mengenal tulisan, dan hidupnya sangat bergantung dengan alam, sebagian dari ilmuwan dunia menganut kepercayaan teori ras kera atau di kenal dengan teori Australopithecus yang telah punah sebagai nenek moyang manusia atau dengan kata lain asal manusia itu dari sejenis kera.

Sebenarnya sangat banyak perbedaan antara manusia dan juga kera, perbedaan ini tidak bisa di jelaskan oleh mereka yang mata rantainya hilang dan di kenal dengan sebutan Missing Link.

Jenis Manusia Purba yang Ditemukan Di Indonesia

Di Indonesia pernah di temukan beberapa fosil manusia purba, dengan di temukannya fosil manusia purba berarti Negara kita ini juga pernah di tempati oleh manusia purba. Namun tidak banyak fosil manusia purba yang di temukan di Indonesia. Hanya ada 3 jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia, berikut ini adalah 3 jenis manusia purba yang di temukan di Indoesia.

1.Meganthropus, Manusia Besar

Fosil Meganthropus Paleojavanicus
Fosil Meganthropus Paleojavanicus

Manusia Purba Meganthropus ini di temukan oleh Van Koenigswald pada tahun 1936 di daerah Sangiran, hasil penemuan ini sering di sebut Meganthropus Paleojavanicus yang artinya manusia raksasa dari jawa, manusia jenis ini memiliki rahang kuat dengan badan yang tegap. Mereka hidup dengan mengumpulkan makanan terutama tumbuh-tumbuhan, Meganthropus diperkirakan hidup 1 atau 2 juta tahun yang lalu sejak penelitian.

2.Phitecanthropus, Manusia Kera Berjalan Tegak

Phitecanthropus, Manusia Kera Berjalan Tegak
Phitecanthropus, Manusia Kera Berjalan Tegak

Manusia Purba jenis Phitecanthropus ini merupakan jenis yang di temukan paling banyak di Indonesia, hasil penemuan yang di Indonesia antara lain Pithecantrhopus Erectus, Pithecanthropus Mojokertensis yang di temukan di Jetis dekat Mojokerto Jawa Timur dan penemunya adalah Von Koenigswald  dan Pithecanthropus Soloensis yang di temukan di ngandong lembah Bengawan Solo oleh Van Koenigswald. Pithecanthropus Erectus artinya manusia kera yang berjalan tegak, yang menemukan jenis ini adalah Eugene Dubois pada tahun 1891.

3.Homo

Manusia purba yang satu ini adalah manusia purba yang umurnya paling muda, manusia purba jenis Homo ini ada 3 macam yaitu Homo Soloensis yang di temukan oleh Von Koenigswald dan Weidenrich antara tahun 1931 sampai 1934, Homo Wajakensis yang di temukan oleh Eugene Dubois tahun 1889 di Wajak Jawa Timur, fosil yang di temukan rahang bawah, tulang tengkorak dan beberapa ruas tulang leher dan yang terakhir Homo Florensis ditemukan saat penggalian di Liang Bua, Floser oleh tim arkeologi gabungan dari Puslitbang Arkeologi Nasional, ditemukan kerangka manusia yang belum membatu, Homo Sapiens di duga menjadi nenek moyang bangsa Indonesia yang berasal dari yunan-daratan Cina Selatan yang menyebar di kepulauan Indonesia tahun 1500 SM.

Nah, itu dia beberapa ulasan tentang penemuan-penemuan fosil manusia purba yang ada di Indonesia, ayo pelajari tentang sejarah manusia purba, semoga bermanfaat.

 

 

 

Incoming search terms:

  • fosil meganthropus di indonesia
Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply