Cara Sukses Budidaya Ikan Nila Monosex Untuk Pemula
Cara Sukses Budidaya Ikan Nila Monosex Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila Monosex Cepat Panen

Posted on

Ikan nila adalah ikan yang memiliki rasa dan daging yang nikmat ketika di olah menjadi menu makanan. Ikan yang dapat menjadi ikan konsumsi setelah dipelihara dan dibudidayakan selama kurang lebih 4-5 bulan. Dan ikan yang mampu melahirkan biasanya ikan yanng sudah berusia 1,5 sampai 2 tahun, dan kira-kira berat dari ikan telah mencapai 800 gram dan mampu mengeluarkan larva hingga 1200 sampai 1500 dalam sekali pemijahan. Dan dalam setahun ikan dapat melakukan pemijahan 6-7 kali.

Dan setelah pemijahan biasanya ikan jantan akan menjaga telur-telurnya yang berada di bawah air di tempat sarang yang sebelumnya telah mereka buat.

Budidaya Ikan Nila Monosex

Cara Budidaya Ikan Nila Monosex Cepat Panen
Cara Budidaya Ikan Nila Monosex Cepat Panen

Teknik Budidaya Ikan Nila Monosex

Pemilihan Jenis Kelamin Ikan Nila

Dalam menerapkan budidaya ikan nila monosex ini cukup mudah. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memisahkan benih ikan berdasarkan jenis kelaminnya. Atau sekarang dengan perkembangan teknologi yang telah ada cara untuk menghasilkan ikan yang berkelamin jantan atau betina saja. Yaitu dengan penggunaan hormon atau rekayasa genetika. Namun cara ini cukup sulit untuk diterapkan langsung di lapangan oleh para pembudidaya ikan.

Dan biasanya para pembudidaya ikan lebih memilih cara tradisional yaitu dengan mengamati jenis kelamin ikan satu persatu. Untuk menentukan jenis kelamin ikan nila cukuplah mudah, yaitu dengan mengurut bagian perut ikan jantan ke arah anus. Karena biasanya ikan nilajantan akan mengeluarkan cairan bening. Jika kita amati dengan seksama, pada bagian perut ikan nila terdapat organ kelamin sekunder yang letaknya di belakang anus. Lubang ini berbentuk bulat. Setelah melakukan pemisahan ikan nila berdasarkan jenis kelaminnya.

Penebaran Ikan Nila Berdasarkan Jenis Kelaminnya

Budidaya Ikan Nila Monosex
Budidaya Ikan Nila Monosex

langkah selanjutnya adalah dengan memasukan ikan nila ke dalam kolam berdasarkan jenis kelaminnya. Ikan nila berkelamin jantan dimasukan ke dalam kolam ikan nil yang semuanya berkelamin jantan, dan begitu pula yang betina.

Ikan nila yang sudah dipilah berdasarkan jenis kelaminnya bisa kita sebar di kolam, keramba, taupun jaring apung yang tela disediakan.

Pemberian Pakan

Selama dalam masa pemeliharaan, pemberian pakan yang berkualitas tidak boleh diabaikan. Pakan yang ikan yang ideal untuk ikan nila ini adalah pakan buatan berupa pelet yang mengandung protein minimal 20%. Dan dapun dosis untuk memberikan pakan ini adalah 3-5% perhari. Dan kita juga bisa memberikan pak lain seperti keong, atau sayuran seperti sawi, ataupun yang lainnya.

Perawatan Kolam

Kebersihan dan kualitas air juga harus kita jaga, jangan sampai ikan banyak yang mati karena airnya yang tidak ada sirkulsi atau pregantian airnya. Sebaiknya buatlah sedikit lubang menggunakan paralon untuk membuang air dan buatlah saluran air bersih di sisi lain.

Itulah sedikit info mengenai cara budidaya ikan nila secara monosex yang dapat kalian coba praktekan unutk menjadi salah satu usaha di tempat kalian.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply