Ternak Burung Kenari
Ternak Burung Kenari

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula

Posted on

Ternak burung kenari merupakan aktifitas yang menyenangkan, selain kalian bisa menyalurkan hobi kalian dengan beternak itu kalian juga akan mendapatkan keuntungan dari penjualan anakannya  burung kenari.

Dalam beternak burung kenari akan mendapatkan banyak pengalaman, banyak peternak yang menjadikan budidaya burung kenari sebagai lahan bisnis karena penangkaran burung kenari ini memiliki prospek yang sangat bagus dan menjanjikan.

Burung Kenari
Burung Kenari

Kenari itu mempunyai nilai jual yang tinggi dan harga kenari dari waktu ke waktu cenderung tetap stabil, harganya mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah dan banyak sekali para pemula ingin sukses dari bisnis ternak kenari ini.

Mengapa ternak burung kenari? Karena burung kenari saat ini menjadi salah satu burung favorit para pecinta burung tanah air, burung kenari merupakan burung yang memakan biji-bijian dan postur yang di miliki burung kenari relati kecil.

Warna corak burung kenari yang indah dan kicauan burung kenari itu yang mengalun merdu membuat para pemiliknya senang memeliharanya, burung kenari ini merupakan burung lomba dan banyak sekali peminatnya.

Bagi para pemula saya sarankan untuk ternak burung kenari lokal atau burung kenari yang kecil dahulu jangan ternak burung kenari yang besar seperti yorkshire, F1, F2 dan F3, karena burung kenari yang kecil lebih mudah di ternak di banding yang besar.

Namun bila memungkinkan untuk beternak langsung yang besar ya tidak masalah saja, bagi kalian yang ingin ternak burung kenari saya akan memberitahukan bagaimana caranya.

Cara ternak burung kenari bagi para pemula :

  • Membedakan kelamin burung kenari.

Burung Kenari Jantan dan Betina
Burung Kenari Jantan dan Betina

Tentu saja bagi kalian para peternak pemula harus mengetahui mana kenari jantan mana yang betina, bagaimana kalau kalian ternak kenari sama-sama betina atau sama-sama jantan? Tidak bisa berkembang biak nantinya, memanglah sulit menentukan kelamin burung kenari namun nanti lama-kelamaan akan mudah dengan sendirinya.

Tips membedakan kelamin burung kenari dewasa :

Jantan

  1. Berbunyi ngerol dan nyaring.
  2. Tubuhnya cenderung lebih ramping panjang dan lehernya lebih panjang.
  3. Dubur atau kloaka menonjol, tegak lurus atau vertikal.

Betina

  1. Berbunyi tidak ngerol, ada juga yang ngerol tapi tidak nyaring dan putus-putus.
  2. Tubuh cenderung agak bulat dan lehernya pendek.
  3. Dubur atau kloaka tidak menonjol, akan tetapi datar.
  • Mengetahui kesiapan dan umurnya burung kenari.

Usia dan kesiapan burung kenari juga menjadi faktor penting untuk ternak burung kenari, burung kenari yang sudah siap di ternak itu sekitar 6 bulan bagi yang betina dan 8 bulan bagi yang jantn. Tetapi kalau untuk jenis burung yang posturnya lebih besar atau jenis yorkhire idealnya umur 10 bulan atau lebih.

  • Perhatikan sangkar burung kenari dan sarana penunjang lainnya.

Sangkar Burung Kenari
Sangkar Burung Kenari

Setelah kalian menyiapkan burung kenari untuk di ternak maka kalian juga harus menyiapkan sangkarnya, cara memilih burung kenari yaitu yang pertama kalian memilihlah sangkar box yang khusus untuk ternak atau alternatif lain dengan menggunakan sangkar yang tengahnya ada penyekatnya yang memudahkan untuk proses penjodohan.

Untuk sangkar kenari jantan, kalian supaya menggunakan sangkar gantung yang berukuran agak besar seperti sangkar kos-kosan dan kalian supaya meletakan di tempat yang aman, nyaman dan tenang.

Makanan burung kenari juga harus di perhatikan, agar ternak burung kenari berhasil berjalan lancar sesuai apa yang kita inginkan. Makanan burung kenari ialah biji-bijian seperti canary seed, sawi ijo, millet, sawi putih, biji sawi, buah apel dan mentimu dan jangan lupa dengan minumannya harus selalu ada di sangkarnya.

Sebagai tambahannya kalian bisa menambahkan telur rebus (telur puyuh atau telur ayam), bila perlu juga di tambahkan multivitamin untuk ternak burung kenari.

  • Proses penjodohan.

Dalam ternak kenari juga tidak lepas dari proses penjodohan, penjodohan kenari yaitu proses pengenalan kenari jantan dengan kenari betina atau juga sebaliknya.

Kenari jantan dan kenari betina di letakkan pada sangkar yang berbeda, kecuali sangkar yang ada penyekatnya cukup kenari jantan dan kenari betina di berikan penyekat.

  • Menyatukan burung kenari jantan dengan betina (proses pengawinan).

Menyatukan Burung Kenari Betina dan Jantan
Menyatukan Burung Kenari Betina dan Jantan

Bila sudah di pastikan berjodoh selanjutnya ialah menyatukan kenari jantan dengan kenari betina, sebelumnya sudah di lakukan perjodohan sehingga saat di satukan bisa mengurangi resiko bertengkar satu sama lain.

Caranya yaitu menangkap kenari jantan dari sangkar gantung dan masukkan ke dakam sangkar box (sangkar betina) jangan sampai kebalik ya.

  • Proses Pengeraman.

Sekarang anggap saja kalau kenari betina sudah bertelur,terus bagaimana dengan kenari jantan? Apakah di biarkan pergi atau bagaiman? Biarkan kenari jantan di dalam sangkar sang betina karena dengan itu kenari jantan senantiasa meloloh pada kenari betina sehingga kenari betina jarang keluar dari sangkar, ini sangat baik untuk proses pengeraman.

  • Proses menetas dan panen.

Setelah 14 hari telur kenari sudah mulai menetas, saat anak-anakan baru menetas pastikan biji-bijian dan air selalu ada di dalam sangkar dan tambahkan telur puyuh rebus bagi anakan kenari yang berumur 1 minggu.

Sebelum anakan kenari berumur 1 minggu sebaiknya jangan di berikan sayur-sayuran atau buah-buahan terlebih dahulu, berikan saja biji-bijian dan telur rebus dan ini gunanya untuk meminimalisir kematian pada anakan burung kenari.

Jika umur burung kenari sudah lebih dari 1 minggu berikan sayur-sayuran dan buah-buahan, bisa juga kalian tambahkan multivitamin pada burung kenari dan sekarang sudah banyak tersebar multivitamin untuk burung kenari di pasaran.

Idealnya burung kenari siap panen yaitu 25 hari, pada tahap ini anakan sudah bisa makan sendiri namun biasanya masih makan telur rebus. Jika sudah berumur 1 bulan burung kenari baru bisa makan biji-bijian, setelah panen anakan burung kenari supaya di pisahkan dari induknya.

Incoming search terms:

  • kenari jantan dan betina
Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply