Peluang Usaha untuk Mahasiswa
Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Peluang Usaha dan Bisnis Untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Posted on
Peluang Usaha Bagi Mahasiswa
Peluang Usaha Bagi Mahasiswa

Kampus adalah tempat untuk mahasiswa mencari ilmu. Tapi, untuk siswa yang bisa berpikir kreatif, kampus bukan hanya tempat untuk menimba ilmu saja, kampus juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar membuka bisnis sampingan. Banyak sekali peluang usaha sampingan yang bisa anda lakukan sebagai seorang mahasiswa. Entah bisnis yang membutuhkan modal besar atau modal yang kecil. Kalau anda bingung, anda bisa menerapkan ilmu yang sudah anda dapatkan saat kuliah dan anda bisa mengaplikasikannya ke dunia usaha anda.

Bahkan, anda dapat menggunakannya untuk merintis bisnis yang lebih serius lagi, sebagai awal dari bisnis yang akan anda tekuni ketika selesai kuliah nanti. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa kampus selain tempat untuk menimba ilmu, bisa juga menjadi titik awal mahasiswa untuk merintis bisnis dari nol. Bisnis mahasiswa bisa berupa bisnis online ataupun bisnis yang dijalankan secara nyata. Inilah beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan atau dicoba seorang mahasiswa :

1. Bisnis Hiburan Musik

Peluang Usaha yang Bisa di Coba Mahasiswa
Peluang Usaha yang Bisa di Coba Mahasiswa

Bisnis hiburan musik ini sangat cocok bagi mahasiswa yang hobinya nge-band. Di dalam bisnis ini mahasiswa dituntut untuk bisa menyanyi dan bisa menguasai salah satu alat musik, lalu menjadi penghibur di cafe yang menyediakan full musik untuk para pengunjungnya. Bisnis sampingan ini merupakan bisnis yang cukup lumayan bayarannya. Anda juga bisa mengumpulkan personil band sendiri untuk menjadi professional performer dari kafe ke kafe yang lain.

2. Bisnis Les Private

Bisnis Les Privat
Bisnis Les Privat

Bisnis sampingan yang satu ini merupakan bisnis yang tidak perlu membutuhkan modal. Dalam bisnis ini mahasiswa dituntut memiliki keterampilan dan keahlian yang khusus. Misalnya, kalau anda seorang mahasiswa jurusan bahasa inggris, berarti anda cocok untuk menjalankan bisnis kursus private bahasa inggris. Kursus bahasa inggris ini banyak orang tua yang mencari, karena ini merupakan pelajaran dari pendidikan dasar sampai nanti ujian nasional. Ini merupakan peluang usaha yang sebaiknya dicoba oleh mahasiswa.

3. Bisnis Jualan Barang Bekas

Bisnis Jualan Barang Bekas Peluang untuk Mahasiswa
Bisnis Jualan Barang Bekas Peluang untuk Mahasiswa

Bisnis ini adalah bisnis sampingan yang membutuhkan modal. Bisnis ini membutuhkan kecermatan membaca peluang, karena barng yang akan dijual adalah barang bekas yang terkadang disepelekan oleh sebagian orang, tapi, merupakan barang yang sangat berarti untuk orang yang benar – benar memerlukannya. Misalnya, anda membeli kipas angin di pasar bekas, lalu anda menjualnya kembali pada teman satu kampus anda yang sedang membutuhkan kipas angin untuk kamar kostnya. Semakin anda cerdas dalam membaca peluang, semakin kecil modal yang anda perlukan, namun anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

4. Bisnis Jasa Foto dan Video

Bisnis Jasa Foto dan Video Peluang Usaha Mahasiswa
Bisnis Jasa Foto dan Video Peluang Usaha Mahasiswa

Bisnis jasa foto dan video ini merupakan bisnis sampingan mahasiswa yang berkaitan dengan hobi. Bisnis ini biasanya dijalani mahasiswa jurusan topografi, sehingga mereka bisa berbisnis sambil mengaplikasikan materi yang mereka dapatkan saat di kampus. Walaupun hanya sebagai bisnis sampingan saat kuliah, tapi, bisnis ini sangat berpotensi besar kalau dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus. Sehingga bisa menjadi rintisan serius ketika sudah lulus kuliah nanti.

5. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis Jasa Penerjemah bagi Mahasiswa
Bisnis Jasa Penerjemah bagi Mahasiswa

Bisnis sampingan ini sangat cocok bagi mahasiswa jurusan bahasa, entah itu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, ataupun bahasa lainnya. Bisnis sampingan ini tidak memerlukan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing anda. Anda juga bisa menawarkan jasa ini kepada mahasiswa jurusan lain, misalnya jurusan IT atau lainnya.

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply