wedang-jahe

Kamu Suka Minum Wedang Jahe? Ini Dia Khasiatnya…

Posted on

Jahe di Indonesia merupakan tanaman yang mudah untuk ditemui, karna memang jahe ini termasuk dari jenis rempah-rempah. Namun pada kenyataannya di luar negri cukup sulit untuk di cari. Padahal jenis tanaman yang satu ini kaya akan manfaatnya.

wedang-jahe
Air Jahe Hangat

Air jahe hangat atau orang biasa menyebutnya wedang jahe, apakah kamu termasuk salah satu orang yang menyukai minuman ini? Jika iya maka bersyukurlah karna dibalik hangatnya rebusan air jehe ini terdapat banyak sekali manfaatnya. Rata-rata jahe ini untuk meredakan gejala flu, meredakan sakit/radang pada tenggorokan, meredakan rasa mual, ataupun untuk mengatasi masalah masuk angin. Tapi ternyata lebih benyak lagi manfaatnya yang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Mari kita ulas satu persatu tentang air jahe ini.

  1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah.

Di dalam jahe ini terdapat Gingerol yang bersifat antikoagulan yang dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, akibatnya pembuluh darah akan lebih cepat dan lancar mengalirnya. Hal ini dapat mencegah penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu juga dapat untuk menurunkan tekanan darah, yang sangat cocok bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi.

  1. Mengobati Sakit Gigi.

Jahe ini juga bisa sebagai anti bakteri dan anti jamur. Yaitu kamu hanya cukup untuk meminum air hangat rebusan jahe ini saja secara teratur, tetapi jangan melebihi takaran karena juga akan menimbulkan efek samping jika kamu meminumnya terlalu banyak. Atau kamu juga dapat gunakan untuk berkumur saja.

  1. Sebagai Program Diet.

Bagi kamu yang ingin melakukan program diet, dengan air jahe ini juga ampuh untuk diet sehatmu. Yang dikarenakan jahe ini dapat mengurangi nafsu makan dan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dan karena jahe ini hanya memiliki sedikit kandungan kalori sehingga tidak akn berpengaruh pada program diet kamu.

  1. Meningkatkan Sistem imun.

Jahe juga mempunyai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang berada di luar ruangan. membersihkan sistem limfa, mengeluarkan racun, dan membunuh bakteri. Sehingga sistem imun kita menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan penyakit, apalagi di waktu perubahan musim yang saat ini kerap terjadi.

  1. Mengatasi Gangguan Pada Pencernaan.

Pada saluran pencernaan di sini jahe juga berfungsi untuk membantu memecah protein dalam makanan yang dikonsumskamu makan, sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi pada organ pencernaan dan menghindarkan dari penyakit apa saja yang menyerang organ pencernaan kamu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari meminum air jahe yang hangat ini, namun tetap jangan melebihi aturan yang ada, yaitu dewasa maksimal 4gr/hari, anak-anak maksimal 2mg/hari, dan untuk anak dibawah usia 2 tahun tidak diperbolehkan dulu mengonsumsi jahe.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply