hutan mati papandayan
hutan mati papandayan

Pesona di Puncak Gunung Papandayan Cocok Untuk Pendaki Pemula

Posted on

Gunung papandayan ini merupakan gunung berapi spektakuler. Ada banyak pesona yang membuat gunung ini pantas untuk di daki. Gunung ini bertempat di garut dan juga mudah di jangkau. Apa sih pesona gunung papandayan ini sehingga pantas untuk di daki bagi para pemula. Ayo di simak pesona yang ada di gunung papandayan.

Yang pertama, Mendaki gunung merupakan kesenangan yang khusus dan juga minat yang khusus, mendaki gunung juga merupakan kemampuan diri bagi para pendaki pemula. Papandayan ini menawarkan pengalaman mendaki gunung. Papandayan bisa di jangkau dengan sedikit upaya tapi besar pesonanya. Bagi paraa pendaki pemula, bisa mendaki di papandayan.

Yang kedua, anda tidak pelu peralatan khusus yang berlebihan. Untuk mendaki gunung papandayan ini hanya membutuhkan alat yang standar. Dan juga tidak perlu tabung oksigen karena tinggi gunung papandayan ini hanya berkisar 2,665 mdpl. Keindahan dari gunung papandayan ini yaitu hamparan pemandangan kawah di sepanjang jalan menuju puncak papandayan. Kawah gunung papandayan ini tersebar dalam radius puluhan kilometer.

Yang ketiga, pesona gunung papandayan ini di sepanjang trek menuju puncak sangatlah indah dan menawan. Sepanjang perjalanan, saat keluar dari tempat parkir menuju kawah papandayan, dengan jarak kurang lebih 300 meter, para pendaki sudah di perlihatkan pemandangan jalan bebatuan beks kawah dari letusan gunung papandayan. Kawasan kawah yang di lintasi menuju puncak gunung papandayan ini merupakan kawah bekas letusan papandayan purba.

kawah gunung papandayan
kawah gunung papandayan

Besar letusan dan besarnya puncak kerucut gunung papandayan ini telah sirna. Yang tersisah hanyalah hamparan kawah gunung papandayan. Dan bebatuan ini adalah saksi kedahsyatan dari letusan gunung papandayan purba. Tebing yang ada di seluruh penjuru papandayan sepaanjang trek pendakian menunjukkan keindahan yang luar biasa.

Yang keempat, dapat di jangkau dengan waktu yang relatif singkat dan juga ada fasilitas di puncak gunung. Perjalanan menuju tempat untuk bertenda dapat di capai 4 sampai 5 jam. Di sana ada tempat untuk mandi dan juga ada toilet dengan air yang mengalir selama 24 jam. Disama juga ada musholla. Fasilitas air di papandayan sangat bersih dan juga MCK tersedia di papandayan. Ada juga pedagang makanan.

Yang kelima, pesona khusus dari hutan mati dan juga kawah yang bertebaran. Vegetasi khas dari gunug tumbuh di papandayan, Tapi, akibat letusan tanggal 11 november 2002, lalu terbentuklah hutan mati yang khas. Hutan mati sampai saat ini masih lestari. Anehnya, meskipun sudah terbakar habis dan juga menyisahkan pohon-pohon yang mati, tapi akar pohon mulai menghijau. Setelah tigabelas tahun hutan itu mati, tapi perlahan-lahan akan hidup dengan penuh kehijauan kembali.

hutan mati papandayan
hutan mati papandayan

Jika ingin menikmati hutan mati. Mendakilah, jangan sampai kehilangan momen yang membuat kenangan terkait hutan mati. Segeralah datang ke papandayan dan menikmati keindahan hutan mati. Jika anda ingin ke hutan mati, perjalanan dari tenda menuju hutan mati sebaiknya di mulai dari jam 04.00, supaya bisa menikmati sunrise yang indah.

Yang keenam, Hamparan bunga edelweiss yang sangat luas. Keindahan di papandayan salah satunya adalah hamparan bunga edelweiss di tegal alun. Hamparan bunga edelweiss ini sangat indah untuk di nikmati. Trek menuju tegal alun jalannya lumayan menanjak dan juga terjal. Tap setelah sampai, hamparan bunga edelweiss yang sangat mempesona.

hamparan edelweiss di papandayan
hamparan edelweiss di papandayan

Catatan penting yang harus anda ketahui, kalau bunga edelweiss ini tidak boleh di petik. Di papandayan ini menghadirkan hawa yang sangat dingin dan menusuk tulang pada malam hari.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply