Tips Cara Beternak Burung Murai Batu Pemula
Tips Cara Beternak Burung Murai Batu Pemula

Tips Cara Sukses Betrnak Murai Batu Bagi Pemula

Posted on

 

Perlombaan burung kicau sekarang memang sangat mengasikan, selain kita dapat menyalurkan hobi kita untuk memelihara burung, kita juga bisa mendapat keuntungan jika burung milik kita dapat bersuara dengan bagus dan merdu. Dan mungkin beternak burung bisa menjadi sala satu hobi yang akan mendatangkan uang. Dan salah satunya adalah beternak burung murai batu, yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda untuk beternak burung.

Beternak Burung Murai Batu
Beternak Burung Murai Batu

Burung murai batu atau yang sering disebut kucica hutan memiliki nama latin Copsychus Malabaricus. Merupakan  burung pengicau yang sekarang keadaannya terancam akibat adanya perburuan. Burung ini masuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Banyak tersebar di sumatera, kalimantan, malaysia, dan sedikit di Jawa. Burung yang mendapat penghargaan terbaik atas nyanyian yang sangat indah pada tahun 1947 ( The Best Song Birds-Delacour, 1947). Dan burung ini juga termasuk burung yang sangat digemari oleh para pecinta burung kicau.

Cara Sukses Dalam Beternak Burung Murai Batu

Bagi kalian para penggemar burung kicau, pastilah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini. Burung yang sudah terkenal dengan kicauannya yang sangat merdu, bervariasi, dan bernada indah, tidak heran lagi jika banyak orang yang memilih untuk beternak dan di membudidayakan burung murai batu ini. Selain itu burung ini juga terkenal karena termasuk jenis burung dengan gaya bertarung yang hebat, tangguh dan tangkas di setiap penampilannya. Dan juga dari penampilannya, burung ini juga memiliki ciri fisik yang bagus dan indah, tak heran banyak orang yang menjadikan burung ini sebagai burung koleksi semata.

Beternak Murai Batu

Kalian ingin beternak burung murai batu? Namun  kalian masih bingung bagaimana cara merawatnya, memilih kandang, dan yang lain sebagainya. Sebenarnya beternak burung ini sangatlah mudah, kalian hanya harus telaten, ulet, dan sabar. Agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah Tips dan Trik Sukses Dalam Beternak Burung Murai Batu Untuk Pemula :

Persiapan Kandang

Dalam beternak burung, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan kandang, yang tentunya sesuai dengan prosedur dan pengalaman. Kandang yang baik yang berukuran tidak terlalu kecil dan cukup lebar, agar burung mendapat sirkulasi udara yang cukup. Dan jauhkan dari anak-anak dan kebisingan.

Selain  itu kandang burung murai sebaiknya juga terpisah dengan jenis burung  pengganggu seperti burung merpati ataupun burung liar yang kicauannya jelek. Karena burung ini termasuk burung yang pemalu yang akan membuat burung ini tidak mau berkicau. Dan berikan sinar matahari pagi yang cukup, agar burung dapat mendapat vitamin D yang cukup. Dan juga buat kandang yang nyaman unutk burung seperti lantainya dari tanah dan atap sepearuh terbuka.

Cara Memilih Indukan Murai Batu

Memilih indukan yang berkualitas dan yang bersifat unggul untuk mendapatkan anakan yang berkualitas dan bernilai jual yang tinggi. Dan berikut beberapa trik dalam memilih indukan murai batu :

  • Pilihlah indukan yang sudah jinak dan juga sudah bersahabat dengan manusia. Untuk menghindari stress pada burung ketika melihat manusia.
  • Pilihlah indukan jantan yang sudah berumur 2 tahun lebih, dan umur betinanya sekitar 1 tahun lebih. Karena burung lebih matang dan siap untuk bereproduksi.
  • Pilihlah indukan yang tidak cacat pada bagian tubuh seperti kaki, sayap, kepala, dan memiliki bulu yang baik.
  • Pilihlah undukan yang memiliki nafsu makan yang bagus dan aktif atau lincah.

Cara Memberi Pakan Murai Batu yang Benar

Langkah Pemberian Pakan Burung Murai Batu
Langkah Pemberian Pakan Burung Murai Batu

Pakan yang memiliki asupan nutrisi dan vitamin yang tinggi, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kelincahan burung murai batu. Yaitu pakan alamiah dan organik adalah pakan yang paling cocok untuk burung ini, seperti kroto atau semut rangrang, jangkrik, ulat, dan bisa kalian berikan pakan tambahan seperti Voer.

Langkah-langkah Penjodohan Burung Murai Batu

Sebelum proses perkawinan burung tidak boleh dimasukan dalam satu kandang, karena itu akan  membuat burung bertengkar dan sang betina akan mati. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Jarak antara kedua kandang burung murai batu jantan dan betina kurang lebih satu meter.
  • Beri juga EF (Extra Fooding) dengan perbandingan untuk pejantan di hari pertama 10 ekor jangkrik dan untuk betina 9 ekor jangkrik. Pemberian EF setiap harinya untuk betina satu ekor jangkrik namun untuk pejantan tetap 10 ekor.
  • Mandikan burung setiap hari. Dan terkadang mandikan burung dalam satu kramba (tempat mandi burung). Tetap pantau keadaan mereka. Jika burung jantan menyambar burung betina atau berkelahi, segera ambil burung betinanya. Itu tandanya burung belum jodoh, namun bila burung tidak menyambar dan saling bercumbu itu tandanya burung telah berjodoh.

Dan demikianlah sedikit mengenai cara beternak burung murai batu untuk pemula. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dalam berternak burung yang satu ini.

Incoming search terms:

  • burung murai batu ekor panjang
  • ternak murai kandang gantung
Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply