Beberapa Hewan Jenis Pemakan Omnivora Serta Ciri-cirinya

Posted on

Hai,apakah kalian tahu?.Hewan adalah Mahluk hidup yang berdampingan dengan kita ,berdasarkan dengan jenis makananannya hewan di bedakan menjadi 4 golongan yaitu karnivora,herbivora,omnivora dan yang terakhir adalh insektivora. Pada artikel yang saya ringkas ini, kali ini akan membahas tentang salah satu jenis dari 4 golongan jenis tersebut. Kita akan mengulas tentang hewan omnivora mulai dari pengertian contoh-contoh hingga gambarnya. Silakan disimak!.

Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah hewan yang jenis makanannya berupa hewan dan tumbuhan. Hewan jenis ini sering pula disebut hewan pemakan segalanya. Ciri hewan omnivora adalah adanya gigi seri yang tajam dan dapat memiliki gigi geraham yang rapat. Gigi seri yang tajam digunakan untuk memotong dan mengigit, sedangkan gigi geraham yang rapat digunakan untuk mengunyah makanan yang ia peroleh. Selain itu, hewan omnivora umumnya juga mempunyai sistem pencernaan yang lebih rumitBerikut adalah daftar hewan omnivora beserta ciri-cirinya selamat menyimak dan semoga menjadi hal yang sangat bermanfaat.

1.Tikus

Tikus
Tikus

Contoh hewan omnivora yang pertama adalah tikus Tikus merupakan hewan mamalia yang tergolong ke dalam suku Muridae. Tikus memiliki makanan yang beragam. Ia makan tumbuhan (misalnya, padi dan kelapa), namun ia juga makan hewan (misalnya serangga, ikan asin, dan lain sebagainya). Oleh karena makanannya berupa hewan dan tumbuhan sekaligus, maka tikus juga digolongkan ke dalam jenis hewan omnivora.Tikus bukan hanya makan keju seperti di kisahkan di film Tom and jerry loch…!!!.

  1. Monyet (Macaca fascicularis)
Monyet
Monyet

Kali ini binatang pemakan omnivora selanjutnya adalah monyet ,monyet adalah hewan termasuk kategori ordo primata yang ,hewan berekor panjang ini juga termasuk jenis pemakan omnivora Makanannya berupa buah-buahan, tunas daun, dan serangga membuat sistem pencernaannya tergolong sangat kompleks. Sama seperti manusia, hewan ini juga diklasifikasikan dalam kelas mamalia.Jadi jika anda ketemu hewan yang seperti ini jauhkan hewan ini dari makanan yang kalian bawa.supaya ngak direbut olehnya.

  1. Burung (Aves)
Burung
Burung

Sekarang selanjutnya hewan yang menempati adalah burung aves ini,kebanyakan semua jenis burung bisa di golongkan sebagai pemakan jenis omnivora ini.biasanya burung memakan biji-bijian atau memakan serangga kecil secara bersamaan  Akan tetapi ada pula beberapa burung yang hanya makan daging (karnivora), misalnya elang jawa dan ada pula burung yang hanya makan biji-bijian (herbivora), misalnya burung jalak.

  1. Babi (Sus barbatus)
Babi
Babi

Hewan pemakan jenis omnivora selanjutnya adalah Babi ,hewan babi ini adalah hewan mamalia yang sangat cerdas setelah hewan no 2 di atas tersebut .Hewan babi ini juga sering atau banyak yang memelihara mereka karena kecerdasan yang mereka miliki di bandingkan hewan ternak lainnya.dan  karena hal itu hewan babi ini termasuk golongan hewan pemakan segalanya yaitu pemakan jenis omnivora.babi juga bisa memakan makanan sisa loch..

  1. Ayam (Gallus gallus domesticus)
Ayam
Ayam

Hewan selanjutnya adalah hewan ternak yang kebanyakanya sering di pelihara dan ada di mana- mana pasti ada yang mengetahui hewan ini, yap! betul sekali hewan familiar ini adalah ayam ,hewan ternak satu ini juga termasuk hewan pemakan jenis omnivora karena hewan ayam ini bisa memakan biji-bijian dan bisa juga makan serangga. Ayam termasuk jenis burung yang tidak memiliki kemampuan untuk terbang.

hewan omnivora atau jenis lainnya apa aja mungkin ini bisa menjadi hal yang anda ingin ketahui dan semoga dengan ini bisa bermanfaat bagi anda semua sekian .

Gravatar Image
Saya adalah anak yang sangat ingin jadi anak yang sukses dunia aman dan tenang dan akhirot masuk surga firdaus nggak masuk neraka ! Dan saya juga akan jadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua!!! Aminnn...(^-^)

Leave a Reply