Budidaya Sengon Laut
Budidaya Sengon Laut

Tips Sukses Budidaya Sengon Laut Agar Menghasilkan Kayu Besar dan Berkualitas

Posted on
Budidaya Sengon Laut
Budidaya Sengon Laut

Sudah banyak orang yang mengetahui pohon ini. Pohon ini merupakan pohon penghasil kayu yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman ini mempunyai nama latin Paraserianthes falcataria. Tanaman ini di cari oleh banyak orang karena harga jualnya yang sangat tinggi dan stabil.

Kayu pohon sengon bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya dibuat tiang rumah hingga dengan perkakas rumah tangga, misalnya kursi, bahan pembuat peti, pensil, meja, digunakan dalam industri mebel, dan industri korek api.

Inilah Cara Sukses Budidaya Tanaman Sengon :

1. Tips Penanaman

Tanamlah pohon sengon saat musim hujan telah tiba, karena ini merupakan waktu yang sangat tepat. Masyarakat di pedesaan banyak yang melakukan hal ini. Karena saat musim hujan, kita akan menghemat air dan tenaga kita untuk menyirami tanaman ini. Selain itu siapkanlah juga bibit unggul, anda dapat bertanya atau membeli di tempat bibit.

2. Menyiapkan Lahan

Menyiapkan Lahan Sengon Laut
Menyiapkan Lahan Sengon Laut

Siapkanlah tempat untuk menanam pohon sengon ini dengan lahan kosong. Jangan sampai ada pohon besar yang lain karena nanti bisa mengganggu perkembangan sengon, selain itu agar tanaman sengon bisa mendapatkan panas dan sinar matahari.

3. Pengolahan Lahan Sebelum Menanam

Lubangilah kira – kira diameter 1 meter dan kedalaman kira – kira 50 centimeter sampai 75 centimeter. Setelah selesai melubangi, tanah yang baru saja digali, berikanlah campuran organik pada tanahnya. Yang baik adalah pupuk organik, kalau pupuk kimia biasanya dapat menbuat tanah menjadi jelek kualitasnya pada tahun – tahun yang akan datang. Kalau anda ingin menanam sengon yang banyak, berilah jarak 3 meter di setiap lubang yang akan anda tanami sengon laut.

4. Penanaman

Setelah dilubangi dan tanahnya sudah dicampur dengan pupuk organik, kemudian tanamlah pohon sengon laut tersebut. Pastikan kalau plastik pada tanamannya cukup dibuka saja. Bukalah plastik pembungkusnya dengan perlahan, jangan sampai tanahnya hancur. Sebelum anda memasukkan sedikit tanah di lubang tadi yang kira – kira 2 garis tangan, tujuannya agar nanti akar – akar yang baru dapat tumbuh dengan mudah.

Kemudian masukkanlah tanaman dan tutuplah menggunakan tanah. Lalu agak padatkanlah supaya tidak dirusak oleh ayam. Berikanlah juga penyangga pada tanaman sengon, agar nanti tidak rusak saat terkena angin. Di bawah sekitar tanaman sengon juga dapat diberi penutup supaya hama ayam tidak mendekati pohon sengon tersebut.

5. Perawatan

  • Supaya pohon sengon bisa tumbuh dengan baik, saat tahun kedua, jika dirasa kekurangan air dapat disiram secara teratur tergantung tingkat kekeringannya. Saat musim hujan kedua menjelang tahun ketiga, pohon sengon ini biasanya sudah bisa hidup sendiri. Perawatan pohon agar dapat tumbuh besar dengan kayu yang besar, perlu penyiangan hama sekitar dan pemangkasan cabang. Pemangkasan cabang bertujuan agar pohon sengon menjadi lurus dan tinggi besar. Pohon sengon yang tumbuh dengan tinggi dan besar kayunya mempunyai nilai jual yang tinggi.
  • Ceklah pohon sengon setiap seminggu atau sebulan sekali, supaya tidak ada gulma, misalnya tanaman menjalar di sekitar pohon sengon.
  • Cek juga secara teratur, karena biasanya pohon sengon muda sangat mudah mati karena terdapat ulat di daunnya. Ulat ini sangat kecil dan juga berwarna hijau, mata kita harus jeli saat sedang mengeceknya.
  • Berikanlah pupuk organik setiap setahun sekali atau dua kali. Bisa saat awal musim hujan. Saat memberi pohon organik jangan sampai menempel pada batang kayu, ini bisa membuat kayu menjadi rusak. Anda cukup memberikan pupuk di sekitarnya saja.
  • Pemanenan pohon sengon ketika pohon sengon sudah berusia sekitar 5 sampai 7 tahun. Jangan menunggu sampai pohon sengon tumbuh besar, karena kalau tumbang, dapat menurunkan nilai harga jual.

Itulah cara menaman pohon sengon laut. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

 

 

Incoming search terms:

  • sengon laut
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply