Manfaat Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Khasiat Daun Sirih Hijau dan Merah Bagi Kesehatan

Posted on

 Daun sirih memang merupakan salah satu jenis daun yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi masyarakat Indonesia yang masih menggunakan daun ini untuk aktivitas mereka. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat jawa yang menggunakan daun ini untuk “nyirih”, sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh orang-orang tua. Dengan cara mencapurkan daun sirih, kapulaga, pinang, dan gambir. Lalu semuanya digulung pada daun sirih, kemudian tinggal di kunyah atau bisa kita gosok-gosokan pada gigi kita sampai warna gigi berubah. Lalu kumur dengan air dan sirih tadi dibuang. Dan khasiatnya gigi dan gusi akan menjadi lebih kuat dan bagus kondisinya.

Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

Perbedaan yang sangat mendasar dari tanaman sirih yang merambat ini adalah dari warna daun yang dimiliki. Jenis sirih merah memiliki daun berwarna kemerah-merahan. Dan adapun jenis sirih hijau memiliki warna daun yang berwarna hijau segar ada juga sirih hitam yang memiiliki daun berwarna gelap. Dan adapun jenis sirih hijau dan merah adalah jenis sirih yang sangat populer.

Dan biasanya sirih hijau banyak ditemukan merambat diantara pohon-pohon di daerah pedesaan dan telah banyak digunakan sebagai tanaman herbal oleh masyarakat disbanding sirih merah. Dan sirih merah sendiri dapat kita temukan di daerah hutan yang tidak cukup lebat. Kebanyakan orang yang menanam sirih merah ini hanya menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias, namun semakin lama tanaman ini semakin dikenal dan mulai dijadikan tanaman obat.

Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Berbagai kandungan pada daun sirih merah seperti minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula, sat samak, dan kavinol yang mempunyai daya mematikan pada kuman, aktioksidasi, dan fungisida atau anti jamur. Dan selain bersifat antiseptic sirih merah ini juga dapat dipakai untuk mengobati penyakit diabetes. Caranya dengan meminum air rebusan daun sirih merah setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah sampai normal.

Dan berikut manfaat lain dari sirih merah untuk kesehatan :

  • Mengatasi  Keputihan

Daun sirih juga bermanfaat dalam mengurangi keputihan dan dapat menjaga organ kewanitaan, karena daun sirih ini juga dapat berperan sebagai antiseptic. Caranya yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu air rebusan digunakan untuk membilas daerah disekitar organ kewanitaan.

  • Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih merah ini juga dapat menghilangkan bau badan, caranya dengan merendam 2-3 daun sirih ke dalam air panas sebanyak ½ gelas dengan ditambah satu sendo the gula putih. Setealh airnya mendidih kita singkirkan daunnya dan setelah air menjadi hangat air rebusan tadi kita minum.

  • Menghilangkan Bau Mulut

Caranya dengan mencuci bersih satu lembar daun sirih, kemudian daun tersebut kita kunyah-kunyah. Setelah beberapa menit dalam mulut kemudian ludahkan. Lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam sehari. Atau dengan merebus 5-6 daun sirih dengan air sebanyak dua gelas. Setelah dingin kita gunakan air tersebut untuk berkumur stiap pagi dan sore.

Manfaat Dalam Kandungan Daun Sirih Hijau

Manfaat Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan
Manfaat Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Memang sepertinya daun sirih ini ditakdirkan untuk dapat menyehatkan manusia, karena daun sirih ini mengandung banyak sekali manfaat antara lain : minyak atsiri, fenil propane, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneolo, cadinene, tannin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan juga gula. Bukankah ini merupakan sebuah keunggulan dari tanaman  yang sangat mudah sekali kita temui ini.

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih hijau bagi kesehatan :

  • Cairan daun sirih hijau, bisa untuk dijadikan obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Dan hasilnya penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa musnah.
  • Dapat mengobati sakit gigi dan juga gusi bengkak. Caranya dengan mengunyah atau menggunakan ar rebusan daun sirih untuk berkumur.
  • Sama halnya dengan sirih merah, daun ini dapat mengobati keputihan.
  • Dan untuk mereka yang terkena sariawan, mengunyah daun sirih hijau dapat membantu menyembuhkan sariawan.
  • Dipercaya dapat mengobati sakit demam berdarah. Dengan meminum rebusan daunnya. Itu akan membunuh kuman penyebab sakit demam berdarah.
  • Dengan meminum air rebusan daun sirih juga dapat memperlancar haid yang tidak teratur.
  • Dapat mengobati asma, dan juga radang pada tenggorokan.
  • Air rebusan daun sirih juga dapat membersihkan mata.
  • Mampu menghilangkan bau ketiak.
  • Mampu mengobati luka bakar, dengan menempelakan daun sirih hijau yang telah dipanaskan hingga layu.
  • Dapat menyembuhkan mimisan, dengan menggulung daun lalu menyumpalkannya ke hidung.
  • Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulir lainnya.

Demikianlah sedikit mengenai manfaat dari daun sirih hijau dan merah. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita temukan dari tanaman merambat yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply