Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Mudah Agar Jantung Tetap Sehat

Posted on
Cara Agar Jantung Sehat
Cara Agar Jantung Sehat

Jantung adalah pusat dari peredaran yang menghubungkan antara pembuluh darah satu dengan pembuluh darah yang lainnya. Jantung juga selalu berkaitan dengan semua jaringan yang ada di dalam tubuh. Kalau jantung tidak lagi berdenyut, berarti itu tandanya tidak ada kehidupan lagi. Itulah sebabnya kenapa kita harus merawat dan menjaga jantung kita, agar tetap kuat dan tidak terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia dan bisa menyebabkan kematian, penyebabnya bisa disebabkan karena faktor genetik. Tapi kalian tenang saja, penyakit jantung dapat kita cegah, dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga secara rutin serta memakan makanan dan minuman yang bergizi. Inilah beberapa cara agar terhindar dari penyakit jantung :

1. Berjemur

Cara Menyehatkan Jantung
Cara Menyehatkan Jantung

Sinar matahari mengandung vitamin D, fungsi vitamin D bagi tubuh yaitu untuk meminimaliasi pembentukan plak di pembuluh darah manusia. Penelitian di Universitas California menyebutkan, perempuan dengan tingkat vitamin D yang tinggi mempunyai resiko terserang penyakit jantung 31 persen lebih rendah. Berjemurlah setiap pagi hari sebelum jam 10.00, kira – kira selama 20 – 30 menit.

2. Tertawalah

Cara Memiliki Jantung yang Sehat
Cara Memiliki Jantung yang Sehat

Saat anda sedang tertawa, akan menurunkan hormon stres yang diketahui bisa merusak lapisan pelindung pembuluh darah. Di saat anda sedang mengalami stres, jantung akan menerima adrenalin dalam dosis yang lebih besar daripada biasanya. Ini bisa menyebabkan ketidak normalan irama jantung dan bertambah lengketnya trombosit yang nantinya akan menyebabkan sempitnya arteri. Hormon yang dilepaskan ketika seseorang sedang mengalami depresi bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Itulah sebabnya penderita depresi harus mendapatkan pengobatan secepatnya.

3. Jangan Memendam Rasa Sakit Hati

Cara Punya Jantung Sehat
Cara Punya Jantung Sehat

Gabungan penelitian dari San Diego State University dan University of Pittsburgh menunjukkan kalau kehidupan pernikahan yang sangat harmonis bisa mengurangi gejala terkena serangan penyakit jantung. Penelitian ini dilakukan pada 493 wanita, yang berusia 42 – 50 tahun ini mengamati saat berkumpul bersama keluarga, kehidupan seksual, karakter, hobi, komunikasi, dan yang lainnya. Hal yang sama juga dijelaskan di buku Heartbreak dan Heart Disease yang ditulis Dr. Stephen T. Sinatra. Buku tersebut menjelaskan kalau tekanan batin yang di karenakan emosi yang dipendam lama, mulai dari terlalu sedih, patah hati, atau rasa amarah sampai bermusuhan, bisa menyebabkan tersumbatnya aorta jantung anda, yang dampak dan efeknya mirip dengan oksidasi kolestrol, insulin, radiasi, keracunan logam, dan darah yang mengental serta lengket.

4. Konsumsi Coklat

Menyehatkan Jantung
Menyehatkan Jantung

Banyak orang yang menjauhi makanan ini, karena menurut mereka coklat bisa membuat gemuk. Tapi jangan salah, ternyata coklat mempunyai banyak manfaat. Anda hanya membutuhkan ketelitian dalam membelinya. Dark chocolate mengandung flavonoid dan magnesium yang bisa menurunkan kadar kolestrol jahat. Coklat juga mempunyai kandungan asam stearat, merupakan salah satu lemak yag ramah bagi jantung dan antioksidan yang bisa menghalangi radikal bebas merusak dinding arteri. Anda harus mengonsumsi coklat yang mengandung 70 persen cocoa agar mendapatkan manfaatnya.

5. Meminum Teh Hijau

Jantung yang Sehat
Jantung yang Sehat

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat banyak dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Perbedaannya hanya saat proses fermentasinya saja, teh hijau ini tidak melalui proses fermentasi. Mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa mencegah terjadinya pembekuan darah dan bisa mengurangi gejala stroke. Minumlah 1 sampai 3 cangkir teh hijau tiap harinya agar mendapat manfaatnya.

6. Mengonsumsi Makanan Laut

Agar Jantung Sehat
Agar Jantung Sehat

Makanan laut mengandung omega 3 yang bisa mencegah dan melindungi jantung dari gejala terkena aritmia jantung, tekanan darah tinggi, penggumpalan darah, dan kadar kolestrol jahat.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply