Prosesor Cpu Komputer
Prosesor Cpu Komputer

Pengertian Fungsi Dan Bagian Dari Cpu

Posted on

Kali ini saya akan membahas tentang pengertian, fungsi dan bagian dari CPU.

CPU (central processing unit) adalah otak dari komputer anda. CPU ini menangani anda semua untuk instruksi yanga anda berikan apda komputer anda, semakin cepat ia melakukan hal ini, dan semakin baik. Pelajarilah tentang proses instruksi CPU dan bagaimana insiyur pada komputer terus akan datang dengan cara membuat berjalanya lebih cepat.

Pengertian CPU

Pengertian CPU dari sebuah komputer adalah bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari progam komputer. Lalu ia melakukan dengan aritmatika, logis, dan operasi input/ output dasar dari sebuah komputer. CPU kadang-kadang disebut juga sebagai unit prosesor, untuk singkatnya. Jadi, ketika anda mau melihat spesifikasi komputer di toko elektronik anda, dan biasanya mengacu pada CPU sebagai prosesor. Dengan demikian, kemajuan teknolgi yang kita lihat dalam teknologi prosesor sebagian besar akan di dorong oleh kebutuhan untuk kecepatan.

Komponen CPU

CPU umumnya memiliki sejumlah komponen yaitu yang pertama adalah unit aritmatika logika (ALU) yang melakukan cara aritmatika sederhana dan operasi logis. yang kedua adalah unit control (CU) yang mengelola dengan berbagai komponen komputer. Unit konrol ini menyerukan unit aritmatika logika untuk melakukan perhitungan yang ia perlukan. Yang ketiga adalah cache, berfungsi sebagai memori yang berkecepatan tinggi yang mana instruksi ini dapat disalin dan diambil. CPU ini lama terdiri dari banyak komponen yang terpisah, namun sejak tahun 1970 mereka telah membangun sebagai unit yang terpadu disebut mikroprosesor. Dendan demikian. CPU adalah jenis yang termasuk dari mikroprosesor.

ALU adalah tempat perhitungan yang terjadi. Bagaimana perhitungan

ini benar-benar bisa di lakukan. Di dalam prosesor kita dapat menyimpan 0s dan 1s menggunakan transistor. Jadi transistor berisi informasi biner: 1 jika arus melewati dan 0 jika arus tidak dilewati. Transistornya pun terletak pada silicon yang sangat tipis. Sebuah chip silicon tunggal ini dapat berisi ribuan transistor. Gabungan ini hanya untuk mencakup sekitar satu inci persegi atau lebih. Dan lebih banyak lagi transistor yang perhitungannya lebih besar.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

 

Gravatar Image
walaupun saya orang yang tipe nggak majuan tapi saya tetap semangat, berusaha, dan berdo'a

Leave a Reply