berbelanja di internet

Tips Aman Saat Berbelanja Online di Internet

Posted on
berbelanja online di internet
berbelanja online di internet

Teknologi ini semakin lama dapat memudahkan kehidupan masyarakat sehari-hari. Sekarang, untuk berbelanja berbagai macam keperluan tidak harus keluar rumah, cukup dengan mengakses toko-toko online yang anda percaya. Jika menginginkan suatu barang, tinggal klik dan melanjutkan pembayaran. Bisa digunakan kapan saja dan dimana saja anda berada. Transaksi dari toko online dengan reputasi terbaik biasanya dapat di pastikan bahwa keamanan informasi tentang dirimu tidak akan bocor. Terdapat beberapa toko online yang berskala kecil dan cenderung rawan kebocoran informasi, karena belum bisa menjaga keamanan bertransaksi. Jika ingin kamu melakukan pembayaran cobalah cek dulu konfirmasi transaksi untuk memastikan uang yang kamu kirim sudah sampai pada toko online.

berbelanja online di internet
berbelanja online di internet

Sebenernya membeli berbagai macam kebutuhan lewat internet sangatlah mudah. Kehadiran internet ini sudah mengubah kebiasaan belanja masyarakat modern. Mereka sudah tidak memerlukan banyak sekali waktu untuk keluar masuk toko dan mencari kebutuhan, karena semuanya sudah tersedia secara online.

Meskipun nyaman berbelanja secara online, tapi tetap membutuhkan kecermatan. Dikarenakan ada beberapa oknum-oknum yang nakal, ternyata mereka memanfaatkan layanan ini untuk kebutuhan pribadi mereka. Anda bukannya mendapat barang idaman anda tapi hanya menyumbangkan uang secara cuma-cuma.

1. Be Secure

Kartu merupakan jenis pembayaran yang banyak sekali di gunakan saat berbelanja online. Anda juga harus mengingat bahwa kartu kredit yang anda miliki bersifat statis. Maksudnya nomer yang ada tidak bisa berubah kecuali anda meutup dan membuka akun yang baru. Hal ini harus di perhatikan, karena jika informasi akun bocor secara online, kemungkinan besar bisa di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Teliti Laman Sebelum Membeli

Selalu mengingat untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang sudah anda kenal. Jika ingin melakukan pembelian dari situs lain yang masih asing. Anda harus melakukan penelitian kecil mengenai toko online tersebut. Kalau oko online terpercaya biasanya menampilkan alamat ataupun nomor telefon yang bisa di hubungi sebagai jaminan.

3. Kredit atau Debit

Berbelanja online memang paling nyaman bila menggunaka kartu. Tapi anda sebaiknya menggunakan kartu kredit di banding kartu debit. Karena kartu kredit merupakan ekstensi oleh kredit, kalau kartu debit yaitu langsung mengambil uang dari kun bank punya anda. Ini sangat menyusahkan jika informasi itu bocor, dan hacker dapat mengacaaukan keuangan yang anda miliki.

4. Jangan Sembarang Memberi Informasi

Ketika kalian ingin melakukan transaksi pembelian, anda harus mengisi beberapa data yang di perlukan. Toko online juga berusaha mendapatkan informasi yang lebih dan akan di gunakan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Kalian jangan pernah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menurigakan. Jika menemukan yang seperti itu, lebih baik kalian tinggalkan saja.

5. Simpan Password Dengan Baik

Banyak dari situs online yang mengharuskan konsumen untuk login sebelum melakukan transaksi. Buat password yang cukup sulit dan jangan di tunjukkan kepada orang lain.

6. Simpan Salinan Pesan Anda

Biasanya anda akan mendapatkan konfirmasi yang berisi informasi yang mengenai detail transaksi, mulai dari harga sampai syarat pengembalian. Simpan berkas dengan baik barang sampai di tangan agar anda dapat meminta tanggung jawab jika terjadi sesuatu dengan pesanan anda.

Bertransaksi dengan laman yang menjual-beli online adalah seni untuk berbelanja yang sebenarnya memang sangat menyenangkan. Jika anda melakukan dengan cermat, anda akan mendapatkan kepuasan yang tidak kalah dengan membeli barang di toko-toko biasa.

Seperti berbelanja pada umumnya, di toko-toko online juga ada persaingan harga. Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga antara toko-toko agar bisa mendapatkan penawaran terbaik.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply