Tari Dari Daerah Jawa
Tari Dari Daerah Jawa

Keunikan Tari Di Nusantara

Posted on
Tari Dari Daerah Jawa
Tari Dari Daerah Jawa

A.Pengertian Tari

Sebelum membahas tentang keunikan tari di Nusantara kita harus tahu terlebih dahulu apa itu tari, tari adalah keindahan ekspresi wajah manusia yang diungkapkan dengan gerakan tubuh yang di perhalus dengan estetika. Tari bisa di nikmati dengan penghayatan kedalam ritme tertentu, bisa pengertian tari adalah ekspresi jiwa manusia yang di ubah oleh imajinasi dan di beri bentuk dengan media gerak sehingga gerak itu menjadi simbolis dan sebagai ungkapan orang yang menciptakan tari itu sendiri. Secara tidak langsung pengertian ini mengandung bahwa tari adalah sesuatu gerak yang di jadikan melalui media ungkap yang di samarkan.

Tari juga bisa di artikan sebagai ungkapan ekspresi perasaan manusia yang di ubah oleh imajinasi di bentuk media gerak sehingga menjadi wujud gerak yang simbolis sebagai ungkapan koreografer. Sebagai bentuk latihan-latihan di lakukan untuk mengembangkan kepekaan rasa, gerak dan irama seseorang oleh karena itu tari bisa memperhalus pekerti seseorang yang mempelajarinya.

B.Fungsi Dari Tari

Peranan seni tari adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan melalui stimulan individu, sosia dan komunikasi. Oleh karena itu tari berperan sebagai pemujaan, sarana komunikasi, dan pernyataan perasaan manusia dalam kaitan dengan ekspresi kehendak sehingga dari garis besarnya fungsi tari ada 4 dan di antaranya adalah.

1.Tari Sebagai Upacara

Sudah sebagai tradisi jika pada upacara ada tersambung dengan tari namun yang di maksut disini bukan upacara bendera ya, seperti upacara adat, atau pada acara-acara tertentu, tari pada upacara dapat menggambarkan tradisi yang sudah turun-temurun mereka lakukan dan sampai sekarang ini tari pada upacara berfungsi sebagai ritual.

2.Tari Sebagai Sarana Hiburan

Tidak hanya pada saat acara-acara penting tari juga berfungsi untuk hiburan bahkan tari sudah menjadi alternatif tontonan, tari memiliki tujuan untuk menghibur dan memuaskan orang yang menonton. Dan bertujuan untuk menghibur pribadi lebih mementingkan kenikmatan yang menarikan.

3.Tari Sebagai Pertunjukkan

Beda dengan yang lainnya tari sebagai pertunjukkan ini adalah bentuk dari momunikasi sehingga ada yang menyampaikan pesan dan ada juga yang menyampaikan pesan. Tarian ini di tunjukkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

4.Sebagai Sarana Pendidikan

Tari yang digunakan untuk sarana pendidikan ini khusus di ajarkan oleh pelajar-pelajar, dan hanya ada di sekolah formal.

C.Jenis Tari

Tari Manipuren
Tari Manipuren

Provinsi Aceh

Tari Saman Meuseukat

Provinsi Sumatera Selatan

Tari Tanggal , Tari Putri Bekhusek

Provinsi Sumatera Barat
Tari Piring, Tari payung

Provinsi Riau

Tari Tanduk, Tari Joged Lambak

Provinsi Jambi

Tari Sekapur Sirih, Tari Selampit Delapan

Provinsi Bengkulu

Tari Andun

Provinsi DKI Jakarta

Tari Topeng, Tari Yapong

Provinsi Jawa Barat / Jabar

Tari Jaipong, Tari Merak

Provinsi Jawa Tengah / Jateng

Tari Serimpi, Tari bambangan Cakil

Provinsi DI Yogyakarta / Jogja / Jogjakarta

Tari Serimpi Sangupati, Tari Bedaya

Provinsi Jawa Timur / Jatim

Tari Remong, Tari Reog Ponorogo

Provinsi Bali

Tari Legong, Tari Kecak

D.Keunikan Tari Nusantara

Keunikan dari tari nusantara adalah gerakannya yang berbeda denagn tari manapun dan juga cara penari menarikan sangat menarik, dan sangat indah jika dilihat. Tari Nusantara adalah tarian yang terus tumbuh berkembang sesuai masyarakat pendukungnya taru nusantara memiliki keunikan pada gerakkan, bentuk penyajiannya, irama musik pengiring. Keunikan tari nusantara juga di sesuaikan dengan fungsi dari tari itu sendiri.

Demikianlah informasi seputar tari dan uga keunikan dari tari Nusantara, ayo buat tari nusantara menjadi tari nomor satu di Dunia.

Incoming search terms:

  • keunikan tari nusantara
  • keunikan tari tradisional nusantara
  • kebunikan gerak tari nusantara
  • keunikan tari manipuren
  • tarian jawa
Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply