Ikan Gurame

Tips Cara Budidaya Ikan Gurame yang Mudah dan Cepat

Posted on

Mungkin anda memiliki hobi untuk beternak ikan, namun anda takut jika anda tidak dapat membudidayakan ikan. Salah satunya adalah budidaya ikan gurame/gurami, siapa yang tidak mengetahui ikan yang satu ini. Ikan yang terkenal dengan ukurannya yang besar dan memiliki daging yang banyak dan lembut. Jika kita pergi kerumah-rumah makan, pasti ikan ini menjadi menu yang memiliki harga sangat mahal.

Cara Budidaya Ikan Gurame
Cara Budidaya Ikan Gurame

Dan ini bisa dijadikan sebuah peluang usaha yang tidaka akan pernah mati, karena memang selalu saja ada orang yang akan memesan ikan ini untuk dikonsumsi ataupun diolah lalu dijual kembali. Selain itu juga harganya yang mahal untuk per-ekornya. Dan budidaya ikan ini merupakan salah satu budidaya ikan yang masih sangat menjanjikan. Sebab banyaknya rumah makan yang selalu membutuhkan stok ikan gurame. Dan itu juga menyebabkan ikan gurame masih menjadi peluang usaha dan juga masih membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Dan sekarang untuk bisa membudidayakan ikan gurame ini kita tidak memerlukan kolam tanah lagi, karena kita bisa menggunakan kolam terpal yang kedap air. Dan selain kolam jenis ini tidak memerlukan lahan yang luas juga lebih murah daripada kolam tanah.

Persiapan Kolam Ikan Gurame :

Pembesaran ikan gurame dapat dilakukan di kolam apapun. Dan adapaun persiapan kolam di sini ditujukan untuk menumbuhkan makanan alami yang cukup, seperti plangton dan organisme air lain.

Gambaran ukuran kolam :

  • Kolam ukuran 7×10 meter dan memiliki kedalaman air 120 cm
  • Ukuran bibit 5 cm sebesar kuku jempol dengan jumlah 2000 ekor ikan
  • Pakan apung dengan merk pf.1000 isi 10 kg/sak. Dan harga persaknya 130 ribu, dengan jumlah yang dibutuhkan sebanyak 3 sak.
  •  Pemberian pakan alami sebagai tambahan, seperti daun pepaya, kangkung atau yang lainnya.

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Dengan menggali tanah sedalam 90 cm. kemudian terpal dipasang pada tanah galian tersebut. Dan dapat dibantu dengan rangka besi ataupun kayu. Lalu terpal dirangkai menyerupai bak. Ini bermaksud agar kita dapat dengan mudah membersihkan kolam dan mengganti airnya. Itu semua bertujuan agar ikan gurame tetap sehat dan tidak mati.

Hal-hal lain yang ahru diperhatikan :

  • Perisapan lahan
  • Pemupukan lahan
  • Persiapan awal tebar benih ikan
  • Penebaran

Pemilihan Bibit Ikan Gurame

Bibit Ikan Gurame Siap Tebar
Bibit Ikan Gurame Siap Tebar

Tahap berikutnya adalah penyiapan bibit ikan gurame. Kita dapat memperoleh bibit ikan gurame ini dari hasil pembibitan sendiri ataupun membelinya dari peternak ikan gurame lainnya di pasar ikan. Namun biasanya para peternak yang sudah berpengalaman megnawinkan sendiri indukan ikan untuk memperoleh bibit yang berkualitas unggul.

Dan untuk bibit yang ideal ikan gurame adalah yang berukuran tiga jari orang dewasa. Jika bibit terlalu kecil, kemungkinan besar ikan akan mengalami kematian. Karena belum bisa beradaptasi dengan kondisi air dalam kolam. Pilihlah bibit yang agak sedikit besar agar nantinya kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memanennya.

Pemijahan/ Penyebaran Ikan Gurame

Setelah semuanya sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah penyebaran ikan. Bibit ikan yang telah kita siapkan itukita masukan ke dalam kolam yang telah kita sediakan. Namun sebelum bibit ikan dimasukan ke dalam kolam terlebih dahulu kita pastikan kolam dalam keadaan bersih dan bebas dari penyakit. Dan juga pastikan bibit ikan gurame jug dalam kondisi sehat.pemberian Pakan Ikan Gurame

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Selanjutnya adalah mengenai pemberian pakan ikan. Untuk pakannya terbagi menjadi 3, yaitu pakan untuk bibit, pakan untuk pertumbuhan, dan pakan untuk indukan. Untuk bibit kita memberikan pellet yang berukuran kecil. Dengan diselingi pemberian cacing darah agar ikan cepat bertumbuh besar.

Dan adapun pakan untuk ikan gurame dewasa bisa kita berikan pellet dan daun keladi. Dan juga berbagai sayuran yang sudah rusak seperti selada dan kubis. Diberikan dalam dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Untuk pemberian pakan bisa kita buat selang-seling namun teratur. Itu akan membantu mempercepat proses pertumbuhan ikan.

Tahap Pemanenan Ikan Gurame

Masa panen adalah saat yang ditunggu oleh para peternak ikan, karena ini adalah hasil akhir dari pemeliharaan ikan milik kita.masa panen ikan gurame adalah sekitar 7-8 bulan. Atau saat ikan sudah memiliki bobot sekitar 0,7-1 kg. itu adalah ukuran ideal untuk ikan konsumsi. Dan hasil prediksi jika kita menebar 1000 bibit hasilyang kita peroleh adalah 200 kwintal. Dan biasanya harga perkilonya dapat mencapai 30.000, jadi jika kit kalikan 200 kg kita akan mendapat uang sekitar 6 juta rupiah.

Demikanlah sedikit mengenai informasi cara pembudidayaan ikan gurame yang dapat membantu anda semua dalam memulai usaha budidaya ikan yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply