Ikan Sidat Berkualitas
Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat Praktis Hasil Memuaskan

Posted on
Ikan Sidat Berkualitas
Ikan Sidat

Saat ini budidaya ikan sidat menjadi usaha yang menjanjikan juga memilki omset yang cukup tinggi, satu contoh saja di Jepang ikan sidat sudah menjadi hidangan utama mereka, ada berbagai makanan yang di buat dengan bahan utama ikan sidat.

Unagi Masakan Jepang
Unagi Masakan Jepang

Di Jepang ikan sidat ini di sebut sebagai ikan unagi dan ikan udanon. Dan hidanagan yang sangat khas adalah hidangan sidat bakar yang di taruh di atas nasi, namun sayangnya ikan sidat sudah menjadi ikan yang langka di Negara Jepang hanya bisa memproduksi 30% saja dan 70%nya hasil dari impor negara-negara lain termasuk dari Indonesia permintaan ikan sidat dalam negeri sebenarnya sangat banyak hanya saja budidaya dari Indonesia masih sangat rendah oleh karena itu harga ikan sidat di Indonesia sangat menjulang tinggi.

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Sidat

Ada 3 langkah dalam budidaya ikan sidat ini, 3 tahap itu nanti yang menentukan hasil dari budidaya ikan sidat karena pada proses ini akan terlihat kualitas dari ikan itu sendiri dan juga 3 tahap ini akan memudahkan tumbuhnya ikan sidat, sampai sekarang belum ada rekayasa teknologi untuk membudidayakan ikan sidat juga pembentukan benihnya dan untuk benih ikan sidat masih mengandalkan penangkapan dari alam dan bentuk dari benih ikan sidat ini sudah menyrupai iakn sidat dewasa hanya saja bentuknya kecil dan tlansparan atau biasanya di sebut glass eel.

Berikut ini adalah 3 cara budidaya ikan sidat yang menjanjikan dan juga akan membuat hasil panen anda memuaskan.

1.Pendederan Tahap 1

Pada tahap yang pertama ini bisa juga di sebut tahap ppengenalan untuk benih sidat yang harus beradaptasi di tempat yang baru atau tempat buatan kolam, dan juga untuk tahap pengenalan pakan yang homogen atau buatan. Tujuan tahap ini untuk pembesaran bibit ikan sidat samapai pada ukuran elver. Setelah itu bibit siap melanjutkan pada tahap dua.

Glass eel yang biasa di pelihara biasanya memiliki 2 jenis yaitu A.Bilcolor dan B. Marmorata dan Bicolor didapatkan dari pantai Selatan Pulau Jawa Dan Marmato didapatkan dari daerah Poso sulteng atau Tatelu. Ukuran bibit sidat yang di tebar 0,17 gram per ekor dengan jumlah kepadatan pembibitan masing-masing tempat sekitar 6 ekor per 1 liter air.

Proses ini harus segera di lakukan setelah bibit ikan sidat di terima di tempat pemeliharaan, caranya dengan langsung menyebarnya di kolam, hal ini di lakukan agar bibit ikan sidat tidak stres sebaiknya glass eel dilakukan aklimimatisasi dulu, caranya dengan membiarkan bibit ikan sidat terapung di kolam pemeliharaan pada saat masih di dalam plastik packing.

2.Pendederan tahap 2

Tahap ini hanya proses persiapan agar menghasilkan bibit ikan sidat yang berukuran 10gr/ekor selanjutnya bibit ikan sidat siap untuk di pelihara di tahap yang berikutnya yaitu tahap pembesaran.

3.Tahap 3 Pembesaran

Yng di lakukan pada tahap ini adalah proses pembesaran ikan sidat, pada proses ini bertujuan untuk membesarkan ikan sidat sampai pada ukuran siap konsumsi yakni 200 gram per ekor. Untuk pemeliharaannya bisa dengan kolam beton yang berukuran 2 x 5 x 1,8 m kubik dengan jumlah air 5 m kubik, dan kolam pemeliharaan ikan sidat sebaiknya di lengkapi dengan sistem aerasi dengan air yang mengalir. Di anjurkan untuk pergantian airnya lebih dari 300% tiap hari supaya suhu airnaya tetap terjaga, sebaiknya tempat untuk pemeliharaan ikan sidat di tutup dengan terpal atau anyaman dari bambu.

Demikianlah cara membudidayakan ikan sidat praktis hanya dengan 3 cara, semoga hasilnya memuaskan selamat mencoba.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply