Keunikan Manusia Daripada Makhluk Lain
Keunikan Manusia Daripada Makhluk Lain

Ini Nih Keunikan Manusia Daripada Makhluk Hidup yang Lain

Posted on
Keunikan Manusia di Banding Hewan
Keunikan Manusia di Banding Hewan

Di dunia ini tidak ada manusia yang rela disamakan dengan hewan. Di antara semua makhluk hidup yang ada di dunia ini, manusia memiliki keunikan – keunikan tersendiri daripada makhluk hidup yang lain, sehingga membuat manusia menjadi makhluk yang sangat istimewa. Inilah beberapa keunikan yang dimiliki manusia daripada makhluk hidup yang lain :

1. Melalui Masa Kecil yang Lebih Lama

Keunikan Manusia
Keunikan Manusia

Daripada makhluk hidup yang lainnya, manusia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk hidup bersama dan membesarkan keturunannya. Sebagian para ahli menjelaskan, hal ini dikarenakan otak manusia lebih besar daripada makhluk hidup yang lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa berkembang dengan sempurna.

2. Mengalami Masa Menopause

Keunikan Manusia Daripada Makhluk yang Lain
Keunikan Manusia Daripada Makhluk yang Lain

Menopause merupakan kondisi normal yang pasti akan dialami oleh seorang wanita, sejalan dengan bertambahnya jumlah usia, dan menopause bukan suatu penyakit atau gangguan medis yang lain. Menopause merupakan keadaan tidak terjadi periode menstruasi selama 12 bulan. Berarti dapat diartikan kalau menopause merupakan masa sesaat sebelum berhentinya periode menstruasi sampai sesaat sesudah periode menstruasi berakhir. Tapi secara umum menopause dapat diartikan sebagai berakhirnya menstruasi pada wanita.

Kalau wanita sudah memasuki masa menopause, wanita akan berhenti dari ketentuannya untuk dapat bereproduksi dan mempunyai tugas baru agar menjadi nenek yang baik agar dapat mendidik cucunya.

Berbeda dengan beberapa hewan yang terus bereproduksi sampai akhir hayatnya. Tapi, ternyata ada juga hewan yang mengalami masa menopause, yaitu beberapa spesies dari ikan paus.

3. Bisa Bicara

Manusia Itu Unik
Manusia Itu Unik

Sudah lebih dari 35.000 tahun silam, letak tenggorokan manusia lebih rendah daripada simpanse. Karena ada tulang hyoid yang berbentuk tapal kuda dan berada di bawah lidah, sehingga membuat manusia dapat mengontrol suara yang dihasilkan, jadi mereka bisa berbicara.

4. Wajah Menjadi Merah Saat Sedang Tersipu

Keunikan Manusia yang Unik
Keunikan Manusia yang Unik

Setiap manusia memiliki banyak sekali bentuk ekspresi, tapi, hanya satu ekspresi ini yang dimiliki oleh manusia yang sangat unik, yaitu muka memerah saat sedang tersipu malu. Entah apa penyebabnya, tapi, karena hal inilah yang banyak membantu manusia untuk berkata jujur.

5. Memakai Pakaian

Keunikan Manusia dari Pakaian
Keunikan Manusia dari Pakaian

Hewan tidak mengetahui yang namanya pakaian. Tapi, sebagian mereka mempunyai bulu yang dapat melindungi tubuh mereka. Secara alami, manusia tidak memiliki pelindung terhadap perubahan suhu atau iklim dipermukaan kulitnya. Karena Allah memberikan manusia otak yang dapat digunakan untuk berpikir, manusia dapat membuat pakaian yang fungsinya untuk melindungi kulit dan tubuh mereka.

6. Bisa Berjalan dengan Tegak

Alasan Manusia itu Unik
Alasan Manusia itu Unik

Manusia merupakan satu – satunya spesies yang dapat berjalan dengan tegak dengan menggunakan kedua kakinya. Tapi, postur yang konon adalah bentukan dari proses evolusi ini memberikan kekurangan dan kelebihan.

Dengan postur yang tegak bisa membantu manusia memudahkan segala aktivitasnya. Tapi, perubahan cara berjalan menyebabkan tulang panggul semakin menyempit, itulah sebabnya sering menjadi masalah di saat melahirkan karena di sisi lain otak manusia semakin membesar dan terkadang terlalu besar agar bisa melalui panggul secara mudah.

7. Otak Paling Sempurna

Keunikan Manusia Daripada Makhluk Hidup yang Lain
Keunikan Manusia Daripada Makhluk Hidup yang Lain

Otak manusia bukan otak yang paling besar karena masih jauh lebih kecil daripada otak paus-sperma. Juga bukan yang paling besar proporsinya, karena hanya memiliki 2,5 persen dari masa tubuh, masih kalah besar dengan burung yang mempunyai otak 8 persen dari masa tubuhnya.

Namun, kelebihan otak tidak terletak pada ukurannya, yang tak lebih dari 1,3 kg, namun pada perkembangan yang sangat sempurna. Itulah sebabnya mengapa manusia dapat berpikir dan bisa membangun peradaban yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply