Permainan Tradisional Khusus Perempuan Akan Menghilang Sebab Zaman Modern

Posted on

Sekarang saya akan membahas tentang permainan tradisional khusus perempuan,Apakah kalian tahu kalau permainan tradisional yang ada di indonesia ini sangatlah banyak dan tersebar di seluruh nusantara indonesia.Baik itu pemainan yang di mainkan sendiri ataupun permainan yang bergantian ataupun berkelompok,seiring berjalannya waktu atau pergantian zaman permainan tradisional ini mulai menghilang atau di tinggalkan.

Di zaman modern ini sudah banyak yang menciptakan teknologi – teknologi yang bisa membuat kalangan anak- anak di zaman sekarang menjadikan teknologi itu menjadi primadona mereka,dan orang tua jaman sekarang juga kurang akan perhatian pada mereka dan kurangnya memberikan pengertian tentang permainan tradisional kepada anak mereka betapa permainan tradisional itu sangat baik bagi perkembangan mereka ini.Hal-hal semacam ini sangat sering di temukan di kota- kota besar di indonesia sekarang ini.

Hal lain jika berada di kota lain pula di tempat pendesaan,sebab di daerah – daerah masih belum semuanya akan meninggalkan permainan – permainan tradisional yang sangat menghibur ini begitu saja.Di tempat pendesaan yang masih kental desanya dengan tradisi memberikan rang terbuka yang luas dan memberikan kesempatan bagi anak yang menginginkan anak yang mau bermain.

Jika kalian semua mendatangi beberapa wilayah pendesaan mungkin kalian semua bisa langsung menemukan anak pendesaan yang lagi main permainan tradisional yang masih menikmati masa kecilnya dengan bahagia bersama – sama teman seumuranya.

Wahai kaum perempuan khususnya anak -anak kalian bisa mempermainkan beberapa permainan yang sangat mendekati kaum hawa ini.Meskipun sebenarnya permainan ini juga bisa di lakukan oleh kaum laki – laki sih.

Namun, permainan ini kebanyakan yang memainkan permainan ini adalah kaum hawa maka permainan – permainan tradisional ini sudah sangat melekat di dalam di ri kaun perempuan.

Berikut ini permainan – permainan tradisional khusuh kaum hawa yang menjadi primadona ini.

Lompat Tali

Permainan tradisional lompat tali
Permainan tradisional lompat tali

Permainan kali ini hanya menggunakan bahan yang sangat sederhana yaitu karet gelang ,karet gelang ini di bentuk hingga sangat panjang sesuai ukuran yang di inginkan,dari ukuran biasanya sih 2- 3 meter panjangnya.

Cara mainnya sangat gampang,2 orang yang bertugas memegang ujung tali masing – masing ,sementara pemain yang lain harus melewati tali karet tersebut secara bergantian ,Namun jika salah satu dari kalian gagal melakukan satu lompatan maka salah satu dari kalian harus di tukar posisi dengan si pemegang tali

Permainan ini juga memiliki level jika level ini semakin naik maka kan semakin susah untuk kalian lewati .Untuk level pertama para pemegang tali untuk meletakkan ujung tali ke lutut mereka.dan lanjut ke level kedua lanjut naikkan ke atas pinggang.

Pada level 1 ke 2 kalian yang melewati karet tali itu di wajibkan tidak boleh mengenai atau menyentuh tali karet,jika kalian mengenai karet tali tersebut maka kalian harus bergantian dengan pembawa tali karet.

sampai level terakhir sering di sebutkan yakni “merdeka” sebab mereka memegang tali mereka dan mengangkat tangan mereka layaknya para pejuang dahulu meneriakkan kata “merdeka” .

Congklak

Permainan Tradisional Congklak
Permainan Tradisional Congklak

Congklak adalah salah satu permainan tradisional khusus perempuan ,permainan memiliki sebutan yang berbeda – beda di setiap daerah ,permainan ini biasanya di mainkan oleh 2 pemain saja secara bergantian yang  saling berhadapan.

Permainan kali ini cuman menggunakan papan congklak ,permainan ini sangat banyak di minati oleh kaum hawa,karna cara mainnya ini di bilang sangat mudah Kamu hanya perlu menyiapkan papan congklak dan biji congklak saja.

Cara bermainnya sangat mudah salah satu dari kalian memulai permainan dengan cara mengambil beberapa biji congklak di salah satu lubang congklak miliknya tersebut kemudian letakkan satu biji ke lubang kanannya dan seterusnya.

Bekel

Permainan Tradisional Bola Bekel
Permainan Tradisional Bola Bekel

Permainan tradisonal selanjutnya kali ini yang sangat mendekati identiknya kaum hawa,permainan tradisional kali ini bisa kalian mainkan sendiri juga banyak orang dengan teman – teman kalian.

Untuk memainkan permainan tradisional kali ini kalian perlu mempunyai bola kecil yang terbuat dari karet dan beberapa biji bekel  Biasanya penggunaan biji bekel untuk bermain bekel ini sebanyak empat buah atau lebih berbahan kuningan maupun logam.

Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan silahkan mencoba (^-^).

Gravatar Image
Saya adalah anak yang sangat ingin jadi anak yang sukses dunia aman dan tenang dan akhirot masuk surga firdaus nggak masuk neraka ! Dan saya juga akan jadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua!!! Aminnn...(^-^)

Leave a Reply