sistem operasi komputer
sistem operasi komputer

Beberapa Sistem Operasi Komputer

Posted on

Macam – Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi merupakan software program yang sebagai pengelola sumber daya hardware komputer, dan juga menyediakan layanan atau fasilitas bagi software aplikasi pada komputer. Sistem Operasi ini berperan sangat penting bagi komputer, karena tanpa sistem operasi maka kita tidak akan bisa menjalankan ataupun memberikan perintah kepada komputer tersebut. Disini sistem operasi sendiri bertugas sebagai program yang dapat menghubungkan antara software aplikasi dan hardware komputer. Dan di dalam teknologi yang semakin maju ini sistem operasi tidak hanya digunakan pada komputer saja, namun juga digunakan dalam sistem Smartphone. Jenis Sistem Operasi dibedakan menjadi 2, antara lain :

            1.CLI

CLI atau  Command Line Interface adalah sistem operasi yang sistem progamnya menggunakan huruf, angka, dan symbol. Namun saat ini CLI sudah jarang sekali yang menggunakannya karena cukup rumit dalam mengoperasikannya.

            2.GUI

Graphical User Interface atau biasa disebut GUI ini merupakan sistem operasi yang menggunakan sistem grafis dalam programnya sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menjalankannya dan adanya tambahan fitur grafis dan pewarnaan.

 

Macam – Macam Sistem Operasi, antara lain :

 

            1.Windows

windows
windows

Windows merupakan sistem operasi yang mudah di operasikan dan familiar. Windows sendiri dikembangkan oleh Microsoft dan menggunakan program yang berbasis grafis atau GUI. Dan Windows sendiri pertama kali dikenalkan ke publik pada tanggal 10 November 1983, namun windows ini baru dipasarkan pada sekitaran bulan November 1985, dan windows ini dibuat agar tampilan komputer berupa gambar atau grafis dan tidak berupa teks, huruf atau symbol yang akan membuat pengguna menjadi bosan dan terlalu rumit dalam menjalankannya. Versi dari Windows pertama kali adalah Windows 1.0 dan versi terakhir adalah versi 4.0 dan Windows ST 3.3 dan sampai saat ini windows semakin berkembang.

            2.Linux

linux
linux

Linux merupakan sistem operasi yang telah membuat perkembangannya semakin tinggi dan permintaan antar rumah dan juga perusahaan software komputer user. Sistem operasi Linux sendiri siap bersaing dengan Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh. Linux juga dapat mengkamodasi user dan juga dapat berperan sebagai user internet, selain itu juga dapat memberikan antarmuka grafis dengan mudah.

            3.DOS

DOS
DOS

Sistem operasi ini merupakan salah satu sistem operasi yang menggunakan interface berupa Command-Line yang dimana interface tersebut banyak digunakan pada komputer di tahun 1980-an. Namun pada saat ini fungsi dari DOS masih banyak digunakan, seperti dalam melakukan penyelesaian jika terjadi troubleshooting pada perangkat keras komputer. Selain itu DOS dapat dijalanka n pada SO berbasis GUI dan DOS juga berfungsi sebagai pengatur memori, pengatur jalannya input dan output data, memanagement file dan juga dapat mengendalikan proses komputer.

            4.SUN SOLARIS

sun solaris
sun solaris

Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang satu lingkungan dengan UNIX yang telah dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. sistem operasi ini sangat terkenal karena sistem operasi ini sangat stabil. Dan selain itu SO ini dipercaya sebagai server.

            5.Mac OS

mac os
mac os

Mac OS atau Operating System adalah sistem operasi yang di ciptakan oleh Apple Computer yang bertujuan untuk komputer Macintosh dan juga tidak support dengan PC dengan basis IBM. Jika anda menggunakan sistem operasi ini maka komputer anda tidak akan dapat ditembus virus dan worm.

 

Leave a Reply