Bertenak Semut Rangrang Atau Kroto

Cara Ternak Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto yang Mudah

Posted on

Beternak semut rangrang merupakan suatu hal yang sangat asyik untuk dibicarakan. Karena kegiatan yang dapat kita jadikan hobi ini dapat mendatangkan uang. Mengapa? Karena semakin banyaknya para pecinta burung kontes menyebabkan para penjual pakan burung kehabisan stok persediaan kroto. Karena memang setiap harinya selalu ada saja pembeli kroto yang akan mereka jadikan sebagai makanan burung kicau mereka. Karena kroto dipercaya dapat mendongkak stamina dan penambah birahi burung berkicau, jadi dengan pemberian makanan burung kicauan dengan kroto ini dapat membuat burung semakin rajin untuk berkicau.

Cara Ternak Budidaya Semut Rangrang yang Mudah
Cara Ternak Budidaya Semut Rangrang yang Mudah

Oleh karena itu bila kita dapat memanfaatkan peluang usaha ini, tentunya kita akan mendapat penghasilan yang cukup menjanjikan. Dan mungkin karena peluang usaha ini, banyak orang atau para calon peternak kroto yang kebingungan mencari cara beternak kroto yang tepat dan benar. Dan berikut kami akan berikan sedikit cara yang perlu kita perhatikan sebelum mulai beternak rangrang.

Lokasi yang Tepat

Menentukan lokasi untuk beternak merupakan salah satu hal yanng sangat penting dan harus kita perhatikan, karena semut rangrang dapat tumbuh dengan optimal jika mereka hidup di habitat aslinya, atau berada di kawasan yang dekat dengan perkebunan atau pekarangan. Dan semut rangrang juga akan berpindah tempat jika tempat mereka tinggal sudah terganggu. Suhu yang tepat juga berpenaruh dalam proses perkembangbiakan semut rangrang. Yaitu sekitar 26-34oC dengan tingkat kelembaban yang relatif, sekitar 62-92%.

Metode yang Benar

Dalam proses beternak semut rangrang ini juga memerlukan metode yang benar, agar nantinya dapat menghasilkan telur-telur semut yang bagus. Dan berikut adalah metode-metode dalam beternak semut rangrang,

Cara beternak semut rangrang metode tradisonal

Metode Tradisoinal Ternak Kroto
Metode Tradisoinal Ternak Kroto

Metode yang satu ini memanglah tidak cukup efektif karena ada beberapa hal yang sangat berpengaruh, yaitu :

  • Hasil panen yang susah diprediksi
  • Pengaruh cuaca sangat besar untuk kelangsungan budidaya
  • Perkembangbiakan yang tergolong cukup lambat
Namun metode ini juga memiliki beberapa kemudahan, yaitu :
  • Tidak penting memperhatikan detail budidaya
  • Tidak perlu memberi makan untuk semut rangeang, karena semut akan mencari makan sendiri
  • Untuk media perkembangbiakan sudah tersedia di alam

Dalam metode ini peternak tidak ikut campur dalam proses perkembangbiakannya. Tugas petani hanya memantau semut yang ada di pohon saja, dan ketika sudah layak panen, petrnak akan langsung memanennya.

Cara beternak semut rangrang metode semi tradisonal

Daripada metode sebelumnya metode ini sudah sedikit lebih berkembang. Perbedaan metode ini dengan metode yang sebelumnya adalah petenak ikut andil alam proses perkembangbiakan semut, namun tidak terlalu banyak.

Cara beternak semut rangrang metode modern

Metode yang ini memanglah sangat berbeda dengan dua metode sebelumnya. Metode ini selain lebih mudah, praktis dan hasil yang didapatkan lebih menjanjikan dibanding dengan metode-metode sebelumnya. Dan untuk media pembudidayaannya juga sangatlah beragam dan dapat kita temui di sekeliling kita, seperti bambu, botol air mineral bekas, besek, dan juga toples.

Metode Modern Beternak Semut Kroto
Metode Modern Beternak Semut Kroto
Keunggulan dari metode tersebut adalah :
  1. Tidak memerlukan pohon ataupun perkebunan
  2. Lokasi budidaya tidak haru luas, dan bisa memanfaatkan ruang di sekitar rumah
  3. Tidak memerlukan modal yang terlalu besar
  4. Dapat dipantau dan di prediksi
  5. Masa panen yang tidak terlalu lama
  6. Perawatan yang sangat murah
  7. Dapat mengahsilkan kroto super
  8. Bahan media yang mudah didapat

Pemberian Pakan dan Wedang

Untuk pemberian pakan dapat kita lakukan di pagi dan sores hari. Saat pagi hari biasanya pukul 06.00-08.00 WIB, dan untuk sore harinya pukul 15.00-16.00 WIB.

Dan untuk pemberian wedang gula atau air gula, dapat kita berikan sekali dalam sehari atau boleh juga dua kali. Dan selalu cek keadaan ternak kalian. Jika dalam sehari air gula tidak habis maka gantilah, karena semut tidak suka minum air gula yang sudah basi.

Penambahan Media Sarang

Jika semut sudah berkembang dan menjadi banyak  dan sarang telah penuh, kita bisa menambahakn sarang lagi, nnamun jangan terlalu banyak pemberian sarang. Cukup satu atau dua saja jika toples semut yang anda miliki tidak terlalu banyak.

Demikianlah sedikit cara dan tips mengenai budidaya semut rangrang yang memang sangat menjanjikan untuk berbisnis. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua.

Incoming search terms:

  • ternak penghasil uang
  • usaha modern ternak kroto
Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply